alexametrics

Asyik Belajar Prakarya dengan Video Pembelajaran

Oleh : Yati Rohayati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Sejak diberlakukannya masa darurat Covid-19, SMP Negeri 1 Pageruyung mengambil kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan adanya pembelajaran jarak jauh, guru dan siswa memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Siswa yang biasanya melakukan kegiatan praktik di sekolah beralih praktik dari rumah.

Praktik di sekolah umumnya sudah disediakan saran dan prasarana, dipandu oleh para guru, siswa saling bekerja sama hingga dapat membuat benda kerajinan atau sesuatu, semua itu harus dilakukan sendiri di rumah sekarang.

Guru dihadapkan dengan berbagai persoalan, mulai dari sulitnya beradaptasi dengan teknis pembelajaran jarak jauh, turunnya motivasi belajar siswa, kurangnya kerja sama orang tua siswa sampai dengan membengkaknya biaya kuota.

Meski dalam himpitan persoalan yang dihadapi, guru dituntut harus tetap profesional, kompetensi guru harus terus ditingkatkan demi keberlangsungan proses pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran itu sendiri. Tentunya ini menjadi tantangan besar bagi guru untuk tetap melaksanakan tugasnya menyampaikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Baca juga:  Berbicara Bahasa Inggris yang Berterima dengan Film Bersubtitle

Meskipun pembelajaran dilakukan jarak jauh, guru tetap berupaya agar pembelajaran dapat berlangsung efektif dan efisien serta mendapatkan hasil yang optimal. Hal ini sesuai dengan hakikat pembelajaran sebagai upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dengan metode atau media kepada peserta didik, sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efesien serta mendapatkan hasil yang optimal (Sugihartono, 2007: 81).

Berdasarkan hasil pengamatan penulis, dalam pembelajaran prakarya, siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Hal ini terbukti banyak siswa yang berat melakukan praktik pembuatan produk sehingga guru harus berupaya meningkatkan pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Membangkitkan Gairah Pembelajaran IPS melalui metode Bermain Peran

Salah satunya, menggunakan media video pembelajaran. Yakni media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran.

Dengan pengunaan media video dalam pembalajaran diharapkan siswa dapat melihat, mengamati serta meniru produk kerajinan dalam mata pelajaran prakarya dengan langkah-langkah yang sesuai dan mendekati apa yang dicontohkan dalam media video tersebut.
Langkah-langkah pembelajaran dapat diuraikan sebagai berikut.

Pertama, guru memberi video pembelajaran yang sesuai kompetensi praktik membuat olahan kerajinan yaitu membuat kerajinan berbasis media campuran. Kedua, guru memberi umpan balik agar siswa siswa dapat mengamati video tersebut dengan baik. Ketiga, guru meminta siswa menyimak, dan menulis bahan, alat, dan langkah-langkah membuat kerajinan tersebut. Selanjutnya siswa mempraktikannya di rumah. Keempat, siswa mengumpulkan karya yang sudah dibuat berupa foto atau video pembuatan karya.

Baca juga:  Siswa Semangat Belajar dengan Berbagai Metode Pembelajaran

Penggunaan media video dalam pembelajaran prakarya ternyata menjadikan siswa termotivasi mengikuti pembelajaran, aktif, dan bersemangat. Siswa lebih memahami materi dengan jelas dan meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran terutama kemampuan berpikir dan berkreasi serta menghasilkan karya yang bermanfaat.

Pada akhirnya siswa akan mudah dalam memahami konsep dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Umpan balik yang diharapkan adalah siswa dapat mengikuti pembelajaran prakarya dengan bersemangat dan menyenangkan. (ips2/lis)

Guru SMP Negeri 1 Pageruyung

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya