alexametrics

Mengenal Dunia Karir melalui Permainan Origami

Oleh : Siti Nurul Hidayah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Grabag terhadap peserta didiknya masih tetap mengacu pada empat bidang bimbingan. Yaitu bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Masing-masing bidang bimbingan mempunyai peran penting.

Bidang bimbingan karir adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dalam memilih lapangan kerja, jabatan atau profesi tertentu. Serta membekali diri supaya siap memangku jabatan dan dapat menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapangan pekerjaan yang dimasuki (Winkel, 2005:114)

Banyak anak yang bingung jika ditanya apa cita-citanya setelah lulus dari SMA Negeri 2 Grabag. Bagi mereka yang punya harapan inggi tentunya akan melanjutkan ke perguruan tinggi tetapi ada juga yang bingung karena belum siap memasuki dunia kerja.

Dalam layanan bimbingan karir, guru bimbingan dan konseling (BK) menyampaikan materi dengan teknik bermain peran mengenai dunia bisnis yang dirancang dengan alat dan bahan yang sederhana. Tetapi mampu menarik perhatian anak yakni dengan permainan origami.

Baca juga:  Serunya Pembelajaran Tokoh-Tokoh Sejarah di Indonesia dengan Metode Lomba

Origami adalah seni lipat yang berasal dari Jepang. Dikutip dari buku Seni Origami (2008) karya Hira Karmachela, origami adalah seni melipat kertas atau sesuatu menampilkan bentuk burung, serangga, bunga yang dihasilkan dari melipat kertas. Juga dapat berbentuk seperti pesawat, kapal, dan lain sebagainya berdasarkan kreativitas siswa.

Langkah-langkah dalam memperkenalkan dunia karir melalui permainan origami ini yaitu dengan cara guru BK menyiapkan bahan dari kertas dan membagi kelompok. Semua siswa dapat ikut berperan dalam permainan tersebut. Ada kelompok yang berperan sebagai pengusaha, ada yang jadi marketing ada konsumen. Serta satu kelompok lagi sebagai juri dalam permainan ini.

Pertama, kelompok pengusaha ada tiga kelompok yang mempunyai tugas yaitu memproduksi barang dari bahan kertas yang sudah disediakan. Setelah selesai pembuatan origaminya dilanjutkan marketing atau pemasaran memaparkan hasil karyanya pada konsumen. Masing-masing kelompok harus mampu untuk bersaing.

Baca juga:  Google Suite For Education Tingkatkan Hasil Belajar Daring Geografi di Masa Pandemi

Kedua, kelompok yang berperan sebagai konsumen atau pembeli hasil produksi tersebut melalui tawar-menawar. Ketiga, yang berperan sebagai juri bertugas dalam pengaturan jual beli dan merekap hasil penjualan dari masing-masing pengusaha. Menentukan kelompok yang berhasil memperoleh omzet tertinggi maka juri berhak menentukan perusahaan yang paling sukses dalam dunia bisnis.

Dengan permainan ini banyak sekali hikmahnya. Dengan bermain origami dapat melatih kreativitas siswa, sedang yang berperan sebagi marketing dapat melatih siswa untuk berani tampil dan berbicara berkomunikasi mempertahankan argumen mereka. Siswa yang berperan sebagai konsumen dapat berlatih sebagai konsumen yang bijak dalam membeli barang.

Dan yang berperan sebagai juri dilatih untuk jujur dalam menilai sesuatu secara objektif. Dengan permainan ini semua siswa dapat andil sehingga aktif dan dapat saling menghargai peran masing-masing.

Baca juga:  Belajar Flora dan Fauna dengan Membuat Kliping

Guru BK sebagai pengamat dan memberikan ulasan di akhir permainan peran dalam dunia bisnis. Ada beberapa kemungkinan yang dialami sebuah perusahaan. Di antaranya ada perusahaan yang mampu menghasilkan produksi yang bagus tapi marketingnya kurang bagus. Ada yang hasil produksinya biasa saja tapi marketingnya bagus. Juga ada kemungkinan yang terpahit yaitu hasil produknya kurang bagus marketingnya juga tidak bagus akhirnya perusahaan tersebut gulung tikar dan bangkrut.

Perusahaan sukses adalah yang mampu menghasilkan produksi kualitas dan kuantitasnya bagus didukung marketingnya bagus. Di sinilah anak-anak akan belajar mengenai dunia bisnis dan kesuksesan sebagai gambaran untuk menuju masa depan sebagai pilihan hidupnya nanti. (pm2/lis)

Guru Bimbingan dan Konseling SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya