alexametrics

Ulangan Harian Matematika dengan Aplikasi Kuis Oline Quizizz

Oleh : Sutanti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelaksanakan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Karena dalam prinsip kebijakan pendidikan di masa pandemi adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat pada umumnya.

Di SMPN 6 Satu Atap Banjarnegara pelaksanaan pembelajaran secara daring dengan WhatsApp (WA). Dengan WA guru banyak mengalami kendala, terutama pada pelajaran matematika. Siswa yang mengikuti pembelajaran daring dengan WA hanya 60 persen.

Penyebabnya antara lain lokasi rumah tidak terjangkau jaringan internet, termasuk kuota internet murid minimalis. Media pembelajaran yang digunakan guru monoton dan membuat para murid jenuh. Kemudian, karakter ataupun perilaku murid sulit dipantau. Pembelajarannya cenderung tugas online.

Kendala lain penyerapan materi pelajaran sangat minimalis. Dan penilaian yang dilakukan guru berupa Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) termasuk Ujian Sekolah (US) kurang berintegritas.

Baca juga:  Belajar Aritmatika Sosial dengan Pendekatan Matematika Realistik

Pada pelajaran matematika materi bilangan bulat dan pecahan untuk pelaksanaan ulangan harian melalui WA, guru menge-share soal ulangan harian melalui WA. Kemudian siswa mengerjakan soal ulangan harian tersebut pada buku. Setelah selesai tugas ulangan harian difoto dan dikirim ke guru mata pelajaran matematika. Dengan waktu mengerjakan selama 80 menit. Ternyata cara seperti itu hanya 35 persen siswa yang mengirim jawaban kepada guru.

Guru lantas mencari berbagai solusi dalam mengatasi kendala tersebut. Salah satunya dengan mengadakan ulangan harian dengan metode quiziz. Quizizz merupakan sebuah webtool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan. Bila pembuatan kuis sudah jadi, kita dapat membagikan kode ke siswa agar siswa dapat login ke kuis tersebut.

Baca juga:  Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn dengan Bermain Cross Word

Quizizz juga memberikan data dan statistik tentang kinerja siswa. Guru dapat melacak berapa siswa yang menjawab pertanyaan yang telah dibuat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi.

Quizizz juga memberikan fitur “pekerjaan rumah”, sehingga dapat dikerjakan kapan saja dan dari mana saja. Sehingga siswa lebih fleksibel dalam mengerjakan pekerjaan rumah dan guru dapat membatasi waktu pekerjaan rumah tersebut.

Cara mengerjakan kuis sebagai berikut : siswa membuka link https://join.quizizz.com. Siswa memasukkan 6 digit kode yang diberikan oleh guru lalu klik “Proceed.” Siswa memasukkan nama mereka masing-masing lalu klik “start.” Siswa mengerjakan kuis tersebut dengan waktu setiap soal, misal 20 detik (sesuai aturan guru).

Setiap siswa selesai menjawab pertanyaan dengan benar akan muncul poin yang didapatkan dalam satu soal. Juga mendapat ranking berapa dalam menjawab soal tersebut. Jika siswa menjawab salah pertanyaan tersebut, akan muncul jawaban yang benar/correct. Pada akhir kuis akan ada tampilan review question untuk melihat kembali jawaban yang kita pilih.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar IPS dengan STAD

Dengan menerapkan aplikasi online quizizz ini ternyata siswa lebih tertarik dan bersemangat dalam mengerjakan soal ulangan harian. Siswa yang mengikuti quizizz mencapai 90 persen. Aplikasi kuis online quizizz dapat digunakan oleh para pengajar untuk melihat sejauh mana siswa dalam belajar. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini layak digunakan sebagai aplikasi pembelajaran yang mendukung revolusi pembelajaran 4.0. Sehingga siswa memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar.

Guru yang mengajar pasti memiliki bank soal. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan sebagai sarana menyimpan soal untuk kemudian dianalisis. Sehingga mampu menjadi soal yang valid, reliabel dan memiliki daya beda serta tingkat kesukaran yang baik. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. (lbs1/lis)

Guru SMPN 6 Satu Atap Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya