alexametrics

Metode Bowling Class Tingkatkan Daya Ingat Siswa dalam Tematik

Oleh : Diyah Erwati S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN dan pengajaran adalah salah satu usaha yang bersifat sadar tujuan dengan sistematis terarah pada perubahan tingkah laku menuju kedewasaan anak didik.

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang mutlak keberadaannya sangatlah penting, untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki mutu sistem pendidikan, seperti perbaikan kurikulum dan perangkatnya. Menurut teori Maslow aspek kehidupan manusia dalam dunia pendidikan dilakukan dengan cara memenuhi kebutuhan peserta didik.

Pengalaman penulis sewaktu mengajar sebelum masa pandemi, pada pembelajaran tematik dengan model pembelajaran kooperatif sangat tepat diterapkan, karena peserta didik akan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai materi yang dipelajarinya. Diharapkan hal ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Slavin (1995) pembelajaran kooperatif didefinisikan sebagai peserta didik bekerja dan belajar bersama-sama dalam kelompok kecil saling menyeimbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Mempelajarai tematik merupakan hal yang baru diterima oleh siswa kelas V SDN 01 Bukur. Apalagi cara penyampaian guru masih menggunakan model konvensional. Hal ini sangat membingungkan siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Pembelajaran Senam Irama dengan Metode PBL

Salah satu upaya mengatasi masalah tersebut dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang mampu melibatkan peserta didik secara aktif untuk menemukan konsep materi pelajaran biologi. Peserta didik akan lebih cepat memahami konsep materi pelajaran bila peserta didik mengalaminya sendiri.

Hal tersebut dapat diperoleh melalui metode bowling class. Yakni, permainan pembelajaran dalam kelompok kecil dengan keberagaman tingkat kemampuan belajar. Setiap anggota kelompok saling bekerja sama, bahu-membahu, bantu-membantu untuk memahami suatu bahan pelajaran.

Metode pembelajaran bowling class merupakan bentuk pembelajaran active learning yang paling sederhana yang dapat diterapkan pada siswa yang rata-rata tingkat kemampuannya rendah.

Strategi ini memberikan kesempatan siswa untuk mengikhtisarkan apa yang telah mereka pelajari dan menyajikan ikhtisar kepada siswa lain. Ini merupakan cara baik untuk mendorong siswa merekapitulasi apa yang telah dipelajari dengan caranya sendiri.

Baca juga:  Belajar Matematika yang Menyenangkan dengan Metode Gasing

Adapun langkah-langkah atau prosedur dalam metode bowling kampus (peninjauan ulang materi) sebagai berikut, pertama, guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, misalnya beranggotakan tiga atau empat orang. Perintahkan tiap tim memilih nama organisasi (tim wortel, bayam, kentang, dll) yang mereka wakili. Kedua, guru memberikan sebuah kartu indeks kepada tiap siswa yang dipergunakan untuk menunjukkan bahwa mereka ingin mendapatkan kesempatan menjawab pertanyaan tentang makanan sehat. Format permainannya sama seperti lempar koin.

Tiap kali mengajukan pertanyaan, anggota tim boleh menunjukkan keinginannya untuk menjawab. Ketiga, guru menjelaskan aturan metode bowling kampus. Keempat, setelah semua pertanyaan diajukan, jumlahkan skornya dan umumkan pemenangnya. Kelima, berdasarkan jawaban tersebut, tinjaulah materi yang belum jelas atau memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Baca juga:  Google Sites sebagai Sarana E-Learning di Masa Pandemi

Metode pembelajaran bowling class ini bisa disesuaikan dengan materi sub tema 2, pentingnya makanan sehat bagi tubuh. Dengan metode ini, memberikan lebih banyak kesempatan kepada siswa untuk dapat saling mengemukakan pendapat/tanggapan, pertanyaan, ataupun jawaban terhadap suatu pertanyaan mengenai materi yang sedang dibahas dalam pembelajaran ini seluruh siswa dapat terlibat aktif dalam proses belajar mengajar.

Melalui sebuah permainan dengan teman sekelompoknya, siswa dapat saling bertukar pikiran. Harapannya, siswa dapat mengerti dan memahami materi. (ct2/ida)

Guru SDN 01 Bukur, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya