alexametrics

Mobile Spreadsheet Tingkatkan Keaktifan Siswa Belajar Aplikasi Pengolah Angka

Oleh : Nanang Tri Prasetyo, S.T.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan(Thursan Hakim).

Untuk menciptakan skenario pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, seorang pendidik sebaiknya mencantumkan hal – hal yang sekiranya dapat memancing rasa penasaran peserta didik. Peserta didik diajak untuk berperan aktif dan melakukan aktivitas secara langsung dalam proses pembelajaran, sehingga mempunyai kesempatan untuk mengambil keputusan terhadap materi pembelajaran.

Sebagai guru Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BTIK), penulis berusaha sekreatif mungkin untuk menciptakan skenario pembelajaran yang dapat menarik minat peserta didik untuk belajar sehingga mencapai target pembelajaran. Salah satu materi mapel BTIK kelas VIII di SMP N 4 Ungaran adalah materi tentang spreadsheet atau program aplikasi pengolah angka.

Program ini merupakan aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk proses perhitungan, manipulasi dan menampilkan data dalam bentuk tabel yang terdiri dari kolom dan baris. Selain itu, spreadsheet berfungsi untuk membantu pengguna melakukan berbagai macam bentuk perhitungan, seperti aritmatika ataupun logika. Program ini juga sangat membantu dalam mengolah nilai bagi guru, membuat laporan keuangan, mengelola angka dalam bentuk grafik, dan sebagainya.

Baca juga:  Dengan Klasi Mah Tek Si Siswa Mudah Serap Materi Klasifikasi Mahluk Hidup

Banyak sekali program aplikasi komputer yang bisa digunakan untuk pengolah angka/spreadsheet, antara lain, microsoft excel, lotus123, gnumeric, open office calc, dan sebagainya.

Jika dalam kondisi normal (bukan di masa pandemi), penyampaian materi ini tentu sangat mudah dipahami peserta didik, karena mereka dapat dihadirkan di sekolah dan mendengarkan penjelasan guru secara langsung. Namun dengan adanya pandemi covid – 19 ini, maka semua itu menjadi berbeda. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah telah melarang pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan memerintahkan pembelajaran dilakukan secara daring (Surat Edaran Kemendikbud No. 4 tahun2020).

Tidak semua peserta didik di SMP N 4 Ungaran mempunyai komputer atau laptop di rumahnya. Penulis pun teringat akan satu benda yang saat ini sangat akrab dan menempel terus di tangan anak – anak jaman now. Benda itu tak lain dan tak bukan adalah ponsel pintar mereka atau biasa kita sebut dengan smartphone.

Baca juga:  Buku-e Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Masa Pandemi Covid-19

Penulis mempunyai inisiatif untuk memanfaatkan ponsel pinter yang kebanyakan sudah dimiliki oleh peserta didik. Dengan demikian, ponsel pintar yang dimiliki peserta didik tidak hanya digunakan sebagai media komunikasi dan hiburan saja melainkan dapat digunakan untuk belajar aplikasi pengolah angka (Mobile Spreadsheet).

Salah satu aplikasi mobile spreadsheet yang digunakan untuk belajar pengolah angka/spreadsheet tersebut adalah WPS Office lembar bentang. Dengan aplikasi ini peserta didik dapat belajar dan mempraktekkannya secara langsung di ponsel pintar dan tidak tergantung pada komputer di sekolah, karena fungsi ataupun formula perhitungan yang digunakan juga sama dengan aplikasi pengolah angka yang ada di komputer.

Aplikasi ini juga dapat menyimpan file/berkas dengan berbagai macam format file pengolah angka, seperti xls, xlsx, csv ataupun pdf, sehingga file yang dibuat dan disimpan menggunakan mobile spreadsheet juga dapat dibuka menggunakan komputer/laptop.

Baca juga:  Menghidupkan Suasana Belajar Anak dengan Card Sort

Dengan menggunakan mobile spreadsheet ini peserta didik di SMP N 4 Ungaran menjadi antusias dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam menggunakan aplikasi pengolah angka spreadsheet. Mereka yang semula merasa ogah – ogahan karena tidak memiliki laptop kini menjadi bersemangat mempraktikkan materi ini dengan ponsel pintar yang dimiliki. Mereka menjadi lebih bersemangat dan percaya diri dalam mempraktikkan ilmu yang telah diberikan oleh pendidik terkait dengan materi aplikasi pengolah angka/spreadsheet. (ips1/ton)

Guru SMP N 4 Ungaran

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya