alexametrics

Penggunaan Metode Mengajar Anak Kelas 1 SD Sidorejo Lor 03 di Masa Pandemi

Oleh : Siti Musrifah, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Menjadi seorang guru SD kelas 1 merupakan profesi yang sangat menantang apalagi di masa pandemi covid 19. Guru diharuskan untuk bisa menerapkan cara mengajar anak kelas 1 yang menyenangkan dan efektif.

Tentunya dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk beradaptasi dalam menerapkan cara mengajar anak SD kelas 1 yang merupakan masa transisi dari dunia bermain ke dunia belajar.

Selain pemahaman materi, guru juga harus paham seperti apa karakteristik siswa dan metode belajar anak SD kelas 1 yang baik untuk diterapkan di masa pandemi covid 19

Sejak 16 Maret 2020, kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara BDR (daring). Metode daring dan luring sudah tidak asing lagi dan telah ditetapkan. Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan metode alternatif untuk kegiatan PBM.

Home Visit Method, metode ini mirip seperti kegiatan belajar mengajar yang disampaikan saat home scholling. Jadi, pegajar mengadakan home visit ke rumah pelajar dalam waktu tertentu. Dengan demikian, materi yang akan diberikan kepada siswa bisa tersampaikan dengan baik, karena materi pelajaran dan tugas langsung terlaksana dengan baik di bawah bimbingan guru.

Baca juga:  Pentingnya Project Motion Media dalam Pembelajaran Daring

Integrated Curriculum, metode ini akan lebih efektif bisa merujuk pada projecct base, yang mana setiap kelas akan diberikan projek yang relevan dengan mata pelajaran terkait. Dalam metode ini tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, namun juga mengaitkan materi pembelajaran dari mata pelajaran lainnya.

Dengan menerapkan maetode ini, selain pelajar yang melakukan kerjasama dalam mengerjakan proyek, guru lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan team teaching dengan guru pada mata pelajaran lainnya.

Blended Learning, merupakan metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Artinya, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video converence. Jadi, meskipun pelajar dan pengajar melakukan pembelajaran dari jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi satu sama lain. Metode ini efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif para pelajar.

Project Based Learning, metode project based learning ini diprakarsai ileh hasil implikasi dari Surat Edaran Mendikbud no. 4 tahun 2020. Project based learning ini memiliki tujuan utama untuk memberikan pelatihan kepada pelajar untuk lebih bisa berkolaborasi, gotong royong, dan empati dengan sesama.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Kosakata dengan Metode Make A Match

Metode project based learning ini sangat efektif diterapkan untuk para pelajar dengan membentuk kelompok belajar kecil dalam mengerjakan projek, eksperimen, dan inovasi. Metode pembelajaran ini sangatlah cocok bagi pelajar yang berada pada zona kuning atau hijau. Dengan menjalankan metode pembelajaran yang satu ini, tentunya juga harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Pembelajaran melalui Radio bisa menjadi inovasi pembelajaran masa pandemi Covid-19 di Kota Salatiga. Metode ini merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Kota Salatiga dengan Radio RSPD yang merupakan radio Pemerintahan Kota Salatiga. Metode ini menjadi salah satu cara dalam mengatasi kesulitan akses internet dan solusi bagi orang tua siswa yang tidak memiliki telepon pintar (smart phone).

Baca juga:  Asyik Belajar Ekonomi dan Pemanfaatan SDA dengan Discovery Learning

Pembelajaran dilakukan oleh guru yang kompeten bersama siswa yang menjadi model dan juga interaktif bersama siswa yang menjadi pendengar. Untuk jenjang PAUD dilakukan setiap hari Rabu dengan sistem Caribel (Cerita Sambil Belajar), jenjang SD setiap hari Selasa, dan jenjang SMP setiap hari Sabtu.

Wabah pandemi Covid-19 semakin hari semakin tidak jelas kapan berakhirnya, metode pembelajaran tersebut di atas bisa dijadikan opsi untuk para pesetra didik, guru dan sekolahan agar kegiatan belajar mengajar dapat tetap berlangsung.

Kita bersama -sama harus selalu berdoa agar covid 19 segera berakhir dari bumi Indonesia ini dan pembelajaran tatap muka juga segera bisa kita laksanakan dan semoga keadaan normal kembali. Dan yang terpenting selain kita berdoa kita selalu patuhi protokol kesehatan, selalu cuci tangan pakai sabun dan jauhi kerumunan selalu pakai masker agar kita bisa terhindar dari covid 19. (*/ton)

Guru SDN Sidorejo Lor 03

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya