alexametrics

Asyiknya Mengenal Sekolah Baru Lewat MPLS Daring

Oleh : Hj. Kartinah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Hampir dua tahun pandemi covid-19 masih saja merajai di negara ini, bukan mereda namun akhir-akhir ini mulai melonjak yang membuat pupus harapan peserta didik untuk menikmati bangku sekolah mereka masing-masing.

Namun jangan khawatir awal masuk sekolah di SD N Purwoyoso 03 ini peserta didik dapat melihat suasana sekolah dan mengenal guru lewat media daring. Dengan menyimak kegiatan MPLS daring peserta didik dan orang tua sudah merasa berada di dalam lingkungan sekolah.

Mau tau teman apa itu MPLS? sepertinya dijaman sekarang ini banyak sekali perubahan – perubahan istilah yang terjadi salah satunya MPLS yang pastinya membuat orang tua dan peserta didik pemula bertanya – tanya apa itu MPLS apalagi untuk peserta didik Sekolah Dasar kelas satu merupakan transisi dari TK (Taman Kanak-Kanak) dengan cara berpikir yang masih sederhana sekali. Mari ikut masuk ke dalam SD Purwoyoso 03 Semarang yang telah melaksanakan kegiatan MPLS di hari pertama ini.

Baca juga:  Peran Guru BK Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Istilah MPLS merupakan kepanjangan dari Masa Pengenalan Lingkungan sekolah yang dahulu sering disebut dengan MOS atau Masa Orientasi Siswa. MOS dimata peserta didik identik dengan sesuatu yang susah dan menegangkan. Karena harus ada tugas-tugas yang harus dikerjakan melalui klu-klu yang diberikan siswa.

Jadi peserta didik dituntut berpikir kreatif. Namun kenyataannya banyak peserta didik saaat MOS mengalami perasaan tertekan takut dihukum oleh kakak seniornya. Pad dasarnya tujuan dilakukan MOS adalah untuk menguji tingkat kedisiplinan peserta didik agar bisa bertanggung jawab terhadap tugas – tugas yang diberikan. Pada dasarnya MPLS dan MOS sebenarnya memiliki kesamaan hanya era dan waktu yang membedakan.

Tujuan dilaksanakannya MPLS di SD Purwoyoso 03 ini antara lain; 1) mengenali potensi yang ada pada diri peserta didik; 2) membantu peserta didik unuk mengenal lingkungan dengan fasilitas yang ada di sekolah; 3) menumbuhkan motivasi dalam diri peserta didik untuk berpikir secara positif dan kreatif; 4) mengembangkan interaksi positif antara peserta didik dengan seluruh warga sekolah; 5) menumbuhkan perilaku positif peserta didik. Jadi masa MPLS ini merupakan masa dimana peserta didik mengenal lebih jauh sekolah dengn berbagai macam fasilitas yang ada dan dapat mencintai sekolahnya.

Baca juga:  Belajar Bahasa Inggris Menyenangkan dengan Kuis (Cerdas Cermat)

Seperti halnya ada pepatah Tak kenal maka tak sayang. MPLS lewat daring ini tidak hanya peserta didiknya yang ingin tau sekolahnya tapi bapak ibu guru pun juga ingin mengenal lebih jauh peserta didiknya.

Perbedaan MPLS di masa pandemi ini menggunakan live streaming, orang tua dan peserta didik dapat melihat di rumah masing-masing. Dengan melihat chanel youtube SDN Purwoyoso 03. Walaupun dengan daring pembelajaran akan selalu membawa kita membawa kesuksesan dengan memberikan pelayanan prima terbaik untuk peserta didiknya.

Seperti pesan dari Ka Dinas Pendidikan Kota Semarang yang intinya seorang guru, sekolah dapat berkomunikasi baik denga peserta didik. Dengan disentuh hati nuraninya akan terwujud ikatan batin antara guru dengan peserta didik walaupun bertemu lewa daring. Harapannya secara daring tetap semangat.

Baca juga:  Model Pembelajaran CTL Tingkatkan Hasil Belajar PPKn

Perubahan pola pikir peserta didik yang sudah terbangun dari awal pertemun melalui daring ini akan merubah cara pandang peserta didik menjadi positif. Dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang menyenangkan akan meningkatkan keingintahuan peserta didik untuk berbuat lebih banyak.

Dengan demikian tujuan MPLS dapat tersampaikan dengan pemahaman baru serta aplikasi dalam bentuk antusiasme peserta didik dan orang tua saat mendampingi putra putrinya selama berjalannya MPLS ini menjadikan awal hubungan erat antara orang tua guru dan peerta didik yang membawa kesuksesan dimasa datang. (unw1/ton)

Guru SD N Purwoyoso 03 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya