alexametrics

Belajar Koordinat Kartesius Yang Menarik Menggunakan Powtoon

Oleh : Winarsih, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Masa pandemi covid 19 sampai dengan sekarang ini telah memberikan banyak pengaruh terhadap kegiatan pembelajaran. Begitu banyak kendala yang dihadapi, namun sebagai guru dituntut untuk selalu memberikan pembelajaran yang menarik baik melalui daring maupun luring sesuai dengan kondisi siswa masing – masing.

Salah satu kendala yang dialami siswa dalam pelaksanaan pembelajaran adalah siswa merasa kesulitan memahami materi pelajaran, jika hanya melakukan kegiatan membaca dan menulis saja. Siswa juga cenderung bosan dan jenuh, sehingga tugas yang diberikan hanya dibaca tanpa dipahami. Dibutuhkan media pembelajaran yang bervariasi dan menarik untuk mempelajari materi, terutama mata pelajaran matematika yang selama ini masih dianggap salah satu mata pelajaran yang sulit.

Materi bidang koordinat kartesius merupakan salah satu materi dasar dalam pembelajaran matematika. Sering ditemukan beberapa siswa mengalami kesulitan, antara lain saat menentukan letak suatu titik pada bidang kartesius dan pada saat menentukan koordinat titik pada bidang kartesius. Diperlukan media pembelajaran yang menarik dan mempermudah siswa untuk memahaminya.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Materi Perbandingan dengan Talking Stick

Karena jika siswa sudah bisa memahami dengan baik dan benar konsep materi bidang koordinat kartesius dari awal maka akan semakin mudah pula untuk memahami materi lainnya yang berkaitan dengan bidang koordinat kartesius, seperti menggambar grafik fungsi atau grafik persamaan garis lurus serta grafik fungsi kuadrat pada bidang kartesius. Salah satu upaya yang dilaksanakan pada pembelajaran matematika materi Koordinat Kartesius agar menjadi pembelajaran yang menarik dan bisa lebih mudah dipahami oleh siswa adalah dengan membuat media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi Powtoon.

Dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi seperti sekarang ini, video animasi sebagai media pembelajaran menjadi salah satu pilihan yang sering digunakan.

Baca juga:  Persilangan Dihibrid dengan Pohon Genetika

Melalui video animasi, pembelajaran akan menjadi lebih menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa untuk bisa lebih memahami pelajaran. Siswa bisa mengikuti langkah – langkah pembelajaran dengan mudah dari awal sampai akhir pembelajaran, sehingga dapat merasakan seperti mendapat penjelasan secara langsung dari guru. Banyak sekali aplikasi yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan video pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Powtoon.

Aplikasi Powtoon merupakan aplikasi yang terhubung internet yang dapat menyajikan materi pembelajaran berupa video. Cara pembuatan video menggunakan aplikasi Powtoon cukup mudah, karena aplikasi Powtoon menyediakan berbagai macam fitur untuk memperindah tampilan video.

Pembuatan video bisa dimulai dengan menyusun materi yang awalnya berbentuk slide seperti pada Microsoft Powerpoint untuk presentasi. Banyak sekali tema yang bisa dipilih untuk pembuatan video, sesuai materi pembelajaran yang akan dibuat. Pada pembelajaran matematika materi koordinat kartesius, agar video yang dibuat menjadi menarik bisa memilih background menarik yang telah disediakan.

Baca juga:  Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Wish, Hope And Congratulation

Bisa juga menambahkan teks tulisan, animasi tangan bergerak, karakter, dan banyak gambar yang ada. Misalnya menambahkan gambar yang ditemukan dalam kehidupan sehari – hari yang berkaitan dengan koordinat kartesius seperti peta, sehingga siswa bisa tertarik untuk mempelajarinya. Selanjutnya dengan mudah bisa menambahkan musik yang sudah disediakan dan rekaman suara yang telah disesuaikan dengan waktu pada materi yang akan ditampilkan.

Dengan memanfaatkan aplikasi Powtoon dalam pembuatan video animasi sebagai media pembelajaran matematika pada materi koordinat kartesius, diharapkan bagi siswa SMP N 1 Bandar dapat menjadikan kegiatan belajar menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk memahami materi dalam belajar matematika. (ra1/ton)

Guru Matematika SMP N Bandar

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya