alexametrics

Pembelajaran Seimbang Solusi Learning Loss Mapel Matematika

Oleh : Lasti Forida, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi seperti sekarang ini, pembelajaran yang dirasa cukup ideal adalah pembelajaran daring (online). Pembelajaran daring dianggap lebih efektif untuk mengurangi penyebaran virus covid 19. Selain itu, pembelajaran daring ini membawa perubahan yang cukup besar dalam dunia pendidikan.

Guru mau tidak mau harus bisa melakukan pembelajaran secara daring dengan berbagai aplikasi dan platform pembelajaran yang ada. Namun, adanya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan seperti dua sisi mata uang yang memiliki positif dan negatif. Salah satu sisi positifnya yaitu guru dan peserta didik menjadi melek teknologi dalam melaksanakan pembelajaran.

Akan tetapi di sisi lain, jika pembelajaran daring dibuat dengan rencana yang tidak terkonsep dengan baik maka akan menimbulkan berbagai masalah salah satunya yaitu learning loss.

Menurut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam Nurhayati, Suahrdini (2021, Juni 29) diakses dari https://newmalangpos.id/menelisik-learning-loss-dunia-pendidikan-di-indonesia, learning loss adalah hilangnya kesempatan belajar karena berkurangnya intensitas interaksi dengan guru saat proses pembelajaran yang mengakibatkan penurunan penguasaan kompetensi peserta didik.

Baca juga:  Gaya Kepemimpinan Kepsek Kunci Pencapaian Kualitas Pendidikan

Sebenarnya istilah learning loss ini sudah tidak asing di dunia pendidikan dan sudah ada sebelum pandemi covid 19 ini terjadi. Namun di Indonesia sendiri, learning loss ini lebih dikenal setelah terjadi pandemi. Learning loss yang paling dirasakan oleh guru saat ini yaitu pada mata pelajaran Matematika.

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang konsep dasarnya harus dipahami betul oleh peserta didik dengan bantuan penguatan konsep dan bimbingan dari guru.

Jadi jangan sampai pembelajaran jarak jauh ini berganti istilah menjadi pemberian tugas jarak jauh karena guru lebih sering hanya memberikan tugas dan menyuruh peserta didik belajar sendiri tanpa menjelaskan materi atau memberi penguatan.

Baca juga:  Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Guru

Salah satu cara yang dapat menjadi solusi untuk learning loss dalam mapel Matematika dalam moda daring ini adalah pembelajaran seimbang. Pembelajaran seimbang ini mengutamakan terjadinya keseimbangan antara sinkronus dan asinkronus.

Tentunya dengan perencanaan pembelajaran daring yang sudah terkonsep dengan baik dari kegiatan pembukaan sampai penutup serta lengkap dengan asesmen yang akan diberikan. Sinkronus sendiri berarti kita sebagai guru dan peserta didik bisa bertemu di waktu yang nyata, misalnya bertatap muka secara virtual.

Kita dapat menggunakan aplikasi zoom atau google meet untuk menjelaskan tentang konsep-konsep matematika. Pada tahap ini, guru dengan peserta didik dapat saling berdiskusi, share materi, dan saling mempresentasikan hasil kerja peserta didik. Dengan begitu, pemahaman konsep peserta didik pada mata pelajaran matematika dapat dipahami dengan baik.

Baca juga:  Memecahkan Masalah SPLDV Menggunakan Metode Drill

Pada tahap asinkronus, guru dapat memberikan tugas dan melakukan asesmen sesuai materi yang telah dijelaskan ketika sesi sinkronus. Pemberian tugas matematika ini dapat dipadukan oleh guru misalnya dengan google formulir ataupun quizizz yang bisa menarik perhatian anak untuk mengerjakan tugas. Pemberian tugas ini dapat dilakukan dengan membagikan link soal melalui kelas maya maupun grup WhatsApp kelas.

Dengan adanya keseimbangan antara sinkronus dan asinkronus ini pada pembelajaran daring akan mencegah terjadinya learning loss pada mata pelajaran matematika. Karena peserta didik akan mendapatkan pemahaman konsep pada sesi sinkronus, dan dapat mengaplikasikan konsep pada tahap asinkronus dengan bimbingan dan penguatan materi dari guru sehingga tetap tercipta pembelajaran yang bermakna walaupun menggunakan moda daring. (unw2/ton)

Guru Kelas IV SDN Kradenan 01 Kota Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya