alexametrics

Layanan Bimbingan Konseling Berbasis Microsoft Teams 365

Oleh: Enggar Susilosiwi, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Guru Bimbingan dan Konseling adalah pendidik seperti halnya guru mata pelajaran, namun memiliki ekspektasi kinerja yang berbeda.

Dalam menjalankan kinerjanya, Layanan bimbingan dan konseling yang diampu oleh guru BK bertujuan memandirikan individu yang normal dan sehat dalam menavigasi perjalanan hidupnya melalui pengambilan berbagai keputusan terbaik dalam perkembangan belajar, sosial, pibadi dan karir untuk mewujudkan kehidupan yang produktif, sejahtera dan peduli terhadap kemaslahatan umum (Rahman, 2014: 29).

Sebagai upaya untuk pengembangan diri peserta didik, diperlukan bimbingan diantaranya yaitu: 1) layanan pengenalan lingkungan; 2) layanan informasi; 3) layanan penempatan dan penyaluran; 4) layanan pembelajaran; 5) layanan konseling individu; 6) layanan bimbingan kelompok; 6) layanan konseling kelompok. (Permendikbud Nomor 111 tentang Pedoman Bimbingan dan Konseling, 2014).

Pembelajaran Jarak Jauh / Pembelajaran Daring yang sudah terlaksana hampir 1,5 tahun tentunya menimbulkan berbagai problema di dalamnya. Seperti dengan pelayanan BK yang mengalami hambatan-hambatan dalam pelaksanaannya. Beruntungnya Kementerian Pendidikan telah bekerjasama dengan lembaga penyedia sarana Pembelajaran Jarak Jauh / Pembelajaran Daring secara gratis, salah satunya adalah Microsoft Office 365 yang dapat dijumpai pada laman https://microsoft.com/id-id/education/products/office.

Baca juga:  Suka Duka Pembelajaran ala Pandemi

Microsoft Office365 For Education adalah aplikasi gratis untuk dunia pendidikan. Di dalamnya terdapat berbagai macam fitur yang powerful, diantaranya adalah Microsoft Teams, dalam satu aplikasi ini guru dapat melaksanakan tatap muka secara daring sekaligus dapat berfungsi sebagai Learning Management System (LMS).

Peserta didik, Guru, dan staff di dunia pendidikan yang memenuhi syarat dapat mendaftar untuk mendapatkan akun Office 365 for Education secara gratis.

Pemanfaatan aplikasi Microsoft Form dalam Microsoft Teams 365 dapat dipergunakan Guru BK untuk menjaring permasalahan siswa, dengan menyebar DCM (Daftar Cek Masalah) dan ITP (Inventori Tugas Perkembangan) untuk di isikan peserta didik secara daring. Hasil dari isian DCM/ITP dapat langsung dilihat Guru BK dan dianalisis untuk melaksanakan layanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Baca juga:  Pembelajaran IPA Berbasis Aktivitas

Setelah analisis dari DCM/ITP yang disebar di Microsoft Form dapat ditindak lanjuti dalam pemberian layanan baik secra klasikal/kelompok/individu. Pelayanan klasikal seperti pemberian Materi PPT, Materi Video, Quis, Tugas Mandiri dll sangat mungkin dilakukan saat tatap muka secara daring di dalam Microsoft Teams 365. Selain tatap muka secara daring, pemanfaatan fitur seperti Microsoft Sway dapat dipergunakan guru BK untuk membuat materi serta video dan gambar-gambar yang dapat membantu peserta didik memahami materi layanan BK yang tentunya dapat dibuka oleh peserta didik setiap saat dan dimanapun mereka berada tentunya dengan jaringan internet yang ada.

Peserta didik dapat memanfaatkan fitur Microsoft OneNote untuk dapat membuat catatan-catatan digital yang mendukung kegiatan pelayanan BK. Guru BK dapat memanfaatkan fitur Class Notebook yang dapat digunakan untuk membuat buku catatan kelas yang mencakup: 1) buku catatan siswa, jangan khawatir buku catatan siswa tidak akan dapat dibuka siswa lain sehingga permasalahan pribadi dapat dituliskan disana untuk pelayanan konseling individu hanya dapat dilihat oleh Guru BK dan peserta didik yang bersangkutan sehingga asas kerahasiaan tetap terjaga, 2) perpustakaan konten, yang dapat digunakan guru BK untuk berbagi materi dengan siswa, disini siswa hanya dapat membaca, 3) ruang kolaborasi yang merupakan catatan untuk semua peserta didik dan guru di dalam kelas untuk berbagi, mengatur, dan berkolaborasi. Fitur rapat dapat juga digunakan secara kelompok maupun pribadi untuk pelaksanaan bimbingan kelompok, konseling kelompok, konseling individu secara daring. (dd1/ton)

Baca juga:  Kembangkan Aplikasi Pembelajaran untuk Mempermudah Belajar Siswa

Guru SMP Negeri 10 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya