alexametrics

Canva, Salah Satu Aplikasi yang Menarik dalam Pembelajaran IPA

Oleh : Edy Harijanto, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kegiatan belajar mengajar di sekolah di masa pandemi covid 19 mau tidak mau lebih banyak menggunakan sistem daring. Untuk mengatasi kejenuhan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi peserta didik, bapak ibu guru harus selalu update menyiapkan dan membuat materi pembelajaran yang kemudian di unggah ke LMS (learning management system), kebetulan di sekolah kami SMP Negeri 2 Salatiga mempunyai LMS Prakasita Classroom.

Bentuk materi dapat berupa word, pdf, video pembelajaran maupun slide presentasi. Selain menggunakan video pembelajaran untuk menyampaikan materi bapak ibu guru juga menyiapkan presentasi yang menarik agar peserta didik senang sehingga mudah memahami materi pembelajaran.

Salah satu aplikasi yang menarik untuk membuat slide presentasi (PPT) yang dapat digunakan secara gratis adalah Canva. Aplikasi yang terbilang baru ini sangat membantu guru tidak hanya dalam membuat presentasi dengan beragam medianya yang bervariasi. Dengan kurang lebih 2 juta gambar, lebih dari 60 ribu template, sekitar 800 ribu ikon dan ilustrasi,latar belakang, serta 700 pilihan font,kita akan bisa dengan mudah membuat media pembelajaran.

Baca juga:  Tanamkan Pendidikan Karakter melalui Tembang Macapat Gambuh

Baik itu untuk berupa, flyer, video, pdf presentasi, majalah dinding, selebaran, poster, laporan, situs web, sampai infografis. Aplikasi canva sangat mudah cara mengoperasikannya. Apabila belum menguasainya kita bisa mencari tutorial di internet lewat youtube atau mengikuti berbagai pelatihan dalam pemanfaatan IT dalam pembelajaran secara daring tentang pemanfaatan Canva dalam membuat media pembelajaran.

Materi pembelajaran IPA yang biasanya lebih jelas apabila dilakukan dengan bertatap muka langsung, di masa pandemi ini harus yang tersaji dengan menarik dengan agar peserta didik lebih mempunyai motivasi belajar. Pekerjaan membuat materi pembelajaran yang menarik bisa dengan mudah dikerjakan menggunakan bantuan alat teknologi informasi baik yang berbasis website maupun aplikasi, sehingga bisa menghasilkan media pembelajaran berbasis digital yang menarik untuk peserta didik.

Baca juga:  Peran Guru BK Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Aplikasi canva ini dapat digunakan dengan yang gratis, di dalam mode ini sudah banyak ditawarkan desain grafis yang bagus dan menarik. Selain itu Canva juga menyediakan banyak template dasar dengan tema pendidikan untuk berbagai mata pelajaran. Untuk pembelajaran IPA kita tinggal mengedit gambar untuk menyesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan kita buat.

Langkah-langkah untuk menggunakan Canva ini adalah sebagai berikut, membuat akun Cnva dengan cara mendaftar, membuat desain pertama pada halaman utama Canva, kemudian memilih template template yang sudah tersedia dan mengeditnya, menambahkan teks dengan mengklik menu Text.

Dalam pembuatan slide presentasi pembelajaran IPA agar lebih menarik kita juga bisa menambahkan suara baik dengan suara yang sudah tersedia atau menambahkan file suara sendiri melalui menu unggah media. Yang perlu diingat, jika kita mengunggah media berupa suara maupun gambar harus memperhatikan hak cipta dari media tersebut.

Baca juga:  Memahami Pembagian Pecahan dengan Pendekatan Ice Berg

Aplikasi Canva juga menyediakan dan animasi yang dapat kita gunakan untuk memodifikasi template agar presentasi maupun video pembelajaran yang kita buat menjadi lebih menarik, jelas dan mudah dimengerti peserta didik. Kita juga dapat tampil dalam presentasi media pembelajaran yang kita buat melalui Canva ini sebagai presenter dengan memasukkan rekaman gambar dan suara kita melalui menu present and record.

Sesudah materi selesai dibuat, kita dapat mengunduh dalam berbagai pilihan format antara lain format PDF (Portable Document Format), format gambar (JPG, PNG) maupun format video (MP4, GIF) atau sesuai rekomendasi dari aplikasi. Pilihan gambar dapat dipakai langsung maupun untuk dijadikan slide presentasi Microsoft Power Point. Setelah diunduh kita bisa mengunggahnya di drive kita kemudian menautkanya di LMS yang kita pakai agar bisa diakses oleh para peserta didik. (dd1/ton)

Guru IPA SMP Negeri 2 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya