alexametrics

Metode Mind Mapping Meningkatkan Ketrampilan Writing Teks Descriptive

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran Bahasa Inggris mempunyai karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Perbedaan ini terletak pada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Selain diperlukan penguasaan kosa kata dan tata bahasa, juga diperlukan keterampilan dalam mengaplikasikannya dalam kegiatan komunikasi, baik lisan maupun tulisan (Depdiknas, 2006).

Pada pembelajaran kompetensi atau aspek writing (menulis), yang tujuan akhirnya adalah memproduk atau menghasilkan tulisan atau teks baik fungsional maupun monolog berdasarkan genre atau jenis teks.

Di SMP Negeri 10 Semarang, banyak peserta didik khususnya kelas VII A yang merasa kesulitan dalam menulis teks monolog berbentuk descriptive. Ini disebabkan karena sedikitnya kosakata yang dihafal dan dimengerti maknanya serta kurangnya penguasaan tata bahasa atau grammar. Sebagai contoh, pada waktu diberi tugas menulis teks monolog berbentuk descriptive yang sudah ditentukan tema atau judulnya, kebanyakan peserta didik tidak segera melaksanakan, bahkan malah ditinggal ngobrol dengan teman di dekatnya.

Baca juga:  Pembelajaran Klasifikasi Mahluk Hidup dengan Tutor Sebaya

Ada kemungkinan kesulitan itu dikarenakan bahwa selama ini, kebanyakan peserta didik menganggap mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai momok atau mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik. Karena sulit dan tidak menarik, peserta didik cenderung tidak suka, malas dan ingin menghindarinya. Kamus, sebagai sarana pendukung yang penting dalam belajar bahasa asing, juga jarang yang memilikinya.

Ada yang memiliki, tapi malas membawanya karena berat. Itu semua terjadi karena kurangnya motivasi dan kurang minatnya terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris. Ada peserta didik yang sudah mulai menulis, kemudian macet di tengah jalan, hal ini dikarenakan kesulitan memunculkan ide, padahal tema atau judul sudah ditentukan. Akibatnya tugas writing banyak yang tidak dikumpulkan.

Penurunan hasil belajar ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor itu adalah lack of vocabulary (kurangnya kosakata para peserta didik). Selain itu para peserta didik kurang bergairah mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris.

Baca juga:  Pembelajaran Berbasis Proyek Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi

Berdasarkan data tersebut, perbaikan strategi pembelajaran perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan keterampilan menulis teks descriptive Bahasa Inggris untuk menunjang penguasaan berbahasa Inggris ditingkat SMP. Upaya meningkatkan kemampuan menulis teks descriptive mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas VII A SMP Negeri 10 Semarang, dengan menggunakan metode mind mapping.

Caroline Edward mengatakan metode mind mapping adalah cara paling efektif dan efisien untuk memasukan, menyimpan dan mengeluarkan data dari atau ke otak. Sistem ini bekerja sesuai cara kerja alami otak kita, sehingga dapat mengoptimalkan seluruh potensi dan kapasitas otak manusia (Caroline Edward: 2009:64). Model ini yaitu model yang berlangsung melalui proses a) Kegiatan Pendahuluan; b) Kegiatan Inti; c) Kegiatan Penutup. Untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi menulis teks descriptive dibutuhkan tindakan tertentu. Tindakan itu adalah penggunaan metode mind mapping.

Baca juga:  Mewaspadai Bahaya Metode Calistung dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Karena itulah guru mencoba metode mind mapping untuk mengatasinya. Metode ini cukup menarik, karena menggunakan gambar-gambar hasil kreasi siswa, yang dapat diwarnai dan dihiasi sekehendak peserta didik serta dapat memunculkan ide dalam menulis.

Hasil pengamatan selama ini, menunjukkan bahwa peserta didik nampak antusias begitu metode mind mapping diperkenalkan hingga diterapkan untuk menulis. Waktu mengerjakan tugaspun, semua dapat mengumpulkan tugas.

Hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada pembelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan hasil tersebut, disarankan agar guru Bahasa Inggris mencoba menggunakan metode mind mapping untuk pembelajaran aspek writing maupun aspek-aspek pembelajaran yang lain. Kreatifitas peserta didik yang luar biasa akan terlihat pada hasil atau gambar mind mappingnya. (rs2/ton)

Guru Bahasa Inggris SMPN 10 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya