alexametrics

Membudayakan Hymne Sekolah Tingkatkan Etos Kerja Warga Sekolah

Oleh : Masjhur Tjahjanto, S.Pd., M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pendidikan memiliki peran strategis, untuk menentukan kualitas sumber daya manusia (SDM). Peran strategis tersebut melibatkan kepala sekolah. Ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah sebagai pimpinan.

Kepala sekolah merupakan pejabat profesional, yang bertugas mengatur semua sumber daya sekolah dan bekerja sama dengan guru-guru, staf, dan pegawai lainnya dalam mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kepala sekolah yang profesional mengetahui kebutuhan dunia pendidikan serta kebutuhan sekolah secara spesifik. Dengan demikian akan melakukan penyesuaian agar pendidikan dan sekolah mampu untuk berkembang dan maju, sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman (Euis Karwati dan Donni Juni Priansa, 2013:162).

Kepala sekolah diberi tugas untuk memimpin sekolah tempat proses belajar mengajar. Maksud memimpin tersebut adalah leadership. Memiliki pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan etos kerja. Sebagai pemimpin kepala sekolah menghadapi tanggung jawab yang berat maka hendaknya mendelegasikan wewenang dan tanggung jawab sehingga dapat memusatkan perhatiannya pada usaha-usaha pembinaan program pengajaran (Hendiyat Soetopo dan Wasty Soemanto, 1984: 19).

Baca juga:  Mudahnya Belajar Keragaman Etnik dan Budaya dengan Media Autoplay

Ketika berada di lapangan kepala sekolah menghadapi etos kerja guru yang kurang optimal, padahal potensinya besar. Hal seperti ini harus segera dicari solusinya. Sesuai perannya kepala sekolah mencari strategi untuk meningkatkan etos kerja salah satunya membudayakan Hymne SMA Negeri 2 Grabag pada warga sekolah.

Mengingat syair lagu hymne pada umumnya merupakan nyanyian yang dikarang khusus untuk bermadah/pujian, kebanggaan dan rasa syukur serta harapan.

Langkah yang ditempuh kepala sekolah dalam membudayakan hymne antara lain: pertama menunjuk guru seni atau guru lainnya untuk menciptakan hymne sekolah; kedua menerbitkan surat keputusan tentang pemberlakuan hymne di sekolah; ketiga mengunggah hymne sekolah dalam Youtube sebagai media pembelajaran untuk warga sekolah; keempat membuat aturan bahwa hymne harus dinyanyikan pada event-event besar di sekolah; kelima mengumandangkan hymne pada saat istirahat bergantian dengan lagu-lagu lain.

Baca juga:  Pengenalan Zat Adiktif dan Dampaknya melalui Media Sosial

Dengan langkah tersebut warga sekolah akan cepat menguasai lagu Hymne SMA Negeri 2 Grabag dan menghayati syair-syairnya serta akan membudaya yang termanifestasi dalam perilaku sehari-hari.

Terdapat enam baris syair Hymne SMA Negeri 2 Grabag, baris pertama : Berdiri tegak menatap masa depan, tetap teguh berpijak pada landasan. Melalui syair ini harapan warga sekolah akan bersemangat dalam menggapai tujuan namun tetap memiliki landasan dalam berpijak.

Baris kedua : Di sanubari jiwa Pancasila, wujud bakti kami untuk negeri. Warga sekolah diingatkan kinerjanya dalam memperjuangkan cita-cita tetap harus menerapkan nilai-nilai Pancasila. Baris ketiga : Dengan semangat namamu kubanggakan, pada Tuhan doa kami panjatkan. Syair ini warga sekolah diingatkan harus memiliki kebanggaan terhadap almamater tempat warga sekolah belajar dan mengabdi juga memiliki rasa syukur sehingga tak henti-hentinya berdoa untuk kejayaan sekolah. Baris keempat : Sehat jiwa raga satu hati dan kata, wujudkan cita Smandagra jaya. Syair ini mengingatkan senantiasa mendoakan kesehatan warga sekolah, kekompakan, kerukunan, dan kesatuan agar cita-cita kejayaan Smandagra tercapai.

Baca juga:  Miniatur Rumah Adat Menumbuhkan Cinta Tanah Air dan Kreativitas

Baris kelima : Langkahmu masih panjang dalam berjuang, maju terus jangan lelah tiada gamang. Pada syair ini warga sekolah diingatkan untuk terus berkarya, mengabdi dengan semangat tanpa ragu-ragu. Baris enam : Bergandeng tangan songsong masa depan, raih mimpi penuh kesuksesan. Warga sekolah diingatkan dengan persatuan dan kekompakan penuh harapan bahwa kesuksesan akan tercapai.

Melalui langkah-langkah tersebut syair lagu Hymne SMA Negeri 2 Grabag yang berisikan tentang pujian, kebanggaan, doa serta harapan akan membudaya dalam diri warga sekolah sehingga akan menjadi energi positif dan pendorong dalam meningkatkan etos kerja. Dapat disimpulkan, dengan membudayakan Hymne SMA Negeri 2 Grabag akan meningkatkan etos kerja warga sekolah. (pm2/lis)

Kepala SMAN 2 Grabag, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya