alexametrics

Pembelajaran Informatika dengan Aplikasi Liverworksheets di Masa PJJ

Oleh : Diah Wulaningrum

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Belajar merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh peserta didik. Pada masa pandemi Covid-19, pelaksanaan pembelajaran berubah total. Semula dengan tatap muka kini menjadi pembelajaran jarak jauh.

Cara belajar yang berubah total membuat siswa dan guru kesulitan. Untuk itu perlu mencari cara supaya tujuan belajar dan pembelajaran tercapai dan menyenangkan buat para siswa.

Dalam pembelajaran BTIK, guru harus kreatif agar anak tertarik untuk belajar. Harus ada metode yang menyenangkan dalam belajar BTIK misalnya dengan menggunakan sarana multimedia kreatif.

]Teknologi ini telah diterapkan di berbagai macam bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan masih banyak lagi. Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang banyak diterapkan ialah tehnologi dalam dunia pendidikan, seperti teknologi multimedia pembelajaran yang dapat berupa game, animasi dan lain sebagainya.

Dalam multimedia pembelajaran tidak didominasi oleh teks seperti dalam buku pelajaran. Oleh karenanya, uraian atau pembahasan menggunakan bahasa yang tepat, padat, komunikatif dan sesuai dengan tingkat pengetahuan dan usia pengguna.

Baca juga:  Menumbuhkan Karakter Positif melalui PjBL Video

Dalam multimedia pembelajaran, uraian dalam bentuk teks digunakan jika dan hanya jika diperlukan interpretasi dari visual yang ditampilkan, atau sulit mencari referensi untuk memvisualkan konsep yang ingin disampaikan.

Multimedia pembelajaran adalah media pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan siswa dapat mempelajarinya secara mandiri dengan bantuan yang minimal dari guru atau orang lain. Bahkan tanpa bantuan sama sekali atau belajar sendiri. Oleh karena itu, dalam membahas/menguraikan materi, harus bersikap seolah-olah sedang berkomunikasi dengan siswa.

Mengajar baik di kelas ataupun di rumah, seorang guru harus memiliki strategi agar murid memiliki minat terhadap materi yang diajarkan guru. Untuk itu sebagai guru kita harus kreatif agar kelas menjadi hidup dan menyenangkan.

Di SMP Negeri 39 Semarang setiap kelas sudah terpasang sarana multimedia sehingga guru bisa berkreasi dalam mengajar dengan metode multimedia kreatif. Selain itu guru juga menilai siswa dengan LKPD.

Baca juga:  Drill Perkalian Mudahkan Siswa Menyederhanakan Bentuk Akar

Guru bisa mencoba mencari atau browsing yang mewakili mata pelajaran yang diajarkan. Atau jika kita memiliki keterampilan di bidang informatika maka guru bisa membuat sendiri aplikasi dan mengisinya dengan materi agar lebih nyata. Selain media pengajaran guru juga bisa membuat video atau power point dengan gambar serta suara yang menarik dan disertai penilaian menggunakan LKPD.

Dengan membuat atau membawakan metode seperti ini, siswa lebih mudah menyerap pelajaran yang disampaikan karena siswa memiliki perhatian lebih pada pelajaran. Peserta didik akan tertarik untuk belajar lebih giat dan tidak lagi mengganggap pelajaran informatika membosankan.

Peserta didik selalu menanti dan penasaran apa yang minggu depan akan ditampilkan oleh guru tersebut dan tugas LKPD yang dimunculkan. Sehingga tidak lagi terjadi peserta didik di kelas hanya mendengarkan pelajaran dari telinga kanan keluar di telinga kiri. Alias pelajaran hanya numpang lewat tanpa diserap apalagi masuk memori anak. Tapi dengan multimedia kreatif peseta didik akan selalu ingat apa yang telah mereka dapatkan dari pelajaran informatika yang menggunakan sarana multimedia kreatif.

Baca juga:  Manajemen Kepala Sekolah di New Normal Pendidikan

Tidak hanya di dalam kelas, media ini juga efektif untuk digunakan mengajar privat agar siswa tidak mudah bosan.
Belajar informatika dengan media memang sangat menyenangkan contohnya pada pembelajaran materi Operating Sistem, penulis menggunakan aplikasi liverworksheets untuk mengambil penilaian yang dipakai belajar siswa di rumah. Untuk mengetahui berapa yang dikuasai siswa dan pencapaiannya.

Dengan aplikasi itu para siswa bisa mengerjakan penilaian dari materi operating sistem secara mandiri di rumah. Dengan aplikasi liverworksheets siswa dengan senang mengerjakan penilaian. Tujuan pembelajaran yang akan penulis sampaikan justru tercapai. Ternyata anak akan lebih mudah dan menyenangkan apabila kita menggunakan metode pembelajaran yang mudah dan menyenangkan seperti menggunakan liverworksheets yang ada pada media. (ips2/lis)

Guru SMP Negeri 39 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya