alexametrics

Mudahnya Belajar Perbandingan melalui Metode Make a Macth

Oleh : Irkham, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Bagaimana memerdekakan siswa dalam belajar adalah menjadi bagian dari semangat guru dalam mengajar. Merdeka di sini, siswa betul–betul memperoleh kebebasan dalam menggali informasi untuk mendukung pemahaman terhadap suatu materi.

Penulis sebagai guru matematika selalu menerapkan prinsip merdeka belajar meskipun pada penerapan pembelajaran mata pelajaran matematika masih dijumpai beberapa siswa di SMP Negeri 02 Wiradesa yang kesulitan dalam memahami materi perbandingan dikelas VII (tujuh).

Penulis menerapkan metode make a match menjadi suatu alternatif pemecahan terhadap persoalan menurunnya pemahaman siswa dalam memahami materi perbandingan.

Frank Lyman dalam Rusman (2011) menyatakan bahwa make a match adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan untuk berpikir secara mandiri, mencari pasangan yang sesuai, kemudian diskusi dengan pasangan lainnya didalam menemukan konsep yang sama.

Tarmizi dalam Novia (2015 : 12) menyatakan bahwa model pembelajaran make a match artinya siswa mencari pasangan setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban) lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pegang.

Baca juga:  Mudah Pahami Materi Pluralitas Masyarakat Indonesia dengan PBL

Pada materi perbandingan ini terdapat tujuan pembelajaran diantaranya memahami perbandingan dua besaran, menentukan perbandingan dua besaran, menyelesaikan permasalahan terkait perbandingan dua besaran, menentukan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda, menyelesaikan terkait dengan perbandingan dua besaran dengan satuan yang berbeda.

Lalu memahami masalah yang terkait dengan perbandingan senilai, menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan senilai, menyelesaikan masalah perbandingan senilai pada peta dan model, memahami masalah yang terkait dengan perbandingan berbalik nilai dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perbandingan berbalik nilai.

Kompetensi dasar pada pembelajaran materi ini membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menggunakan table data,grafik dan persamaan. Sedangkan indikator pencapaian kompetensinya menentukan perbandingan yang ekuivalen, menjelaskan perbandingan senilai sebagai suatu pernyataan dari dua perbandingan yang ekuivalen, menyajikan perbandingan senilai, membuat suatu perbandingan senilai untuk menentukan nilai x dalam dimana, mengidentifikasi perbandingan berbalik nilai, dan membuat suatu perbandingan berbalik nilai untuk menentukan nilai x dalam dimana.

Baca juga:  Metode Inkuiri Terbimbing dengan Video Mudahkan Pembelajaran

Langkah–langkah penerapan metode make a match pada pembelajaran perbandingan dikelas VII sebagai berikut : Pertama, guru melakukan apersepsi dan brainstorming yang menarik perhatian siswa sebelum penyampaian materi perbandingan dimulai. Brainstorming bisa menggunakan game atau penayangan video menarik yang berkaitan dengan materi perbandingan. Lalu, guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik berkaitan dengan materi perbandingan.

Satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban. Kemudian, setiap siswa mendapatkan sebuah kartu yang bertuliskan soal atau jawaban. Tiap siswa memikirkan jawaban atau soal dari kartu yang dipegang. Setelah itu, Setiap siswa mencari pasangan kartu yang cocok dengan kartunya. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.

Baca juga:  Pembelajaran Inovatif Guna Meningkatkan SDM di Era Revolusi Industri 4.0

Jika siswa tidak dapat mencocokkan kartunya dengan kartu temannya (tidak dapat menemukan kartu soal atau kartu jawaban) akan mendapatkan hukuman, yang telah disepakati bersama. Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya, demikian seterusnya. Siswa juga bisa bergabung dengan 2 atau 3 siswa lainnya yang memegang kartu yang cocok. Terakhir, guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan terhadap materi pelajaran dan melakukan refleksi pembelajaran. Pembelajaran materi perbandingan dengan metode make a match ini menyenangkan juga siswa mudah memahami suatu materi. (ips2/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 02 Wiradesa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya