alexametrics

Belajar Efektif Menggunakan Google Classroom Sukses ANKAPIN

Oleh : Suhandi, A.Pi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PROGRAM keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (NKPI) merupakan salah satu program keahlian yang ada di SMKN 1 Bulakamba-Brebes. Untuk kelas XII program keahlian NKPI memiliki program ujian sertifikasi kompetensi kepelautan berupa Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan Tingkat II (ANKAPIN-II).

NKPI merupakan disiplin ilmu yang mempelajari Nautika dan Perikanan. Nautika mempelajari tentang teknik bernavigasi dengan menggunakan peralatan yang ada di kapal laut serta teknik dasar keselamatan di atas kapal. Ilmu perikanan pada NKPI mempelajari tentang teknik dan metode penangkapan ikan di laut.

Menurut peraturan menteri kelautan dan perikanan republik Indonesia nomor per.07/men/2011 tentang sistem standar mutu pendidikan dan pelatihan, ujian, serta sertifikasi pelaut kapal penangkap ikan, ANKAPIN adalah sertifikat kompetensi nautika kapal penangkap ikan yang merupakan pengakuan terhadap kompetensi untuk melakukan pekerjaan pelaut kapal penangkap ikan setelah lulus ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh Dewan Penguji Keahlian Pelaut (DPKP).

ANKAPIN-II bertujuan menghasilkan tenaga teknis ahli yang professional dan berkepribadian tinggi di bidang perikanan yang memiliki kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang komplek dalam penangkapan ikan dan navigasi di laut.

Baca juga:  Aktifkan Kelas dengan Bermain Peran Ampuh Tingkatkan HB

Menurut Ihsana (2017:4), belajar adalah suatu aktivitas dimana terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa, untuk mencapai hasil yang optimal.

Demikian juga menurut Syaiful dan Aswan (2014:5) belajar adalah perubahan perilaku berkat pengalaman dan latihan, artinya adalah perubahan tingkah laku, baik yang menyangkut pengetahuan, ketrampilan maupun sikap, bahkan meliputi segenap aspek organisme atau pribadi.

Untuk mencapai hasil belajar yang optimal maka perlu menerapkan pembelajaran yang efektif, yaitu yang memungkinkan peserta didik belajar ketrampilan, pengetahuan dan sikap secara terpadu sehingga tujuan belajar dapat tercapai.

Google classroom merupakan salah satu layanan program gratis dari Google yang dibuat untuk mempermudah kegiatan pembelajaran antara guru dan peserta didik. Didalam Classroom memungkinkan guru dan peserta didik untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam mengerjakan tugasnya.

Ujian ANKAPIN terdiri atas ujian tulis dan ujian komprehensif. Untuk ujian tulis, biasanya guru melatih peserta didik dengan mengerjakan soal-soal ujian ANKAPIN –II dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

Baca juga:  Tantangan Pendidikan Islam di Era Pandemi Covid-19

Pada pembelajaran tatap muka normal pelatihan mengerjakan soal dari bank soal ANKAPIN II yang sudah di himpun guru dari beberapa tahun pelaksanaan sebelumnya. Pada era pandemi sekarang, guru dituntut untuk dapat menggunakan metode pembelajaran yang efektif, termasuk dalam persiapan menghadapi ujian profesi kepelautan ANKAPIN-II bagi siswa SMK program keahlian NKPI di SMKN 1 Bulakamba, agar dapat memperoleh hasil ujian yang optimal.

Untuk persiapan Ujian ANKAPIN-II tahun 2021 yang dilaksanakan pada bulan Januari 2021, guru menggunakan google classroom sebagai salah satu metode pembelajaran latihan mengerjakan soal-soal ujian.

Dengan cara membuat kelas latihan ujian ANKAPIN-II, guru membuat evaluasi sesuai dengan mata ujian yang diujikan. Evaluasi soal di buat beberapa kelas sesuai dengan soal tahun pelaksanaan ujian ANKAPIN-II. Classroom di setting agar peserta didik dapat mengerjakan soal tersebut berkali-kali, sehingga peserta didik dapat melihat perolehan hasil evaluasinya, dan terus berupaya memperbaiki nilai capaian evaluasi sampai dengan hasil yang optimal.

Peserta didik melakukan proses pembelajaran secara berulang-ulang, sehingga menumbuhkan peningkatan sikap, pengetahuan dan ketrampilan dalam mengerjakan soal ujian untuk mencapai tujuan hasil yang di telah ditetapkan. Dengan adanya classroom ini maka guru dan peserta didik dapat melihat dan mengukur capaian hasil belajar yang telah dilakukan peserta didik.

Baca juga:  MeMe, Tingkatkan Kreativitas dalam Menggambar Batik

Pengerjaan evaluasi yang dilakukan secara berulang dan melihat perolehan nilai yang semakin meningkat diharapkan dapat menumbuhkan sikap mental yang baik dalam menghadapi suasana ujian nantinya. Penerapan google classroom ini dirasakan sangat efektif untuk mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi ujian profesi ANKAPIN-II pada program keahlian NKPI SMKN 1 Bulakamba, Brebes, yang diharapkan dapat memperoleh kelulusan yang maksimal.

Pada pelaksanaan ujian periode Januari 2021, diikuti oleh 32 peserta. Dari 32 peserta yang dinyatakan lulus seluruh mata pelajaran ujian berjumlah 30 peserta atau sekitar 93,75%. Dengan melihat pencapaian hasil tersebut, penggunaan metode classroom menjadi efektif dalam menghadapi suasana pembelajaran di era pandemi, tentu saja dengan selalu tidak bosan-bosannya guru memberikan motivasi belajar pada peserta didik untuk mencapai hasil belajar yang optimal. (dd1/zal)

Guru SMKN 1 Bulakamba, Brebes

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya