alexametrics

Bermain Rumus Matematika dengan Kartu Ajaib

Oleh : Tuti Wiyatsih, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Saat mendengar kata matematika yang terlintas dalam benak selalu sulit dan penuh rumus. Menurut Abdurrahman (2002), “Matematika adalah bahasa simbiolis yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir.”

Maka matematika yang penuh simbol terutama dalam penggunaan rumus pada bab geometri (bangun ruang sisi datar) sering kali siswa salah membedakan antara prisma dan limas. Itu terjadi di SMP Negeri 1 Paninggaran.

Menambahkan permainan kartu ajaib diharapkan siswa tidak mudah cepat bosan saat mengikuti proses pembelajaran. Sehingga menjadikan inovasi yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dan menumbuhkan minat siswa.

Sebab peran guru tidak hanya mengajarkan materi tetapi juga bertanggung jawab dalam memotivasi dan membuat suasana yang nyaman bagi siswa dalam penanaman konsep di setiap materi pembelajaran.

Bagi seorang anak permainan merupakan salah satu cara bagaimana mereka berekspresi dan berkreasi dengan kemampuan yang dimilikinya. Hal tersebutlah yang menjadikan alasan penulis menambahkan permaianan dalam proses pembelajaran matematika, seperti kartu ajaib.

Baca juga:  Bimbingan Klasikal melalui Sway

Kartu ajaib di sini sebagai alat atau media yang digunakan untuk menguji pemahaman konsep materi yang diberikan kepada siswa berupa kertas karton yang dipotong-potong berbentuk persegi panjang kecil yang salah satu sisinya berupa gambar bangun ruang dan sisi yang satunya berupa rumus dari bangun ruang tersebut.

Tujuan dari pembuatan kartu ajaib tersebut, untuk memudahkan siswa dalam berfikir bagaimana menerapkan bangun ruang dengan rumusnya. Tidak hanya itu, permainan ini juga menerapkan konsep visualis yang bagi sebagian anak lebih mudah mengingat suatu hal melalui visualisasi. Kartu ajaib ini ditujukan kepada siswa kelas VIII SMP/MTS/sederajat dalam materi bangun ruang sisi datar.

Permainan kartu ajaib ini dilakukan minimal dua siswa dimana setiap siswa memiliki satu paket kartu ajaib yang terdiri dari kumpulan semua rumus bangun ruang sisi datar.

Baca juga:  Tingkatkan Belajar Bilangan Berpangkat dengan STA

Cara memainkan kartu ajaib ini adalah sebagai berikut : pertama, siswa melakukan suit, pemenangnya berhak mengeluarkan kartu ajaib terlebih dahulu dengan menunjukan sisi berbentuk gambar serta mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

Kemudian, siswa yang kalah mengamati dan menganalisis sesuai gambar pada kartu ajaib untuk dapat menjawab pertanyaan dari lawan yang berkaitan dengan gambar.

Untuk mengetahui jawaban itu benar atau salah ada di balik kartu ajaib tersebut. Kartu yang bisa dijawab dengan benar diletakkan terpisah dengan kartu yang tidak bisa dijawab dengan benar(salah). Kemudian bergantian yang mengeluarkan kartu ajaib, begitu seterusnya sampai kartu ajaibnya habis.

Untuk mengetahui siapa pemenang dari permaianan kartu ajaib ini dapat diketahui di akhir permainan dari jumlah kartu ajaib yang bisa dijawab dengan benar oleh siswa tersebut. Oleh sebab itu, dengan permainan kartu ajaib ini siswa diharapkan mampu berpikir kritis dan melatih daya juang dalam menerapkan konsep bangun ruang sisi datar agar dapat memenangkan permainan.

Baca juga:  PJJ IPS Lebih Bermakna dengan Kehadiran Guru melalui Video Pembelajaran

Kartu ajaib ini dapat di simpan oleh siswa sebagai kumpulan rumus untuk mempermudah mencarinya jika sewaktu-waktu diperlukan.
Dengan permainan kartu ajaib ini, penulis menyimpulkan peserta didik lebih termotivasi untuk meningkatkan keterampilan penggunaan berbagai rumus pada bangun ruang sisi datar dan dapat mengekspresikan dengan hal-hal yang menyenangkan serta tidak membosankan. Mampu meningkatkan kepercayaan diri kreatif dan berfikir praktis. (ips2/lis)

Guru SMP Negeri 1 Paninggaran, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya