alexametrics

Tips Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring pada Masa Pandemi Covid 19

Oleh : Novita Ragilia, S.Pd, SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pemerintah kembali menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat mulai 3 Juli 2021 untuk wilayah Jawa – Bali, dikarenakan pandemi covid 19 yang belum juga mereda. Seluruh kegiatan belajar mengajarpun masih dilakukan secara daring. Kita semua dituntut untuk melakukan kegiatan belajar secara mandiri di rumah.

Kita semua pasti sudah bosan belajar di rumah dan kangen situasi belajar di kelas. Cara agar pembelajaran secara daring bisa dilakukan secara efektif dan tentunya bisa mengurangi kejenuhan guru kelas V (lima) SD Negeri 02 Donowangun Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan, mencoba melakukan beberapa tips, yaitu sebagai berikut :

Pertama, meluangkan waktu untuk hal-hal yang disukai. Melakukan hobi yang kita sukai, merupakan salah satu cara agar tidak jenuh belajar di rumah. Kita harus bisa meluangkan waktu untuk diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal/hobi yang kita sukai. Misalnya membaca komik, nonton film, atau menggambar. Kitapun bisa mencoba kegiatan lain yang mungkin bisa menjadi hobi baru.

Baca juga:  Mengenal Bentuk Sambung Huruf Hijaiyah Alif s/d Ya dengan Metode Snowball Drilling

Kedua, buat kelompok belajar kecil. Kita bisa mengatasi rasa bjenuh dengan membuat kelompok belajar kecil bersama teman-teman. Meskipun berkomunikasi melalui daring dan bisa saling membantu, kelompok belajar ini juga bisa membangkitkan mood serta motivasi belajar, kita juga bisa menjaga kesehatan mental dengan berinteraksi/bersosialisasi bersama teman-teman.

Ketiga, memilih tempat belajar yang nyaman. Kita bisa mencari tempat nyaman dan mengganti suasana belajar di rumah untuk bisa mengatasi rasa jenuh selama belajar daring. Kita bisa memanfaatkan area teras dan balkon rumah untuk belajar. Jika lebih nyaman belajar di dalam kamar, kita bisa mendekor meja belajar yang ada dalam kamar agar bisa lebih semangat dalam belajar.

Baca juga:  Aktifkan Pembelajaran Tematik melalui Model Ceramah-Praktik

Keempat, menggunakan metode belajar yang sesuai. Kita bisa menggunakan metode belajar seperti melihat dan mendengarkan rekaman video, membaca buku, dan juga mendengarkan rekaman suara/voice note. Beberapa anak lebih senang belajar dengan mencatat kembali, melibatkan visual baik dengan gambar, gerakan, ataupun suara. Metode ini dapat membuat kita lebih mudah memahami materi dan juga terhindar dari kejenuhan.

Kelima, berdoa dan ucapkan terima kasih pada diri sendiri. Di balik kesibukan kita disaat belajar daring pada masa pandemi, jangan lupa mengucap syukur pada Sang Pencipta atas nikmat yang kita terima. Jangan lupa juga ucapkan terimakasih pada diri kamu sendiri. Berilah reward yang setimpal untuk dirimu atas kuatnya fisik, hati, dan pikiranmu selama pandemi yang belum kunjung usai.

Baca juga:  Strategi Menumbuhkan Potensi Olahraga di Masa Pandemi bagi Siswa SD

Itulah beberapa tips agar tidak jenuh menghadapi pembelajaran secara daring di masa pandemi ini. Semoga pandemi ini segera berakhir, dan rindu kita segera terobati dengan dipertemukan dalam pembelajaran tatap muka. (ra1/ton)

Guru Kelas SD Negeri 02 Donowangun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan.

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya