alexametrics

Pembelajaran Tematik Asyik dan Menyenangkan melalui WhatsApp Forum

Oleh : Qurratul Aini, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Peraturan physical distancing pada masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) telah mengubah hampir semua aspek kehidupan baik aspek kesehatan, sosial, ekonomi, maupun dunia pendidikan.

Perubahan dunia pendidikan yaitu proses belajar yang semula bertatap muka menjadi proses belajar jarak jauh melalui online.

Pembelajaran jarak jauh memaksa pendidik dan peserta didik menggunakan perangkat untuk mendukung pendidikan secara virtual. Banyak media daring yang bisa digunakan saat ini baik melalui WhatsApp, Goggle Classroom, Email, Telegram, Google Form, Zoom, Skype dll.

Semua media daring memiliki kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya. Maka pemilihan media yang sesuai dengan peruntukannya, menarik perhatian peserta didik. Bahkan kolaborasi penggunaan media daring menjadi sangat penting bagi proses pembelajaran agar berjalan optimal.

Belajar di masa pandemi Covid-19 di kelas VI SD Negeri 2 Kadilangu Kecamatan Kangkung tetap dilaksanakan dengan baik walaupun dengan pembelajaran secara daring dengan memperhatikan lingkungan belajar siswa.

Baca juga:  Mengidentifikasi Kehidupan Sosial Budaya dengan Snowball Throwing

Tidak terlepas dari peran teknologi dan komunikasi dalam pembelajaran di masa Covid-19 ini memberikan dampak kontribusi yang baik bagi pengembangan metode pembelajaran lewat aplikasi Zoom dan WhatsApp grup kelas enam SD Negeri 2 Kadilangu.
Pembelajaran melalui WhatsApp (WA) merupakan aplikasi favorit.

Sudah sangat familiar penggunaannya di kalangan masyarakat. Karena WA menyajikan beberapa fitur yang menarik serta mudah pengoperasiannya. Sedangkan pembelajaran virtual menggunakan aplikasi Zoom.

Jenjang sekolah dasar merupakan tantangan tersendiri bagi pendidik yakni bagi kesiapan media pendidik serta peserta didik dalam mengikuti pembelajaran online tersebut. Berbeda dengan di pusat perkotaan, gawai yang memadai serta kecepatan jaringan internet yang stabil merupakan permasalahan tersendiri yang dialami peserta didik di daerah.

Baca juga:  Modifikasi Permainan Bola Kasti Lebih Menarik dan Menyenangkan

Ketika pembelajaran online atau daring dimulai kita harus menyampaikan materi dan penugasan kepada peserta didik guru melakukan berbagai cara untuk memberikan materi berupa ringkasan-ringkasan materi kepada peserta didik berupa foto dan video untuk dipelajari dan dipahami. Jika ada materi yang kurang jelas maka bisa ditunjukkan melalui WA grup kelas. WA grup kelas juga dapat sebagai media daring dalam penugasan serta latihan soal.

Banyak aplikasi telekonferensi yang beredar di masyarakat misalnya yang familiar adalah Zoom, Google Meet, Skype, serta WhatsApp. Pembelajaran virtual di SD Negeri 2 Kadilangu dengan menggunakan aplikasi Zoom yang mana host (pendidik) dapat mempresentasikan media pembelajaran pada aplikasi tersebut.

Pada awal pembelajaran daring pemerintah memberikan subsidi pada jalur pendidikan dengan wujud kuota belajar kepada semua peserta didik yang dapat mengakses beberapa aplikasi virtual pembelajaran. Namun setelah program subsidi itu usai, orang tua peserta didik SD Negeri 2 Kadilangu mulai mengeluhkan penggunaan kuota internet yang terkuras tak sedikit demi berlangsungnya pembelajaran daring sedangkan harga kuota internet semakin mahal.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Trial and Error

Untuk itu mengalihkan pembelajaran secara virtual dari aplikasi Zoom ke Aplikasi bawaan WhatsApp yakni WhatsApp Forum. Yang mana secara fungsi hampir sama dengan aplikasi virtual yang lain. Dengan menggunakan WhatsApp Forum memungkinkan melakukan panggilan video sampai 50 peserta. Penggunaan WhatsApp Forum juga tergolong hemat kuota internet. Jadi peserta didik tak harus mendownload aplikasi tambahan cukup menggunakan WhatsApp dengan fitur forum.

Alhasil sebagai guru kelas penulis menjadikan WhatsApp Forum sebagai media daring secara virtual untuk saat ini agar pembelajaran daring dapat optimal. (ips2/lis)

Guru SDN 2 Kadilangu, Kec. Kangkung, Kabupaten Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya