alexametrics

Mudah Membaca Huruf Jawa dengan Card Sort

Oleh: Ismuanah, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, MENGAJAR efektif adalah proses mengajar yang mampu menambah pengertian atau informasi baru bagi siswa, seperti siswa yang belum bisa membaca dan menulis huruf jawa setelah diajar oleh guru kemudian siswa dapat membaca dan menulis huruf jawa.

Untuk menciptakan pembelajaran yang efektif diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Menurut Dick dan Carey (1990) strategi pembelajaran adalah seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja melainkan termasuk juga pengaturan, materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Kozna (1989) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran diartikan sebagai setiap kegiatan yang dipilih yaitu yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada peserta didik menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Bangun Datar Menggunakan Kertas Lipat Warna

Untuk dapat menciptakan pembelajaran yang efektif guru dituntut untuk mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan kebijakan pendidikan yang ada.

Permasalahan pembelajaran Bahasa Jawa pada kompetensi dasar membaca huruf jawa dikelas IV SDN 02 Werdi, Paninggaran Pekalongan adalah kurangnya kemampuan siswa dalam menghafalkan huruf jawa. Siswa juga merasa jenuh dan bosan mengikuti pembelajaran yang monoton dengan metode ceramah.

Ada beberapa siswa yang bermain sendiri dan mengantuk pada saat pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan di atas, guru mencoba menggunakan metode pembelajaran Card Sort. Metode Card Short (Mensortir Kartu )adalah suatu strategi yang digunakan guru untuk mengajak siswa menemukan konsep dan fakta melalui klasifikasi materi yang dibahas dalam pembelajaran.

Baca juga:  Cara Asyik Belajar dari Rumah

Metode Cart Sort mempermudah peserta didik dalam mengingat dan menghafalkan huruf-huruf Jawa. Metode Cart Sort merupakan metode yang bersifat kerja sama, saling menolong, dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan melalui permainan kartu. Alat dan bahan yang digunakan dalam metode ini adalah kartu huruf-huruf jawa, plester, dan papan tulis.

Langkah-langkah penerapan metode Card Sort, pertama guru membagikan kartu yang berisi huruf jawa secara acak kepada siswa. Kedua, guru mengintruksikan siswa untuk menganalisa kartu yang diperoleh. Ketiga , guru meminta siswa untuk menyusun huruf jawa menjadi kata yang diminta, dengan cara menempelkan kartu-kartu di papan tulis.Keempat guru memeriksa hasil kerja siswa, kemudian guru dan siswa bersama-sama membaca hasil kerja dari masing-masing siswa.

Baca juga:  Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi dengan SAVI

Kelebihan metode Card Short adalah guru mudah menguasai kelas, mudah dilaksanakan, guru mudah mengorganisir kelas, dapat diikuti oleh kelas dengan jumlah siswa yang banyak, mempermudah guru menyampaikan materi, sehingga siswa mudah memahami materi yang diajarkan, siswa lebih antusias dalam pembelajaran dan sosialisasi antar siswa terbangun dengan baik.

Penggunaan metode Card Short pada pembelajaran membaca huruf jawa di kelas IV SDN 02 Werdi Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan, terbukti efektif dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dalam pembelajaran, serta mampu mengubah pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan, rasa jenuh dan bosan saat belajar berubah menjadi rasa antusias, menarik dan bermakna, hingga pada akhirnya hasil belajar siswapun sesuai dengan target yang diharapkan. (gb1/zal)

Guru SDN 02 Werdi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya