alexametrics

Belajar Virtual lebih Mudah dan Atraktif melalui Media Video

Oleh: Siti Inayah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 memberikan dampak pada banyak pihak, kondisi ini sudah merambah pada dunia pendidikan, pemerintah pusat sampai pada tingkat daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penularan Covid-19. Diharapakan dengan seluruh lembaga pendidikan tidak melaksanakan aktivitas seperti biasanya, hal ini dapat meminimalisir menyebarnya penyakit Covid-19 ini. Hal serupa juga sudah dilakukan oleh berbagai negara yang terpapar penyakit Covid-19 ini. Kebijakan lockdown atau karantina dilakukan sebagai upaya mengurangi interaksi banyak orang yang dapat memberi akses pada penyebaran virus corona.

Setiap permasalahan yang dihadapi dapat diselesaikan dengan menghadirkan beragam solusi dari para guru, sehingga pembelajaran di masa pandemi Covid-19 tetap berlangsung, yang penting anak tetap belajar dan terus belajar meskipun BDR. Sebab pelaksanaan BDR ini tidak mengejar ketuntasan kurikulum, tetapi menekankan pada kompetensi literasi dan numerasi.

Baca juga:  Kiat Meningkatkan Imun Tubuh Siswa dalam Pembelajaran PJOK di Masa Pandemi

Dalam penerapan pembelajaran daring, guru menggunakan berbagai perangkat teknologi di bidang pendidikan dan mampu memilih berbagai aplikasi yang sesuai kebutuhan dan karakteristik mata pelajaran, peserta didik, dan situasi lingkungan yang dihadapi peserta didik.

Untuk mengatasi problema peserta didik kelas 1 SDN 02 Mulyorejo dimasa pandemi, penulis menerapkan media Video. Video merupakan media elektronik yang mampu menggabungkan teknologi audio dan visual secara bersama sehingga menghasilkan suatu tayangan yang dinamis dan menarik. Yang tidak kalah populer sebagai media untuk belajar online adalah dengan menggunakan fasilitas tayangan video.

Dengan menggunakan media video, memungkinkan seorang guru bisa merekam dirinya dalam memberikan materi pelajaran kepada siswa-siswanya. Ini metode belajar daring yang sangat efektif karena siswa mendapatkan penjelasan yang lebih jelas dari guru melalui video. Kemudian guru dapat meminta para siswa, untuk mengerjakan soal-soal yang disampaikan di group WA atau latihan-latihan dari buku LKS. Selanjutnya, guru bisa meminta siswa untuk menyampaikan tugas dibantu oleh orang tua di rumah.

Baca juga:  Video Pembelajaran Tingkatkan Motivasi Belajar

Tahapan-tahapan cara menerapkan media video antara lain:Tahap Persiapan, Memeriksa kelengkapan peralatan misalnya alat gadget guru atau kuota supaya sinyal lancar, mempelajari isi program sekaligus menandai bagian-bagian yang perlu disajikan dalam kegiatan pembelajaran, memeriksa kesesuaian isi program video dengan judul yang tertera, meminta siswa agar mempersiapkan buku, alat tulis dan peralatan lain yang diperlukan.

Tahap Pelaksanaan yaitu : Langkah Pembukaan, salam kemudian kemukakan tujuan yang harus dicapai oleh siswa. Kemukakan tugas-tugas apa yang harus dilakukan siswa, misalnya siswa ditugaskan untuk mencatat hal-hal yang dianggap penting dalam penayangan video. Lalu video bisa dibuat oleh guru sendiri atau download dari video orang lain. Kemudian langsung dishare di group belajar online, yang biasanya ada di group WA.

Baca juga:  Belajar Alat Gerak dan Fungsinya Menarik dengan Media Gambar

Pemilihan media video memberikan manfaat yang besar di kelas 1 SDN 02 Mulyorejo. Dengan adanya media video, peserta didik akan lebih paham dengan materi yang disampaikan guru. Melalui tayangan sebuah film yang diputarkan memberikan pengalaman yang tak terduga kepada peserta didik. (ct2/zal)

Guru SDN 02 Mulyorejo, Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya