alexametrics

Belajar Efektif Peran Pelaku Ekonomi dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar

Oleh: Sri Rahmawati, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, disebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik dan peserta didik.

Berdasarkan surat edaran tersebut maka pembelajaran dilaksanakan secara daring(dalam jaringan) tidak secara tatap muka. Dalam hal ini pendidik harus mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran daring yang efektif agar materi yang diberikan mudah dipahami dan dikuasai peseta didik. Seorang pendidik harus mampu memilih metode dan sumber belajar yang sesuai dengan kondisi pandemi.

Ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara manusia dalam memenuhi kebutuhannya, salah satu diantaranya mempelajari tentang peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomin.

Baca juga:  Peran Budaya Salam sebagai Wujud Sikap Santun Siswa terhadap Guru

Materi peran pelaku ekonomi diajarkan pada semester satu kelas X SMA/MA. Pada silabus mata pelajaran ekonomi kompetensi dasar pengetahuan (KD 3.3) menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi dan kompetensi dasar ketrampilan (KD 4.3) menyajikan hasil analisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi.

Materi ini mempelajari tentang peran pelaku ekonomi terutama peran produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi di masyarakat.

Menurut undang undang Sistem pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan guru dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Di dalam pembelajaran seorang guru memberikan ilmu dan pengetahuan kepada siswa. Dari proses ini diharapkan siswa dapat memperoleh pengetahuan dan ditunjukkan dengan perubahan dalam diri siswa menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Menurut Sanjaya (2010: 228) Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada disekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar.

Baca juga:  Belajar Prinsip Ekonomi Islam dengan RP

Optimalisasi disini tidak hanya berupa hasil belajar namun ditinjau juga dari proses interaksi peserta didik dengan berbagai macam sumber yang dapat merangsang untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajarinya.

Kegiatan pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Ulujami, Pemalang memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai media dan sumber belajar. Kegiatan pembelajaran di masa pandemi dengan proses pembelajaran daring yang mengharuskan peserta didik untuk belajar di rumah dengan memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai media dan sumber belajar merupakan pilihan yang tepat.

Sebagian besar pserta didik merupakan penduduk di sekitar wilayah kecamatan Ulujami, dimana lingkungan mereka terdapat banyak industri rumahan seperti industri konveksi, tahu, tempe, kerupuk, ikan asin, terasi, yang dapat dimanfaatkan sebagi sumber belajar siswa untuk lebih mengenal dan memahami produsen sebagai peran pelaku ekonomi, dari sini peserta didik dapat mempelajari konsep peran produsen dengan pengalaman melihat secara langsung.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Bangun Ruang dengan Media Rodabaru

Di sekitar wilayah Ulujami juga banyak berdiri mini market, pasar tradisional dan toko-toko sembako yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar peserta didik yaitu untuk memahami peran dari distributor atau pendistribusian dari barang/jasa yang diproduksi oleh produsen.

Dari pengalaman peserta didik sehari-hari mereka bisa mengamati masyarakat yang membeli barang/jasa di pasar ,mini market dan toko ,hal ini menjadi sumber belajar peserta didik untuk lebih memahami konsep peran dari konsumen dalam kegiatan ekonomi di masyarakat.

Pembelajaran ekonomi dengan memanfaatkan lingkungan masyarakat dapat memotivasi belajar peserta didik dan memberikan banyak manfaat yang dirasakan diantaranya peserta didik lebih megenal lingkungannya, lebih memahami peran peran produsen dan peran konsumen dari pengalaman belajar secara langsung, sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. (rs2/zal)

Guru SMAN 1 Ulujami, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya