alexametrics

Aplikasi Quizziz dalam Pembelajaran Daring Bahasa Jepang Materi Huruf Hiragana

Oleh : Siti Rokhana, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kemampuan berbahasa merupakan salah satu kemampuan yang sangat vital dalam melakukan interaksi sosial dengan individu lain.

Bahasa juga memungkinkan individu lainnya untuk saling menyatakan perasaan, pikiran atau maksud masing-masing. Pada prinsipnya tujuan pengajaran bahasa di sekolah agar para siswa terampil berbahasa.

Yaitu terampil menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Di samping bahasa, penguasaan dan pemanfaatan teknologi berbasis internet hal yang tidak bisa dihindari dalam kegiatan pembelajaran.

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang cukup sulit untuk dipelajari. Untuk mempelajari huruf diperlukan waktu yang cukup lama mengingat ada empat jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang, yaitu romaji (huruf latin), hiragana, katakana, dan kanji.

Huruf hiragana merupakan huruf yang terbentuk dari coretan-coretan yang melengkung. Pada mulanya, huruf hiragana digunakan oleh wanita sehingga huruf hiragana disebut onnade (Ishida dalam Sudjianto, 2003).

Huruf hiragana mempunyai peranan yang sangat penting, yang tidak dapat diabaikan dalam mempelajari bahasa Jepang. Meskipun jumlah huruf hiragana tidak sebanyak huruf kanji, banyak pembelajar pemula mengalami kesulitan saat mempelajarinya.

Baca juga:  Metode Pembelajaran “Dibali Makan Duri Dilagukan”

Kesulitan yang dialami para pembelajar biasanya berupa kesulitan membaca atau mengucapkan huruf. Kesulitan menulis huruf dengan urutan yang benar. Kesulitan mengingat bentuk huruf dan membedakan bentuk huruf yang mirip seperti huruf あ(A) dan お(O), lalu わ(WA), ね(NE) dan れ(RE), ぬ(NU) dan め(ME), は(HA) danほ(HO), た(TA) dan な(NA), さ(SA) dan き(KI), る(RU) dan ろ(RO).

Selama ini pembelajaran huruf hiragana di kelas X bahasa SMA Negeri 3 Cilacap dilakukan dengan guru menjelaskan cara baca dan menulis huruf hiragana menggunakan video pembelajaran. Kemudian siswa berlatih menulis di buku masing-masing.

Setelah itu, guru memberi tugas kepada siswa untuk menulis kata apa saja menggunakan huruf hiragana yang sudah dipelajari. Untuk mengetahui seberapa jauh siswa bisa menerima pembelajaran dengan evaluasi.

Salah satu evaluasinya dengan game edukasi dalam bentuk soal latihan. Aplikasi atau media platform yang dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai sebuah kuis interaktif bagi siswa adalah quizizz.

Baca juga:  Optimalkan Pembelajaran Prosesi Upacara Adat Jawa dengan Metode Demonstrasi

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif yang dibuat memiliki hingga 4 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar dan dapat ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.

Quizizz dapat memberikan data dan statistik tentang hasil kinerja siswa secara langsung. Quizizz tidak hanya dapat dikerjakan saat pembelajaran di kelas, tetapi juga dapat dibuat soal untuk pekerjaan rumah (PR). Sehingga dapat dimainkan kapan saja dan di mana saja oleh siswa asalkan tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan.

Dengan quizizz ini, siswa akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat. Kecepatan akan ada skor sendiri. Selain itu akan ada persaingan, karena quizizz langsung membuat ranking yang bersifat live antarpeserta quizizz.

Baca juga:  Analisis Dinamika Kependudukan Meningkat dengan PBL

Menyenangkan karena akan ada musik. Juga meme yang lucu serta menyemangati. Kelebihan quizizz bagi siswa adalah tidak dapat mencontek sesama teman, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lain telah diacak.

Soal bisa dibuat dengan ketentuan waktu tertentu yang membuat siswa tidak punya kesempatan bertanya kepada orang sekitar atau melihat buku catatan. Setelah mengerjakan kuis, siswa dapat mengetahui ranking. Tidak hanya itu, siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul. Kita juga bisa menayangkan secara live dengan siswa setiap pertanyaan dan membahas secara bersama-sama.

Kegiatan ini akan menciptakan suasana yang menyenangkan seperti di kelas walaupun tidak bertatap muka langsung. Dengan quizizz, siswa lebih terpacu menghafal huruf hiragana sehingga mendapatkan nilai yang bagus pada setiap evaluasi yang dilakukan. (pm1/lis)

Guru Bahasa dan Sastra Jepang SMAN 3 Cilacap

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya