alexametrics

Google Sites Alternatif Media Pembelajaran yang Menarik

Oleh : Novianingsih, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Dunia digemparkan dengan kemunculan virus yang bermula di Wuhan, China yang sering kita sebut virus corona atau covid-19. Hal tersebut sangat berdampak di berbagai sektor kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu sektor pendidikan.

Pendidikan di Indonesia tidak terhenti karena virus ini. Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim memutuskan agar kegiatan belajar mengajar dialihkan dari yang semula tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan), tentunya dengan melewati berbagai pertimbangan matang dengan semua pihak.

Guru sebagai tenaga pendidik harus pandai mencari celah agar pembelajaran menjadi menarik dan tidak monoton. Kebutuhan akan website dirasa sangat penting bagi seorang guru, karena website bisa menjadi media guru untuk mengajar dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Baca juga:  Belajar Letak Geografis Mudah dengan Metode Jigsaw

Ada beberapa platform yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk menunjang pembelajaran daring antara Lain Google Classroom, Quizizz, Google Sites, Google Meet, Zoom dan Google Form. Dengan memanfaatkan platform tersebut pembelajaran daring bisa dilaksanakan lebih efektif.

Di masa pandemi ini pemerintah memfasilitasi guru dengan menyediakan akun belajar.id yang kapasitasnya unlimited. Guru dapat memanfaatkan akun ini salah satunya untuk membuat portal pembelajaran menggunakan Google Sites.

Google Sites adalah produk yang dibuat oleh google sebagai alat untuk membuat situs. Google Sites sangat mudah digunakan terutama untuk menunjang pembelajaran dengan memaksimalkan fitur-fitur seperti Google Docs, Google Sheet, Google Forms, Google Calender, dan lain sebagainya.

Google Sites bisa kita pilih untuk membuat situs pribadi ataupun komunitas tanpa mengeluarkan biaya. Dengan menggunakan Google Sites sebagai media pembelajaran, guru bisa memasukkan materi pembelajaran berbentuk teks, visual hingga video pembelajaran. Semua itu bisa kita masukkan ke dalam Google Sites dan dipublikasikan ke siswa.

Baca juga:  Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Ekonomi

Selain itu guru juga bisa menyimpan dokumentasi semua kegiatan di kelas atau sekolah ke dalam Google Sites, dengan ruang yang hampir tak terbatas sehingga bisa menyimpan banyak dokumentasi sekolah.

Dengan adanya Google Sites maka materi pembelajaran akan diunggah ke dalam Google Sites sehingga siswa ataupun guru tidak perlu menggunakan flashdisk yang bisa menyebabkan banyaknya virus yang masuk ke dalam komputer.

Siswa tinggal mengunjungi google Sites guru, kemudian mengunduh materi pembelajaran kapan saja dan di mana saja. Tidak perlu khawatir materi akan hilang. Materi yang telah diunggah ke dalam Google Sites akan tetap berada di Google Sites dan tidak akan terpengaruh dengan gangguan virus atau yang lainnya.

Baca juga:  Memahami Makna Sila-Sila Pancasila Menggunakan Problem Based Learning

Seiring perkembangan zaman dan selaras dengan perkembangan teknologi yang telah perkembang pesat, fasilitas pembelajaran yang efektif akan menunjang kualitas pembelajaran jarak jauh. Dengan menyiapkan situs website seperti Google Sites akan memudahkan proses pembelajaran dengan segala fitur-fitur yang ditawarkan sehingga guru dapat menyampaikan pesan pembelajaran secara efektif. Keunggulan Google Sites dapat menjadi sarana bagi guru dan siswa dalam sharing knowledge (berbagi pengetahuan) dan informasi dalam bentuk dokumentasi yang menarik. (ss2/ton)

Guru SD Negeri Gendongan 01 Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya