alexametrics

Penggunaan Media E-Book Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh

Oleh : Triyono, S.Pd SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Standar kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak dapat disamakan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka. Target kurikulum selama pandemi Covid-19 juga berbeda dengan kegiatan belajar dalam kondisi normal. Begitulah yang dipaparkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud, 2020).

Direktur Sekolah Dasar Sri Wahyuningsih (2020) mengatakan, “Memang kita tidak bisa menuntut kualitas terhadap target kurikulum di masa pandemi Covid-19. Karena yang menjadi tujuan utama yaitu menjaga keselamatan dan kesehatan siswa, keluarga dan guru sehingga membuat kualitas pendidikan bukan tidak mungkin akan mengalami penurunan”.

Sama halnya yang terjadi di SD Negeri Ngablak 5, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Akibat wabah Covid-19 mengharuskan siswa untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau online learning sehingga menjadi tentangan baru bagi pendidik sekaligus siswa untuk beradaptasi.

Membiasakan kegiatan pembelajaran yang baru. Yaitu kegiatan pembelajaran yang biasa dilaksanakan tatap muka dalam kelas mulai dibatasi penyelengaraannya dengan tujuan untuk membatasi kerumunan. Sehingga sebisa mungkin dapat memutus penularan virus korona.

Baca juga:  Menumbuhkan Minat Membaca Siswa

Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran daring dari rumah masing-masing ternyata banyak sekali problem yang muncul di SD Negeri Ngablak 5, tahun ajaran 2021/2022.

Berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa problem yang muncul. Di antaranya pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan smartphone sebagai alat belajar yaitu keterbatasan sinyal dan internet.

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan dalam materi pembelajaran online. Sehingga penulis melakukan penelitian tindakan kelas guna meningkatkan kegiatan pembelajaran yang efektif agar pemahaman materi siswa dapat dicapai secara optimal. Dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa walaupun kegiatan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dan terbatas.

Dalam melakukan penelitian tindakan kelas di SDN Ngablak 5, guna meningkatkan kegiatan pembelajaran yang efektif yaitu dengan menggunakan media e-Book. E-Book merupakan sebuah buku elektronik yang bisa dibaca pada sebuah alat. Seperti komputer, ponsel dan alat elektronik lain yang support untuk membuka dokumen e-book (Danang, 2009).

Baca juga:  Pembelajaran Lompat Jauh Efektif dengan Bermain Lompat Kardus

Tidak jauh berbeda dengan pendapat Putu Laxman Pendit (2021) yang mengartikan bahwa e-book merupakan buku cetak yang diubah ke dalam bentuk elektronik sehingga dapat dibaca pada layar monitor.

E-book dikemas dalam bentuk digital akan tetapi tetap mempunyai hak kekayaan intelektual sehingga ada undang-undang yang melindungi setiap karya e-book. E-book atau electronic book menyajikan informasi berupa teks, gambar bahkan video, audio maupun bentuk multimedia lain yang dapat dibuka melalui komputer ataupun smartphone.

Jika memahami e-book secara mendalam, fungsinya sangat bermanfaat bagi siswa di SDN Ngablak 5. Apalagi pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Berdasarkan penelitian, fungsi lain yang dirasakan di antaranya sebagai sarana pembelajaran. Hal ini tampak dari aktivitas guru yang menggunakan e-book dalam setiap kegiatan pembelajaran jarak jauh.

Baca juga:  Kuasai Lompat Tali Memudahkan Lompat Jauh

Bahkan ada guru yang mulai menulis buku-buku pendidikan; sebagai media informasi, cukup dengan mengirimkan e-book melalui grup WA. E-book dapat dibuka sebagai media informasi siswa.

Selain hal tersebut e-book juga mempunyai berbagai kelebihan di antaranya yaitu menyederhanakan dalam pembuatan buku sehingga pendidik lebih menghemat waktu dalam mencetak. Penyebaran e-book lebih cepat karena hanya mengandalkan teknologi melalui jaringan internet.

E-book sudah tersampaikan ke siswa, dan jika file e-book terhapus siswa dapat mengaksesnya kembali. Sehingga sangat praktis dan siswa dapat membaca buku di mana saja kapan saja dengan satu sentuhan. Sehingga pengunaan e-book ini sangat mendukung dalam pembelajaran jarak jauh. (pm1/lis)

Guru SDN Ngablak 5, Kec. Ngablak, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya