alexametrics

Menjaga Profesionalitas Guru RA dan MI Selama Pandemi Covid-19

Oleh: Drs. H. Daryanto, M.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DI masa pandemi Covid-19 melanda bumi ini sejak bulan Maret 2020, proses pembelajaran di sekolah/madrasah mengalami perubahan mendasar.

Yaitu dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh, pembelajaran dari rumah dan juga pembelajaran campuran antara daring dengan luring.

Guru adalah pahlawan, karena jasa-jasanya tidak dapat ditukar dengan uang, juga dengan batangan emas dan logam Sesungguhnya keikhlasan,ketabahan dan keuletan adalah bekal paling mendasar bagi seorang guru dalam menjalankan tugasnya.

Selain modal dasar ini guru harus professional.

Guru professional adalah guru yang memiliki kinerja tinggi dalam menjalankan amanah keguruannya,memiliki kreatifitas tinggi yang selalu memikirkan bagaimana peserta didiknya dapat berkarakter dan menguasai ilmu pengetahuan dengan cara siswa dan bukan dengan cara gurunya.

Menurut David H Master (1998:56) mengatakan bahwa orang orang professional adalah orang –orang yang diandalkan dan dipercaya karena mereka ahli,terampil,punya ilmu pengetahuan,bertanggung jawab ,tekun, penuh disiplin dan serius dalam menjalankan tugas pekerjaannya (http://repository.uin-suska.ac)

Baca juga:  Peran Pengawas dalam Evaluasi Belajar Siswa MI di Masa Pandemi

Dalam konteks profesionalitas inilah posisi pengawas sangat dibutuhkan.Pengawas yang berkualitas harus mampu memberikan fungsi kepengawasan dan bimbingan yang professional dan proporsional kepada guru terlebih dimasa pemberlakuan darurat Covid-19 ini dalam melaksanakan pembelajaran yang lebih baik walaupun dalam suasana keterbatasan.

Proses pengawasan di RA,MI kecamatan Suruh harus menomorsatukan bagaimana madrasah,kepala dan guru serta siswa dalam menjaga kesehatan sehingga tidak terkonfirmasi covid 19 dengan selalu melaksanakan prokes 5 M+1D, namun pembelajaran yang bermutu harus juga dilaksanakan.

Oleh karena itu ada beberapa usaha pengawas yang bisa di lakukan dalam membangun kualiatas dan kompetensi guru di masa pandemi ini .

Pertama, pengawas harus mampu menanamkan sebuah pemahaman kepada guru bahwa dalam mengajar ia tidak boleh memiliki rasa cepat puas dengan keadaan yang telah diperoleh terutama dalam bidang mengajar dan harus selalu mencari inovasi.

Baca juga:  “Examples Non Examples” Tingkatkan Motivasi Belajar Materi Pengawetan HMT

Kedua, pengawas harus memberi pengertian kepada guru bahwa anak didik adalah pribadi yang unik,yang satu sama lainnya memiliki kekuatan dan kecerdasan masing masing serta punya gaya belajar yang berbeda pula.

Ketiga, memberikan pengertian tentang pentingnya sikap keterbukaan dan fleksibelitas ,dimana guru dituntut untuk menjadi pribadi yang fleksibel,dan terbuka. Fleksibel menghadapi situasi yang selalu maju dalam dunia pendidikan termasuk penguasaan IT adalah keniscayaan sehingga guru tidak jumud.Terbuka dalam menentukan suatu kebenaran.Harus disadarai kadang siswa lebih paham dibandingkan dengan guru.

Keempat, pengawas dimasa pandemi ini harus bisa membangun budaya kerja sama dan komunikasi antar guru kelas dalam forum KKG dan juga mengefektifan wadah tersebut secara optimal. Terutama dalam membuat rencana pembelajaran dan administrasi lainnya dimana di masa pandemi ini banyak sekali perubahan dan penyesuaian. Karena dalam wadah inilah beban guru akan menjadi ringan dan juga saling take and give pengetahuan dan pengalaman. Sehingga profesionalitas guru tetap terjaga bahkan selalu bertambah dan up to date

Baca juga:  Ikatan Cinta H2O

Kelima, pengawas selalu memberikan pengertian dan pengetahuan serta keyakinan kepada guru bahwa menjadi guru adalah ibadah dan ibadah akan berbuah pahala manakala dilaksakan dengan ikhlas.

Dengan lima hal di atas hubungan harmonis antara pengawas dan guru akan terjalin, proses pengawasan terhadap guru akan berjalan optimal,kualitas dan kompetensi guru RA, MI kecamatan Suruh terbangun dan terjaga dan lebih jauh lagi harapan untuk memajukan dunia pendidikan walau dimasa pandemi ini selalu menemukan solusi. (unw1/zal)

Pengawas RA,MI Kemenag, Kab. Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya