alexametrics

Pengembangan E-Learning GCR Tingkatkan Hasil Belajar IPS

Oleh : Yanti Agustina, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,PEMBELAJARAN di sekolah sekarang yang kita ketahui tertunda atau tidak bisa dilaksanakan secara semestinya dikarenakan wabah yang membahayakan. Oleh karena itu, sebagian sekolah memutuskan untuk melangsungkan pembelajaran sekolah yang biasanya berlangsung dengan tatap muka diganti dengan sekolah virtual atau biasa disebut dengan sekolah online.

Meski begitu, hal ini menjadikan pro dan kontra di sebagian masyarakat luas. Salah satu cara guru untuk berkomunikasi memberikan tugas maupun menyampaikan materi kepada siswa ialah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu teknologi pendidikan yang biasa digunakan ialah google classroom yang lebih mudah diakses di kalangan civitas sekolah menengah pertama (SMP).

Usia mereka tidak kaget dengan yang namanya teknologi pendidikan. Tentunya, hal ini lebih memudahkan para siswa mengakses media tersebut. Apalagi google classroom tersedia di playstore di berbagai perangkat lunak terutama handphone. Hal inilah yang membuat penulis penasaran akan seberapa efektifnya penggunaan google classroom bagi peserta didik di SMPN 15 Surakarta. Terutama pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Baca juga:  Menganalisa Unsur Intrinsik Drama dengan Media Film Pendek

Google classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terciptanya ruang kelas di dunia maya. Selain itu, google classroom bisa menjadi sarana distribusi tugas, bahkan menilai tugas-tugas yang dikumpulkan (Herman dalam Hammi, 2017). Dengan demikian, aplikasi ini dapat membantu memudahkan guru dan siswa dalam pelaksanaan proses belajar dengan lebih mendalam.

Penulis mengatakan bahwa media e-learning berbasis google classroom merupakan solusi atas beberapa permasalahan pembelajaran yang ada di SMPN 15 Surakarta. Yaitu masih terpusat pada guru dan masih cenderung monoton yang menyebabkan kurang antusiasnya siswa dan terbatasnya waktu.

Namun dengan menggunakan media google classroom ini, memberikan sistem pembelajaran yang menarik dan efektif karena media pembelajaran ini dapat menyampaikan informasi maupun materi pembelajaran sehingga siswa dapat belajar dan mengakses ketika mereka di luar sekolah. Bahkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Baca juga:  BEBAS Dapat Menambah Pengetahuan Siswa saat PJJ

Penggunaan media google classroom ini sangat mudah dilakukan oleh siapapun dan dapat diakses melalui smartphone ataupun komputer dengan cara sebagai berikut, 1) sign up google classroom bagi peserta didik dengan mengetikkan http://www.google.classroom.com.

2) Pembuatan akun google classroom untuk pengguna baru dilakukan dengan memlih tanda + dan mengklik “Gabung ke Kelas” dengan memasukan kode kelas atau grup yang diperoleh dari guru berupa kode yang terdiri atas 7 digit lalu mengklik “Gabung”.

3) Siswa dapat berdiskusi, share artikel, video, jurnal untuk didiskusikan pada forum google classroom.

4) Siswa dapat mengakses atau menggunakan fitur yang ada di google classroom seperti mengakses video pembelajaran, serta presentasi dan media digital lainnya yang tersedia pada google kelas. 5) Mengakses latihan soal kuis ataupun tugas lainnya yang diberikan oleh guru akan secara otomatis diberikan nilai. Nah, mudah bukan untuk cara pembelajarannya. Semoga bisa bermanfaat untuk semua guru dan siswa dalam belajar melalui daring. (rs1/ida)

Baca juga:  Belajar IPS lebih Menyenangkan Menggunakan Couple Card

Guru SMPN 15 Surakarta

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya