alexametrics

Kerja Sama Lebih Indah dengan YouTube

Oleh : Isriadi Wijiastuti, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya. Untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Namun pelajaran PPKn sering tidak disukai dan disepelekan peserta didik. Pembelajaran akan hidup ketika peserta didik berperan aktif. Keaktifan tersebut membuat peseta didik percaya diri, bisa bersikap sosial dan menumbuhkan rasa tanggung jawab.

Sekolah merupakan sarana penting bagi peserta didik untuk belajar bersosialisasi. Interaksi yang terjadi menjadi tempat bagi peserta didik untuk belajar bernegosiasi, kompromi, dan bekerja sama.

Kemampuan sosial emosional dapat ditunjukkan dengan kemampuan seperti saling berbagi informasi menyelesaikan masalah menemukan pembelajaran. Kemampuan sosial emosional ini akan terstimulasi dengan baik dalam berbagai kegiatan di lembaga pendidikan sekolah.

Untuk mengurangi kejenuhan siswa maka seorang guru hendaknya mampu merancang pembelajaran di kelas secara kreatif dan inovatif. Prestasi seorang peserta didik dalam proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh guru yang baik atau kurikulum yang mantap saja namun juga ditentukan oleh model pembelajaran yang digunakan guru.

Baca juga:  Alat Peraga Miniatur Pompa Hidrolik Babe Tingkatkan Kreativitas Siswa

Permasalahan ini membuat penulis memanfaatkan YouTube sebagai media pembelajaran untuk memudahkan pembelajaran dan memovitasi daya tarik siswa dalam belajar. Penulis percaya bahwa YouTube sangat efektif dalam penyampaian materi Kerja Sama dalam Berbagai Bidang Kehidupan di kelas VII SMP Negeri 40 Semarang.

Pada pembelajaran ini memuat tujuan pembelajaran bahwa melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan YouTube dengan metode diskusi dan literasi, peserta didik mampu mendeskripsikan kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan dengan baik. Serta dapat mengetahui wujud kerja sama yang ada di dalam masyarakat sekitar tempat tinggal peserta didik. YouTube ialah sebuah basis data berisi konten video yang popular di media sosial serta penyedia beragam informasi yang sangat membantu (Sianipar, 2013).

Baca juga:  Bercerita dapat Tanamkan Karakter Menghargai Keberagaman dalam Pembelajaran PPKn

Media pembelajaran adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan agar tercapai tujuan pembelajaran (Syaful Bahri Djamarah dan Azwan Zain 2010:121).

Langkah-langkah pembelajaran materi Kerja Sama dalam Berbagai Bidang Kehidupan dengan media YouTube sebagai berikut: pertama, guru melakukan pembukaan kelas dengan ucapan salam, berdoa, menanyakan kabar. Lalu mengecek kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

Kemudian, guru menyampaikan garis besar materi pembelajaran, skenario pembelajaran, dan aspek- aspek yang dinilai. Setelah itu, melakukan tanya jawab singkat mengenai materi yang akan dibahas. Selanjutnya, peserta didik diberi rangsangan melalui tayangan video yang dibuat oleh peserta didik yang berkaitan dengan materi tentang Kerja Sama dalam Berbagai Bidang.

Kemudian, peserta didik yang lain memberikan komentar tentang tayangan YouTube yang dibuat oleh temannya. Guru memberikan tanggapan dan ungkapan bangga bahwa peserta didik telah berhasil menerapkan perilaku kerja sama melalui tayangan YouTube yang dibuat oleh peserta didik.

Baca juga:  Menggali dan Meningkatkan Pengetahuan Siswa dengan Probing Promting

Guru meminta peserta didik menuliskan contoh kerja sama melaui tayangan YouTube yang dibuat oleh seluruh peserta didik. Kemudian, guru membuat kesimpulan pembelajaran tentang kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan. Pada langkah terakhir, peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran kerja sama dalam berbagai bidang kehidupan dengan YouTube.

Sebagai generasi kekinian yang lebih dekat dengan teknologi, kelebihan YouTube sebagai media pembelajaran adalah informatif. YouTube dapat memberikan informasi termasuk berbagai perkembangan ilmu dan teknologi yang terjadi saat ini, pembelajaran lebih menyenangkan dan mandiri. Dengan YouTube peserta didik lebih tertarik karena YouTube tidak asing lagi bagi kehidupan peserta didik yang keseharian mereka tidak terlepas dari gawai. (ips1/lis)

Guru SMP Negeri 40 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya