alexametrics

“Guru YouTuber” Solusi Pembelajaran Daring Ekonomi

Oleh: Diah Arumsasi, S.Pd.,M.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi belum berakhir. Waktu yang berlalu harus tetap dijalani dalam karya dan tanggung jawab dalam dunia pendidikan. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus tetap dilakukan untuk memberikan layanan pembelajaran kepada anak bangsa meski dalam banyak keterbatasan.

Di SMA Negeri 2 Mranggen, proses belajar jarak jauh menggunakan aplikasi Chamilo LMS (Learning Management System).

Mengajarkan ekonomi di pembelajaran offline sudah cukup berat karena tingkat kesulitan dari mata pelajaran itu sendiri. Sulitnya pelajaran ekonomi di kelas XII SMA karena menyangkut kompetensi dasar akuntansi terkait analisis, angka, hitungan dan tabel. Apalagi di masa online seperti ini, di mana tidak terjadi kontak langsung dan interaksi aktif antara guru dan siswa.

Menciptakan suasana belajar di sekolah dengan kondusif dan menyenangkan merupakan salah satu hal yang diidamkan baik oleh guru dan siswa. Video pembelajaran bisa dijadikan salah satu tips dan alternatif belajar yang lebih efektif dan menyenangkan, meskipun membuat video pembelajaran bukanlah hal yang mudah, apalagi tidak semua guru memiliki skill (keterampilan) dalam bidang ini.

Baca juga:  Empat Cara Agar Pembelajaran Daring Optimal

Diawali dari In House Training (IHT) yang dilakukan di sekolah penulis mengenai model PJJ, salah satunya mengenai beberapa media yang bisa dilakukan dengan menggunakan sistem rekam layar. Materi ekonomi akuntansi yang penulis buat menjadi video pembelajaran dengan teknik rekam layar.

Video pembelajaran yang sudah diunggah melalui YouTube Channel milik penulis antara lain, Sistem Informasi Akuntansi, Persamaan Dasar Akuntansi, Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa, Jurnal Umum, Buku Besar, Jurnal Penyesuaian, Neraca Saldo, Laporan Keuangan, Kertas Kerja 10 Kolom, Perusahan Dagang, dan beberapa lainnya.

Sebagai guru sekaligus YouTuber pemula rasanya bahagia ketika menerima ucapan terima kasih via WhatsApp bahwa penulis sudah membuatkan video pembelajaran. Membaca komentar di Channel YouTube penulis bahkan dari siswa lain sekolah yang merasakan manfaat dari video pembelajaran ini.

Baca juga:  Belajar Kelangkaan (Scarcity) dari Alam Sekitar

Siswa berpendapat ketika materi yang sulit dipelajari bisa diulang lagi atau dengan sistem Play and Pause (berhenti dan lanjut) ketika mengalami koneksi jaringan yang tidak terlalu baik ketika Zoom ataupun Google Meet. Google Meet atau Zoom untuk mendiskusikan dan memberikan penegasan atau tanya jawab untuk menyampaikan hal-hal yang masih kurang dimengerti.

Kendala yang penulis hadapi seperti menyiapkan dan menjelaskan materi tersebut terkadang harus diulang beberapa kali untuk membuat video pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Kendala lain berupa kendala teknis noisy (kebisingan) yang terjadi, misalnya suara dari luar yang mengganggu. Keterbatasan teknologi biasanya karena mikrofon atau speaker yang terkadang tidak support di laptop penulis. Hal ini dicari solusinya dengan mencari mikrofon yang support dengan laptop.

Baca juga:  Proyeksikan Ekonomi Naik Lima Persen

Setelah video terunggah ke Channel YouTube penulis, ini bisa di share link atau bagi tautan kepada siswa melalui Chamilo LMS yang dipakai di sekolah penulis. Dalam aplikasi ini salah satunya adanya icon untuk menyediakan link-link video pembelajaran yang bisa dilihat siswa.

Tidak ada aplikasi yang sempurna yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini perlu dievaluasi dan dicari solusi terbaik untuk tetap melaksanakan pembelajaran secara efektif dan efisien, termasuk membuat kombinasi terbaik dari tiap aplikasi untuk penyampaian materi belajar kepada para siswa. Tetap produktif di tengah pandemi. (unw1/aro)

Guru Mapel Ekonomi SMA Negeri 2 Mranggen, Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya