alexametrics

Belajar Berkolaborasi Tingkatkan Prestasi Nilai Matematika

Oleh : Sugeng Sutiyarso, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada pembelajaran peserta didik di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini pentingnya belajar berkolaborasi untuk peserta didik melalui media sosial.

Dengan adanya surat perintah pada sekolah untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sangatlah penting berkolaborasi pada peserta didik untuk materi pelajaran matematika. Agar dapat meningkatkan nilai prestasi peserta didik pada pelajaran matematika.

Matematika kebanyakan peserta didik menganggap materi yang sangat tidak disukai pada jurusan IPS di SMA Negeri 1 Baturetno.

Bagaimana dapat meningkatkan prestasi peserta didik di era pandemi seperti sekarang ini pada mata pelajaran matematika yang kurang dari KKM yang ditetapkan, 70.

Berdasarkan dari nilai rata-rata hasil ulangan umum bersama nilai siswa di bawah KKM, . Nilai yang didapat peserta didik 66 untuk kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Baturetno 2020/2021.

Mata pelajaran matematika selama ini selalu dianggap sulit bagi peserta didik jurusan IPS apalagi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) sehingga nilai yang diperoleh kurang dari KKM. Oleh karena itu guru memilih metode agar dapat meningkatkan nilai prestasi peserta didiknya. Dan penulis memilih dengan belajar berkolaborasi.

Baca juga:  Storyboard dan Animasi

Agar tidak terjadi kesalahan dalam penafsiran tentang istilah yang penulis gunakan maka perlu diberi pengertian sebagai berikut.

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto,2003:2).

Prestasi belajar peserta didik adalah penilaian pendidikan tentang perkembangan dan kemajuan siswa berkenaan dengan penguasaan bahan pelajaran yang disajikan kepada peserta didik. Kolaborasi adalah suatu bentuk interaksi, diskusi, kompromi, kerja sama yang berhubungan dengan individu, kolompok atau beberapa pihak lainnya, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

Dilansir dari Jastle, melalui kolaborasi, seseorang dapat memberikan feedback dan belajar satu sama lainnya dari pengalaman yang berbeda-beda (7 Februari 2021).

Baca juga:  Lebih Mudah Mengenal Sudut-Sudut dengan Jadut

Setelah mengikuti pembelajaran matematika melalui belajar berkolaborasi yang dicapai oleh individu maupun kelompok secara akademik terjadi perubahan yang lebih baik dalam diri individu. Ini ditunjukkan dari nilai untuk mencapai tujuan pendidikan.
Bahan pembelajaran matematika merupakan salah satu sumber belajar yang telah dikemas dalam berbagai bentuk. Misalnya media cetak, berupa buku diktat, buku modul dan lain-lain. Belajar berkolaborasi untuk penyampaian pada materi kompetensi dasar fungsi kelas X IPS semester genap di SMA.

Pembelajaran matematika pada bab fungsi untuk peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Batureno masih banyak yang kurang begitu paham. Misalnya saat diberikan materi fungsi melalui google clasroom (GC) , peserta didik kurang bisa memahami sehingga kesulitan dalam menyelesikan masalah tersebut.

Setelah diberikan ulangan harian bersama hanya 20 persen yang mencapai KKM yaitu 70. Ulangan harian yang pertama rata-rata peserta didik hanya mendapat nilai 66. Selanjtnya penulis mencoba dengan berkolaborasi pada pembelajaran tentang bab fungsi ternyata ada peningkatan yang signifikan.

Baca juga:  Pembelajaran TKRO Sistem Suspensi Menggunakan Model Kontekstual

Semula peserta didik nilai rata-rata hanya 66 mengalami peningkatan nilai menjadi 70 atau yang sudah mencapai KKM sebanyak 24 peserta didik, dan yang mencapai nilainya naik ,sebanyak 12 peserta didik.

Dengan demikian belajar berkolaborasi dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Pada awal pembelajaran bab fungsi semester genap kurang bersemangat, karena kesulitan setiap diberikan soal-soal, setelah paham akan pentingnya belajar berkolaborasi, peserta didik menyadari. Setiap diberikan penugasan berebut di depan untuk menilaikan tugas-tugasnya dengan tujuan meningkatkan prestasi.

Diharapkan peserta didik meningkat prestasinya, dapat memberikan motivasi untuk pembelajaran berkelanjutan. Berguna untuk individu dan bermanfaat untuk orang tua, agama, nusa bangsa dan negaranya. (ips1/lis)

Guru Matematika SMA Negeri 1 Baturetno

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya