alexametrics

Asyiknya Belajar Penyerbukan dengan Komik Digital

Oleh : Lasti Forida, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pada masa pandemi seperti sekarang ini, pelaksanaan pembelajaran memang sebagian besar dilaksanakan secara daring. Namun, hal tersebut seharusnya tidak mempengaruhi semangat kita sebagai guru untuk memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa.

Apalagi sekolah kami SDN Kradenan 01 Kota Pekalongan terpilih menjadi salah satu Sekolah Penggerak yang mengharuskan adanya digitalisasi sekolah. Sekolah kami pun menggunakan kurikulum baru di kelas I dan IV.

Tentunya kami para guru terus berinovasi membuat pembelajaran daring yang menarik dengan platform dan aplikasi pembelajaran yang ada agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik. Misalnya dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan menggunakan pembelajaran proyek.

Dalam pembelajaran proyek ini kita bisa membuat komik digital menggunakan aplikasi comic strip agar tugas terlihat lebih menarik. Sebagian besar siswa kelas IV SD Negeri Kradenan 01 memiliki ponsel pintar dan jaringan internet yang memadai serta sudah terbiasa untuk mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang ada pada ponsel pintar tersebut sehingga mempermudah pelaksanaan pembelajaran menggunakan aplikasi comic strip ini.

Baca juga:  Penerapan Model PjBL pada Materi Sifat – Sifat Cahaya

Comic strip adalah aplikasi pembuatan komik digital berbasis foto yang bisa diunduh melalui aplikasi playstore. Dengan comic strip siswa dapat membuat strip komik, stroyboard, dan meme yang dilengkapi dengan gelembung pikiran, efek pow,teks, balon bicara, dan judul.

Komik digital adalah bentuk penyajian informasi atau pesan dalam sebuah cerita bergambar dengan tokoh karakter tertentu (https//jendela.kemendikbud.go.id). Kita bisa menerapkan pembelajaran proyek menggunakan comic strip ini dalam Bab 1 Tumbuhan, Sumber Kehidupan Bumi dan Topik Perkembangbiakan Tumbuhan.

Salah satu pokok bahasannya adalah penyerbukan yang dibantu oleh serangga. Nah, pokok bahasan inilah yang akan kita gunakan dalam pembelajaran proyek ini.

Sebelum menyampaikan pembelajaran proyek menggunakan media comic strip pada siswa, tentunya guru harus memberikan penjelasan mengenai aplikasi comic strip dengan menjelaskan lewat grup WhatssApp kelas dan siswa diminta untuk melihat tutorial penggunaan comic strip di Youtube.

Baca juga:  GKV, Pendidikan Karakter di Masa Pandemi

Setelah itu, guru menjelaskan tentang tentang proses penyerbukan yang salah satunya dibantu oleh serangga misalnya kupu-kupu, kumbang, lebah, dan lain-lain yang disampaikan melalui google meet. Kemudian, guru meminta siswa untuk mengunduh gambar di internet tentang serangga yang mencari makan di bunga, serbuk sari yang menempel pada serangga, serbuk sari yang jatuh di kepala putik saat serangga mencari makan, dan bunga yang berubah menjadi buah setelah adanya proses penyerbukan. Setelah mendapatkan semua gambar tersebut, siswa diminta untuk membuat komik digital pada aplikasi comic strip.

Pembuatan komik digital ini akan mengasah kreativitas siswa. Setelah semua siswa selesai mengerjakan tugas sesuai waktu yang telah disepakati bersama, semua komik digital siswa dikirimkan ke grup WhatssApp kelas. Kemudian, siswa saling membaca komik karya teman yang lain dan setiap siswa bisa saling memberikan komentar atas karya komik siswa lain terkait konsep penyerbukan yang sudah mereka pelajari. Setelah itu guru memberikan penguatan dan refleksi dari hasil proyek yang telah dibuat siswa.

Baca juga:  Tingkatkan Motivasi Belajar Kimia melalui STEAM

Dengan penggunaan komik digital melalui aplikasi comic strip ini, pembelajaran daring akan lebih menarik dan siswa menjadi lebih memahami tentang penyerbukan yang dibantu oleh serangga karena siswa terlibat langsung dan berperan aktif dalam pembuatan proyek ini. (unw1/ton)

Guru Kelas IV SDN Kradenan 01 Kota Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya