alexametrics

Asyiknya Belajar Spreadsheet dengan Metode Teman Sebaya

Oleh : Siti Anisah S.E

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Spreadsheet atau program pengolah angka merupakan materi dari mata pelajaran produktif akuntansi di SMK bidang Bisnis dan Manajemen yang diajarkan pada semester 1 dan 2 kelas X. Dan akan diujikan di kelas XII sebagai uji kompetensi jurusan akuntansi.

Spreadsheet lebih populer dengan nama Microsoft excel yang mengizinkan penggunanya untuk mendefinisikan tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting,seperti atribut karakter, tampilan setiap sel dan perhitungan kembali terhadap sel-sel secara mudah dan cepat.

Microsoft Excel atau spreadsheet sering digunakan untuk membantu mengolah data berupa angka,membuat grafik, menganalisa data statistik dan menghitung data matematika atau akuntansi.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 menyatakan pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan guru dari sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Di dalam pembelajaran pendidikan memberikan ilmu kepada siswa dan siswa dapat mengerti petunjuk yang diberikan dan menunjukkan perubahan sikap. Sikap di sini adalah sikap dari yang belum bisa menjadi bisa.

Baca juga:  Belajar Peta dengan Aplikasi Google Maps

Di dalam spreadsheet siswa dapat mengerti jika dipraktikkan secara terus-menerus dengan panduan. Panduan di sini bermacam macam di antaranya adalah tutorial (pear teacing). Metode tutorial teman sebaya adalah metode yang tepat digunakan untuk menyampaikan atau memandu temannya tentang materi dan praktik supaya bersama bisa aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran tanpa merasa takut dan malu karena dipandu oleh teman sebayanya.

Siswa berpartisipasi aktif dalam memecahkan masalah bersama sama sehingga pemerataan pemahaman terhadap materi pembelajaran dapat tercapai.

Pear teaching atau tutor teman sebaya berarti siswa yang sudah mahir spreadsheet mengajar temannya, mahir dalam arti lebih pintar dan lebih dulu memahami pokok bahasan yang harus diselesaikan. Siswa tutor adalah siswa yang sudah diberikan tugas sebelumnya untuk mempraktikkan rumus rumus yang ada di spreadsheet yang nantinya akan digunakan untuk mengajarkan kepada temannya. Yaitu cara yang praktis dari penyelesaian suatu pekerjaan.

Baca juga:  Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kimia Asyik dengan Jamboard

Metode ini dapat diterapkan di mata pelajaran Spreadsheet di SMKN 1 Pemalang .di masa pandemi metode ini juga bisa digunakan. Langkah kegiatannya yaitu dimulai dari mengumpulkan enam anak yang pandai untuk diajari tentang aplikasi-aplikasi yang akan digunakan untuk menyelesaikan pembuatan laporan keuangan. Mulai membuat jurnal sampai dengan laporan keuangan. Kemudian masing-masing anak akan mengajari lima anak lainnya.

Berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan pada mata pelajaran Spreadsheet dalam satu kelas materi praktik tersampaikan ke 36 siswa (satu rombongan belajar) dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Microsoft excel yang menyenangkan. Inovatif dan dapat menambah kecerdasan siswa dalam mengolah rumus-rumus dalam penyelesaikan pekerjaan akuntansi. Diharapkan dapat digunakan sebagai bekal di dunia kerja. (rs1/lis)

Baca juga:  Membangun Kecakapan Ilmiah pada Materi Minyak Bumi melalui Literasi Sains

Guru produktif Akuntansi SMKN 1 Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya