alexametrics

Kartu Remi Kata Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Prosedur

Oleh: Tudjutami, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, ADA empat Ketrampilan berbahasa yang diajarkan dalam pelajaran bahasa Inggris yaitu: mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Banyak siswa mengaanggap keterampilan menulis adalah keterampilan yang paling sulit diantara keterampilan berbahasa yang lain. Banyak faktor yang menyebabkan ketrampilan menulis sulit diantaranya minimnya penguasaan kosakata dan tata bahasa, sulit mengungkapkan ide, proses belajar yang monoton dan kurang variatif. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang bersemangat dan tidak memperhatikan pelajaran yang diajarkan.

Maka dalam upaya peningkatan semangat peserta didik dalam pembelajaran, guru harus lebih kreatif agar siswa tidak merasa jenuh.. Diperlukan suatu metode pembelajaran yang sesuai dan penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi siswa agar lebih termotivasi dalam proses pembelajaran sehingga mencapai hasil yang diharapkan.

Dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Pegandon, ketrampilan menulis siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta didik yang kesulitan menyusun kata, memilih kata yang tepat dalam membuat kalimat sehingga mendapatkan nilai di bawah KKM 72.

Baca juga:  Cerdas Berbahasa Daring

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penulis menggunakan media pembelajaran yang mudah dan menarik yaitu Kartu Remi Kata (Kareta) atau yang dikenal dengan Flash card dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman Bahasa Inggris secara mudah khususnya pada ketrampilan menulis. Media pembelajaran ini sangat membantu siswa termotivasi sehingga mereka merasa senang dan tidak bosan.

Flash Card adalah media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang berukuran 25 X 30 cm. Gambar-gambar yang dibuat menggunakan tangan atau foto atau memanfaatkan gambar atau foto yang sudah ada yang ditempelkan pada lembar-lembar flash card. Gambar-gambar yang ada pada flash card merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan setiap gambar yang di cantumkan pada bagian belakang kartu (Susilana, dan Riyana, 2009: 94)

Baca juga:  Tumbuhkan Tanggung Jawab Siswa dengan Teknik Creative Imagery

Tahapan yang dilakukan penulis dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Kareta adalah sebagai berikut pertama, siapkan kartu di meja guru. Kedua, perwakilan kelompok mengambil satu set kartu untuk dimainkan bersama anggota kelompok. Ketiga, Anggota kelompok diskusi menentukan ide teks prosedur yang akan dibuat. Keempat, kartu diacak dan dibagikan ke anggota sampai habis. Setiap anggota mencari kata berkaitan dengan ide yang disepakati. Kelima mereka menyusun kartu kata yang dipilih menjadi sebuah teks prosedur sederhana, Kemudian setiap anggota mempresentasikan hasil bermain Kareta dengan menempelkannya di papan tulis. Teks yang benar yang jadi pemenangnya dan berhak mendapat reward.

Kareta (Flash card) mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya mudah dibawa dan disimpan, menyajikan pesan pendek yang mudah diingat, menyenangkan karena penyampaian materi dengan permainan dan kuis. Adapaun kekurangannya gambar benda yang kompleks kurang efektif uuntuk pembelajaran, dan ukurannya sangat terbatas untuk kelompok besar.

Baca juga:  Website sebagai Pusat Informasi di SMPN 2 Secang

Permainan Kareta ini membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaraan. Kartu ini sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk meningkatkan penguasaan kosa kata dan ketrampilan menulis dengan mudah dan menyenangkan. Dengan menggunakan Kareta ini siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil pembelajaran dapat meningkat. Demikian ulasan tetang Kareta tingkatkan ketrampilan menulis teks Prosedur, semoga bermanfaat untuk pembaca. (rs1/zal)

Guru SMPN 2 Pegandon, Kendal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya