alexametrics

Serunya Belajar Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia dengan Google Earth

Oleh : Novia Devi Yanuarista, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang besar bagi sistem pendidikan di dunia termasuk di Indonesia. Pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang. Hal ini pun berimbas pada rencana sekolah tatap muka yang kembali diundur.

Instruksi yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 Corona Viruse Desease (Covid-19) di wilayah Jawa Bali. Dalam instruksi tersebut terdapat poin khusus yang menyebutkan bahwa sektor pendidikan akan terus menjalankan pembelajaran secara daring.
“Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (sekolah, perguruan tinggi, akademi, tempat pendidikan/pelatihan dilakukan secara daring/online,“ demikian bunyi poin dari instruksi tersebut.

Pembelajaran daring memang pilihan yang tepat pada masa pandemi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Pembelajaran jarak jauh dapat menggunakan teknologi digital seperti google classroom, zoom, video conference, telepon dan lainnya. Namun tidak mudah melakukan pembelajaran daring seperti ini. Siswa sering merasa jenuh karena kondisi tidak senyata saat melakukan pembelajaran tatap muka langsung.

Baca juga:  Tingkatkan Kemampuan Membaca Text Report dengan Talking Stick

Seperti yang dialami siswa kelas V di SDN Soronalan 2, Kecamatan Sawangan. Kejenuhan ini berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun. Hal ini merupakan tantangan bagi guru untuk membuat siswa lebih termotivasi dan lebih tertarik dalam mempelajari materi. Salah satu alternatifnya adalah penggunaan media Google Earth untuk memudahkan siswa kelas V dalam memahami materi Kenampakan Alam dan Buatan di Wilayah Indonesia.

Google Earth merupakan salah satu fasilitas milik Google untuk melihat gambaran bumi secara 3D yang memungkinkan kita melihat suatu objek di permukaan bumi tidak hanya tampak atas melainkan dalam bentuk aslinya. Siswa dapat menggunakan Google Earth dengan cara pertama-tama membuka melalui web di laman https://www.google.com/earth/ atau mengunduh aplikasinya di Play Store. Kemudian siswa bisa klik “telusuri” untuk melihat gambaran dunia.

Baca juga:  Penilaian Harian IPS Menyenangkan dengan Microsoft Office 365

Sebelum memulai menggunakan Google Earth, guru membimbing siswa melalui tatap muka virtual. Guru menjelaskan tentang kenampakan alam dan buatan di Indonesia. Setelah itu guru membimbing siswa untuk membuka Google Earth. Selanjutnya, siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa yang nantinya akan digunakan guru untuk memasukkan nilai keterampilan.
Lembar Kerja Siswa yang dipersiapkan guru mendorong siswa untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai kenampakan alam dan buatan melakui Google Earth. Peran guru di sini hanya sebagai fasilitator saja, sedangkan pembelajaran lebih berpusat kepada keaktifan siswa.

Cleaf (1991) menyatakan bahwa inkuiri adalah salah satu strategi pengajaran yang digunakan dalam kelas yang berorientasi proses. Inkuiri merupakan sebuah strategi pengajaran yang berpusat pada siswa, mendorong siswa untuk menyelidiki masalah dan menemukan informasi.

Baca juga:  Belajar Mengenal Rosul Ulul Azmi dengan Permainan Berbalas Surat

Inkuiri menempatkkan guru sebagai fasilitator, siswa didorong untuk berpikir sendiri, menganalisis sendiri sehingga dapat menemukan prinsip umum berdasarkan bahan atau data yang telah disediakan guru. Model pembelajaran inkuiri ini sejalan dengan rencana guru untuk membuat siswa menemukan sendiri konsep-konsep dalam materi kenampakan alam dan buatan di Indonesia.

Setelah melaksanakan pembelajaran, guru mengetahui bahwa siswa tidak bosan, lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penggunaan media Google Earth dalam model pembelajaran inkuiri ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Soronalan 2 Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dalam materi Kenampakan Alam dan Buatan di Indonesia. (pm1/lis)

Guru SDN Soronalan 2, Kec. Sawangan, Kabupaten Magelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya