alexametrics

Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi

Oleh : Eni Kusrini S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DALAM masa pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini berdampak luar biasa pada dunia pendidikan pembelajaran yang semestinya dilakukan secara tatap muka. Namun, kini semua tidak bisa dilaksanakan dengan adanya kebijakan pemerintah untuk mengantisipasi penularan juga memutus rantai penyebarannya. Meski demikian, dengan adanya situasi ini, semua orang harus bangkit dengan menggunakan pendekatan yang mendukung pembelajaran agar tetap bisa berjalan sesuai kebutuhan siswa dengan menggunakan teknologi informasi secara daring (https;//id.teknologi.teknologi).

Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai di masa pandemi Covid-19 yaitu TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). TPACK merupakan kerangka kerja guru dalam mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran. Konsep TPACK muncul dalam teknologi pembelajaran didasarkan pada model Pedagogy Content Knowledge (PCK). Selain itu, siswa akan terlatih untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memberikan pendapatnya baik tulisan maupun lisan. Sintak dalam pendekatan TPACK yaitu observasi, menanya, eksperimen, pengolahan informasi, dan verifikasi.

Baca juga:  Mantapkan Belajar Proklamasi dengan Metode Outside Circle

Penerapan pendekatan pembelajaran TPACK penulis gunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan. Pembelajaran ini berfokus meningkatkan kemampuan siswa mendeskripsikan dan menulis teks eksplanasi.

Sebelum pembelajaran penulis berkoordinasi dengan orang tua siswa melalui grup whatsapp kelas untuk menjelaskan akan adanya pembelajaran daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting. Kemudian penulis juga memerintahkan siswa untuk mendowload aplikasi kemudian mengajari penggunaan aplikasi tersebut.

Pada tahap observasi, penulis membagikan LKPD dan bahan ajar dalam bentuk foto kopian sehari sebelum pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat dipelajari terlebih dahulu. Selanjutnya tahap menanya, penulis bertanya jawab tentang materi/bahan ajar yang sudah dibagikan. Sedangkan pada tahap eksperimen, siswa mengakses portal rumah belajar atau sumber belajar lain untuk mengumpulkan data untuk menjawab permasalahan.

Baca juga:  Ancaman Kesehatan bagi Siswa selama PJJ

Pada tahap pengolahan informasi, siswa mencoba untuk menjawab permasalahan yang ada dalam materi pembelajaran. Pada tahap verifikasi, penulis melihat masalah dan jawaban yang diberikan oleh siswa dan memberi masukan atas jawaban siswa. Pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan lancar dengan pemanfaatan teknologi mulai dari pemanfaatan zoom meeting sebagai media pembelajaran virtual, google form sebagai sarana presensi, penggunaan PPT dalam penyampaian materi dan adanya penambahan penggunaan video materi pembelajaran saat menjelaskan materi dan google form untuk evaluasi.

Dengan penerapan pendekatan pembelajaran TPACK ini, penulis menyimpulkan bahwa siswa merasa lebih bersemangat serta memudahkan siswa dalam memahami teks eksplanasi. Hal ini dikarenakan siswa mempunyai pengalaman baru dalam belajar. Sebelumnya, siswa tidak pernah belajar secara online. Selain itu, siswa dapat mengikuti alur materi secara berurutan, hal ini membuka pola pikir siswa sesuai dengan arah konsep materi sehingga siswa mudah mendeskripsikan dan menulis teks eksplanasi. (ips2/ida)

Baca juga:  BLT Tingkatkan Keterampilan Lompat Tinggi

Guru SDN Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya