alexametrics

Penggunaan Youtube dalam Pembelajar Hak Asasi Manusia

Oleh : Romlah, S. Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Mata pelajaran PPKN merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan diri yang beragam dari segi agama, sosio kultural, bahasa, usia dan suku bangsa dan bagian dari kurikulum pengajaran di sekolah. Salah satu komponen penting di bidang yang harus dikembangkan. Mata pelajaran PPKN salah satunya bertujuan agar siswa mimiliki kemampuan memahami dan menguasai ketrampilan dasar dalam memperoleh informasi tentang pengetahuan tentang hak asasi manusia.

Mata pelajaran PPKN dianggap membosankan yang membuat mengantuk. Kebosanan ini disebabkan karena banyaknya kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa. sedangkan waktu pembelajaran situasi yang tidak mengenakkan. Salah satu kesulitan yang ditemui adalah dalam kompetensi dasar Pengetahuan KD 3.1 menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila kaitannya dengan hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca juga:  Peran Geografi Fisik dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Sekolah

Di SMA Negeri 1 Ulujami, pada kompetensi dasar tersebut pembahasan materinya sangat luas dan cukup sulit. Sehingga diperlukan kemampuan dan minat yang tinggi dari siswa untuk memahaminya. Kondisi siswa yang dikemukakan di atas merupakan suatu tantangan pada masa pandemi ini bagi guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang tinggi terhadap mata pelajaran PPKN. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar adalah dengan melalui pembelajaran youtube yang menarik perhatian siswa. Di samping membuat penjelasan lebih mendalam dan terkonsep dengan persiapan pembelajaran yang lebih baik.

Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar yang memiliki tujuan agar proses belajar mengajar lebih efektif dan mudah diterapkan. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima. Sehingga merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta kemampuan siswa sedemikian rupa, sehingga proses belajar menjadi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara efektif.

Baca juga:  Membumikan Ideologi Pancasila Kepada Generasi Muda melalui Pembelajaran PPKn

Dalam pembelajaran PPKN, penggunaan youtube akan memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran. Semua hasil kajian PPKN dapat dipahami oleh siswa, salah satunya pada KD Menganalisis pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apabila PPKN diberikan tanpa youtube maka akan menjadi tidak menarik untuk bisa membuat rangsangan berpikir pada siswa. Maka harus mencari model pembelajarannya. Karena dengan model pembelajaran merupakan aspek paling dasar untuk memahami materi tersebut.

Melaksanakan pembelajaran dengan penggunaan youtube merupakan proses dalam memahami materi adanya hak asasi manusia. Seperti beragamnya agama, sosio kultural, bahasa, usia dan suku bangsa. Dengan youtube, siswa memahami berbagai hak asasi manusia yang ada di UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945. Untuk memahami berbagai hak asasi manusia dapat menggunakan youtube dengan menggunakan youtube untuk memahami hak asasi manusia ternyata lebih dari satu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Acuan kerap kita amati dalam pembelajaran misalnya, waktu pembelajaran PJJ (pembelajaran jarak jauh) anak merasa bosan atau kurang semangat.

Baca juga:  Pembelajaran Housekeeping Asyik dengan Bermain Peran

Penggunaan youtube akan membuat menarik dan senang dalam pembelajaran, sehingga mudah untuk memahaminya. Dari uraian tersebut dapat diambil suatu kesimpulan mengenai manfaat penggunaan youtube dalam pembelajaran PPKN. Yaitu : Pertama, mempermudah mendapatkan materi. Kedua, pembelajaran akan lebih menarik dalam pengamatan. Ketiga, mendorong siswa mempelajari yang didapatkan dari website, blog, vidio, bahkan sosial media. (rs1/ton)

Guru PPKN SMA Negeri 1 Ulujami, Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya