alexametrics

Picture and Picture Tingkatkan Hasil Belajar IPS

Oleh : Ahmad Solihin, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu muatan pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Pembelajaran IPS di SD lebih memfokuskan kajiannya pada hubungan antar manusia dan proses membantu pengembangan kemampuan dalam hubungan tersebut. Di satu sisi cakupan materi yang luas kadang membuat siswa enggan dan tidak semangat mengikuti proses pembelajaran.

Aktivitas belajar dikatakan berhasil dan berkualitas apabila siswa mampu mengikuti proses pembelajaran secara aktif. Pada jenjang pendidikan dasar banyak yang dilakukan Pendidik guna meningkatkan proses pemahaman siswa tentang materi pembelajaran, yaitu mulai dari pengadaan buku penunjang materi pembelajaran, metode maupn media. Jika siswa telah paham materi yang disampaikan oleh guru maka hasil belajarnya pasti baik. Tujuannya untuk mengetahui tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa.

Hasil belajar dapat dipengaruhi dengan penggunaan metode pembelajaran. Dengan menggunakan metode yang tepat hasil belajar yang dicapai siswa meningkat. Untuk meningkatkan hasil belajar seorang pendidik seharusnya melakukan tindakan yang sesuai dengan keadaan dan kondisi siswa. Apabila hasil belajar siswa masih rendah maka pendidik harus mencari solusi yang tepat. Seorang pendidik harus bisa memilih metode pembelajaran yang tepat, karena metode yang digunakan harus sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi.

Baca juga:  Mengenal Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Video Based Learning

Dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Kelas V SDN Timbangsari Kecamatan Lebakbarang pendidik belum mengembangkan metode pembelajaran, sehingga siswa kurang bersemangat dalam pembelajaran. Akibatnya pembelajaran kurang menarik dan menyebabkan beberapa siswa kurang aktif dan tidak bersemangat. Ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapat nilai kurang. Rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran masih berpusat pada pendidik, sehingga siswa kurang antusias dalam proses pembelajaran. Dalam mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakanlah metode pembelajaran picture and picture agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif dengan melibatkan keaktifan siwa.

Metode pembelajaran picture and picture adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis. Metode pembelajaran ini mengandalkan gambar sebagai media dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi faktor utama dalam proses pembelajaran. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta dalam ukuran besar (Marsudi, 2016).

Baca juga:  Metode Circuit Training Tingkatkan Pembelajaran Kebugaran Jasmani

Picture and picture merupakan sebuah metode pembelajaran dimana guru menggunakan alat bantu atau media gambar untuk menerangkan sebuah materi atau memfasilitasi siswa untuk aktif belajar. Dengan menggunakan alat bantu atau media gambar, diharapkan siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dan dalam kondisi yang menyenangkan, sehingga apapun pesan yang disampaikan bisa diterima dengan baik dan mampu meresap dalam hati, serta dapat diingat kembali oleh siswa.

Berdasarkan keterangan tersebut, maka dapat diperoleh informasi bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat membuat kondisi belajar yang menyenangkan, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat (Huda, M 2013). Dengan menggunakan metode picture and picture dapat menumbuhkan minat belajar siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial menjadi lebih hidup dan menarik bagi siswa. Ini ditunjukan dengan hasil belajar menjadi lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya, dan Siswa juga lebih aktif. (ips2/ton)

Baca juga:  Melalui Media Lagu Mudahkan Siswa Pahami Isi Syair

Guru SD Negeri Timbangsari, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya