alexametrics

Physics Fun Pembelajaran Fisika Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Oleh : Achmadi Sofyan, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,Menurut Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Corona virus disease (Covid-19) yang diperkuat dengan Surat Edaran Sekjen Nomor 15 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) yang memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan maka pembelajaran yang biasanya dilaksanakan di kelas/sekolah kini harus dilaksanakan dari rumah yang dikenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Dalam kegiatan PJJ guru wajib memiliki strategi yang kreatif dan inovatif yang tak hanya dapat membuat siswa fokus mengikuti PJJ dari semua mata pelajaran yang ada, namun juga tak menyulitkan siswa. Artinya siswa belajar jarak jauh harus dengan rasa senang, sehingga akan membantu siswa untuk mudah memahami fisika. Strategi merupakan sejumlah rencana yang sudah diatur sedemikian rupa untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu. Strategi pembelajaran adalah siasat guru dalam mengefektifkan, mengefisienkan, serta mengoptimalkan fungsi dan interaksi antara siswa dengan komponen pembelajaran dalam suatu kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran.

Baca juga:  Membuat Peta Pikiran dengan Menggunakan Media Gambar Bu Amat

Tak ingin pembelajarannya tanpa melalui suatu perencanaan maka sebagai guru, penulis berupaya selalu menggunakan strategi dalam mengajar. Menggunakan strategi yang membuat pembelajaran fisika di kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang menjadi menyenangkan. Penulis menerapkan strategi Physics Fun menggunakan metode logika biasa berdasarkan konsep dasar fisika dan kemampuan hitung dasar matematika yang meliputi tambah, kurang, bagi, dan kali, sehingga siswa dapat mengerjakan soal dengan cepat dan benar.

Materi pelajaran yang dipilih dalam pengembangan media pembelajaran Physics Fun ini adalah materi elastisitas. Tujuannnya menghilangkan kebiasaan siswa yang menghafal rumus untuk belajar fisika. Penulis menjalankan strategi Physics Fun dengan mengajak siswa untuk mengerti sebuah konsep, lalu membangun logika dan setelah itu baru menuangkannya ke dalam bentuk rumus. Maka, pembelajaran elastisitas membutuhkan strategi yang jitu agar peserta didik dapat mempelajarinya dengan baik. Saat ini, strategi yang paling sering diadopsi untuk pelaksanaan Physics Fun adalah menggunakan simulasi komputer (dapat diimplementasikan pada smartphone) (Ramnarain & Moosa, 2017:3).

Baca juga:  Reward dapat Meningkatkan Semangat Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang

Dalam pelaksanaan Physics Fun materi elastisitas, penulis tidak memberikan matematika yang sulit, namun mencari alternatif solusi menggunakan matematika lebih sederhana. Penulis juga memanfaatkan pengertian konsep fisika yang benar yang lebih menekankan pada logika dibandingkan dengan menggunakan rumus-rumus turunan. Menggunakan angka-angka yang mudah dan bulat seperti 1, 2, atau 10 ketika sedang memberikan contoh soal. Tujuan penulis menghindari angka-angka koma atau pecahan adalah agar konsentrasi siswa tertuju pada solusi fisika bukan solusi matematika.
Untuk menyukseskan strategi Physics Fun, penulis juga sering melakukan dialog mengenai konsep elastisitas dengan siswa melalui aplikasi WhatshApp, terutama tentang konsep-konsep fisika yang baru diajarkan, dan meminta siswa memberikan pendapatnya untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan konsep yang diberikan oleh penulis.
Dengan pembelajaran Physics Fun, siswa diharapkan lebih menyukai pelajaran fisika dan tidak lagi menganggap bahwa PJJ fisika adalah kegiatan yang membosankan dan melelahkan. Strategi Physics Fun dibutuhkan untuk membangun mood pada diri siswa sehingga akan memunculkan rasa suka dan minat belajar fisika. PJJ fisika dengan strategi Physics Fun menjadikan siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang menggemari pelajaran fisika. (ips2/lis)

Baca juga:  Menarik, Belajar Mengenal Pahlawanku melalui Metode Demonstrasi

Guru Fisika SMA Negeri 6 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya