alexametrics

Menariknya Game Edukasi dengan Wordwall di Masa Pandemi

Oleh : Dwi Indarwanti S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembatasan interaksi masyarakat atau phisical distancing dan Work From Home (WFH). Sehingga mengharuskan instansi pendidikan meliburkan siswanya dan mengalihkan proses belajar mengajar di rumah atau biasa disebut pembelajaran online atau daring. Hal tersebut memberi dampak keterbatasan guru dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dengan siswa. Maka keaktifan dan hasil belajar siswa sangat kurang. Seperti yang dialami siswa di SMP Negeri 44 Semarang terutama mata pelajaran (mapel) matematika.

Solusi untuk meminimalisasi dampak negatif dari pembelajaran matematika online selama masa pandemi Covid-19, menggunakan media pembelajaran online. Media ini dapat meningkatkan komunikasi matematis dan digunakan semua siswa baik yang mengikuti maupun yang tidak sempat mengikuti google meet atau zoom. Salah satu jenis media pembelajaran interaktif yang cocok untuk pembelajaran daring adalah media pembelajaran melalui game atau permainan.

Baca juga:  Pembelajaran Matematika Menjadi Mudah dengan Barang Bekas Sedotan

Game berasal dari bahasa Inggris yang berarti permainan. Menurut Greg Costikyan (2013, hal 20), game adalah sebentuk karya seni di mana peserta disebut pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan. Kata edukasi berasal dari bahasa Inggris yaitu education yang berarti pendidikan. Menurut Marc Prensky (2012, hal 90), game edukasi adalah game yang didesain untuk belajar, tapi tetap bisa menawarkan bermain dan bersenang-senang.

Aplikasi media pembelajaran banyak disajikan sekarang ini, pendidik tinggal memilih media mana yang bisa diterapkan ke siswa. Contoh, Google Form, Quizizz, Kahoot, Quipper, Kelas Pintar, Wordwall, dll.

Wordwall.net merupakan website yang bisa digunakan membuat game edukasi yang menarik dan lebih banyak variasi yang bisa digunakan secara gratis. Jenis game edukasi yang digunakan adalah labelled diagram dan Maze Chase.
Langkah-langkah pengoperasian game edukasi berupa labelled diagram adalah sebagai berikut, guru mengirim link game edukasi berupa labelled diagram ke group whatsapp kelas. Siswa diminta mengklik link tersebut. Siswa diminta mengisi nama pada kolom yang tersedia. Setelah itu, klik start untuk memulai. Halaman awal game adalah judul permainan. Kemudian klik start untuk memulai.

Baca juga:  Belajar Tata Surya dengan Augmented Reality (AR) Berbasis Android

Permainan akan segera dimulai dengan variasi tanda pada tema yang dipilih guru yakni gerbang menuju luar angkasa. Siswa akan disuguhkan dengan gambar lingkaran beserta unsur-unsurnya, dan potongan label nama-nama unsur lingkaran tersebut. Kemudian siswa mengidentifikasi unsur lingkaran yang ada pada gambar dengan cara menyeret dan meletakkan potongan label ke tempat yang benar pada gambar dengan waktu yang ditetapkan. Jika semua label nama-nama unsur lingkaran sudah diseret ke tempat yang benar pada gambar dengan lengkap, siswa diminta untuk mengklik submit answer. Tunggu hingga semua jawaban terkoreksi semua dan muncul mana jawaban yang benar maupun yang salah. Siswa dapat melihat skor yang diperoleh dalam permainan tersebut. Guru juga dapat melihat nilai semua peserta didik pada leader board di akhir permainan.

Baca juga:  Asyiknya Eksperimen Sifat-Sifat Cahaya

Pendidik dituntut berkreasi memanfaatkan segala media pembelajaran agar siswa tidak cepat jenuh menerima pembelajaran. Terlebih di era pandemi, pendidik harus kreatif dalam menyajikan pembelajarannya. Dengan adanya game melalui aplikasi Wordwall belajar lebih menyenangkan, dan meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. (ips2/ida)

Guru Matematika SMPN 44 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya