alexametrics

Siap ANBK dengan Quizziz Meningkatkan Efektivitas dan Keaktifan Siswa dalam PJJ

Oleh: Singgang Budiarto, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, DI dalam era sekarang ini pembelajaran yang semula tatap muka menjadi daring menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik. adaptasi pembelajran tidak serta merta berjalan lancar meski tertatih tatih pendidik harus mampu keluar dari zona nyaman. Situasi pandemi covid 19 berimbas pada seluruh sektor kehidupan tak terkecuali di dunia pendidikan.
kondisi pjj dengan sistem daring mendorong para guru untuk belajar teknologi dan sistem informasi.ditambah dengan program anbk yang akan segera dilaksanakan di bulan oktober yang akan datang.

anbk merupakan salah-satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan indonesia.hal ini dilakukan dlatarbelakngi oleh hasil TIMSS indonesia yang mnunjukan masih rendahny literasi dan numerasi peseta didik khususny usia SD. Pembelajaran daring ini bukan berarti kita melaksanakan pembelajaran seadanya menggunakan teknologi. Namun, tahapan pembelajaran dan tugas pokok dan fungsi guru harus tetap dilaksanakan. Hal-hal tersebut yang membutuhkan kemauan dan kreativitas untuk melaksanakan seluruh tanggung jawab kita sebagai guru. Utamanya adalah merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran.

Baca juga:  Uprak Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi dan Penurunan Titik Beku melalui Daring, Menjadi Mudah

Pada pembelajaran daring, tidak jarang tugas yang diberikan oleh guru tidak dikerjakan oleh peserta didik sendiri. Banyak kita jumpai, orang tua membantu mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawab para peserta didik. Bahkan ada pula yang sepenuhnya dikerjakan oleh orang tua. Peristiwa ini tentu saja membuat kita sebagai pendidik prihatin karena sebenarnya bukan faktor nilai yang menjadi poin utama kita, tetapi ada nilai karakter yang ingin kita sisipkan pada pemberian tugas.

Sebagai pendidik di SD Negeri Karangsari 1, Demak, tentunya penulis harus mencari cara secara kreatif dalam menyelesaikan masalah, dalam hal ini adalah masalah penilaian. Saat melaksanakan penilaian, penulis menggunakan penilaian online. Hal ini dilakukan supaya memudahkan pendistribusian tugas, pemberian penilaian dan feedback, dan meningkatkan motivasi dan tanggung jawab siswa. Ada beberapa penilaian online yang pernah dilakukan oleh penulis, yaitu Google Formulir, Kahoot dan Quizizz.

Baca juga:  Tingkatkan Aktivitas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture

melalui quizziz guru dapat merancang asessmen misalny anbk selain melalui laman pusmenjar.kemdikbud.guru dapat berkreasi membuat asesment yang menarik melalui quizziz.Oleh karena itu, kita sebagai guru harus mau berinovasi dan berkreasi dalam era pembelajaran daring ini. Sebagai guru, kita seyogyanya tidak berhenti belajar dan mau terbuka terhadap perubahan.

Sebaiknya guru selalu berkreasi dan bervariasi dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan penilaian online. Harapannya, pembelajaran daring ini tidak menyusutkan semangat dan juga kompetensi para siswa. (*/zal)

Guru SDN Karangsari 1, Demak

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya