alexametrics

Terampil Berbahasa dengan “VoTe”

Oleh : Vika Oktaviona, S.Pd.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN Jarak Jauh (PJJ) menuntut guru bahasa untuk mencari cara agar pembelajaran dalam kompetensi keterampilan tetap dapat tercapai dan tersampaikan dengan baik sehingga hak – hak peserta didik tetap dapat diberikan. Mengasah kompetensi keterampilan dalam belajar Bahasa Inggris memerlukan media yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dalam masa PJJ ini penulis memilih media grup WA kelas dengan memanfaatkan fitur pesan suara atau Voice Note (VoTe). Mengajar keterampilan berbahasa Inggris menggunakan fitur ini penulis pilih dikarenakan fitur dalam WA ini adalah fitur yang paling mudah digunakan dan semua peserta didik sudah terbiasa menggunakannya ketika berkomunikasi.

Voice Note (VoTe) adalah salah satu fitur dalam aplikasi WA Messenger yang membuat komunikasi menjai lebih mudah. Fitur ini berguna untuk mempercepat respon tanpa perlu repot mengetik teks secara manual. Pengguna tinggal menahan ikon mikrofon selama perekaman berlangsung (Kompas.com, Selasa, 1 Juni 2021).

Baca juga:  WA Grup Meningkatkan Gairah Menulis Descriptive Text dalam Masa Pandemi

Mengajarkan keterampilan Bahasa Inggris untuk kelas 7 lebih menyenangkan dan menantang bagi penulis dikarenakan mata pelajaran ini adalah sesuatu yang baru bagi mereka, walaupun ada pada beberapa SD yang sudah memperkenalkannya. Pada jenjang SD, mata pelajaran Bahasa Inggris biasanya dimasukkan dalam kurikulum muatan lokal dan diajarkan oleh guru mulok di sekolah tersebut. Oleh karena itu, ketika masuk pada jenjang SMP peserta didik akan lebih antusias mengikutinya karena diajarkan oleh guru Bahasa Inggris.

Materi awal semester 1 yang diajarkan kepada peserta didik di SMP Negeri 1 Tersono adalah materi tegur sapa (Greeting). Dalam mengajarkannya, penulis menggunakan buku paket Bahasa Inggris “When English Rings a Bell” Kelas VII. Dalam kegiatan belajar tersebut penulis mempunyai tujuan pembelajaran salah satunya adalah peserta didik dapat memperagakan beberapa contoh percakapan dengan ucapan dan tekanan kata yang benar tentang ungkapan menyapa (greeting) secara tanggung jawab. Penilaian yang penulis lakukan dalam kompetensi keterampilan ini adalah penilaian praktik.

Baca juga:  Belajar Descriptive Text Lebih Bermakna dengan Quizizz

Karena masa pandemi ini peserta didik tidak dapat bertatap muka secara langsung, maka penulis menggunakan fitur pesan suara (Voice Note / VoTe) dalam menyampaikan materi ungkapan menyapa. Dalam penyampaian materi penulis terlebih dahulu menjelaskan fungsi dan makna dari ungkapan-ungkapan yang ada dalam buku paket, kemudian penulis memberikan contoh dengan membawakan dialog dengan ucapan, dan tekanan kata yang benar. Setelah peserta didik menyimak VoTe dari penulis, penulis memberi kesempatan kepada mereka untuk berlatih membawakan dialog tersebut di depan cermin masing – masing selama kuang lebih 15 menit.

Penulis juga memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertanya atau menuliskan kata atau frasa yang mereka anggap tidak mudah dalam pengucapan dan penekanannya. Maka satu persatu mereka mulai menyampaikannya. Lalu penulis memberikan contoh pengucapan dan penekanan yang tepat melalui VoTe. Dalam situasi tersebut, kelas dalam grup WA menjadi sebuah kelas yang hidup dan bersemangat. Peserta didik menyimak kembali cara membawakan dialog sebelum menyampaikannya di dalam grup kelas mereka. Setelah berlatih beberapa kali, peserta didik penulis minta untuk praktik melalui VoTe di dalam grup kelas membawakan dialog yang dicontohkan oleh penulis. Masih terdapat beberapa peserta didik yang malu mengirimkannya dalam grup WA kelas. Mengatasinya, penulis memperkenankan mereka untuk mengirimnya langsung kepada penulis.

Baca juga:  Belajar Preposition Efektif di Rumah melalui WHITEBOARD.fi

Ternyata VoTe sangat bagus ketika digunakan sebagai media pembelajaran bahasa. Fitur ini membantu kelancaran kegiatan belajar Bahasa Inggris, karena dengan VoTe peserta didik dapat memutar ulang rekaman dalam VoTe tersebut untuk belajar. VoTe efektif digunakan sebagai media pembelajaran karena mudah dalam penggunaannya dan dapat dijangkau oleh semua peserta didik. (ips1/zal)

Guru SMPN 1 Tersono – Batang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya