alexametrics

Meningkatkan Keaktifan Siswa melalui Liveworksheet

Oleh: Anisatul Faizah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, LEBIH dari 1,5 tahun pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Pembelajaran yang semua tatap muka ini beralih menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kegiatan yang dulunya normal kini terbatas. Hal ini berdampak di berbagai sektor, terutama bidang pendidikan.

Proses pembelajaran pada hakekatnya adalah untuk mengembangkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar. Moh Uzer Usman (2009:26-27), keaktifan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor seperti menarik atau memberikan motivasi kepada siswa keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat merangsang dan mengembangkan bakat yang dimilikinya. Peserta didik dapat berlatih untuk berpikir kritis, dan dapat memecahkan permasalahan-permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itulah, guru mencari alternatif dengan menggunakan aplikasi live worksheet untuk meningkatkan keaktifan dan menarik siswa. Live worksheet adalah salah satu platform yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat lembar kerja peserta didik. Live worksheet dapat dikerjakan secaran online.

Baca juga:  Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca melalui Reading Guide

Menurut Prastowo (2012:204) LKPD merupakan suatu bahan ajar cetak yang berupa lembaran-lembaran yang berisi materi, ringkasan dan petunjuk yang harus dilaksanakan oleh peserta didik. LKPD memiliki fungsi untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan suatu kegiatan tertentu sebagai kegiatan pembelajaran.
Live worksheet dapat menampilkan video, music, gambar, ataupun simbol. Guru dapat membuat live worksheet secara aktif dan dapat mengelompokkannya ke dalam workbook. Melalui live worksheet peserta didik dapat mengerjakan berbagai bentuk LKPD, mulai dari pilihan ganda, menjodohkan, pertanyaan terbuka, dan juga kotak drop down. Berbagai bentuk pertanyaan dapat disesuaikan dengan kreativitas pembuat.

LKPD melalui live worksheet sangatlah mudah dibuat dan dikerjakan, karena pembuat dapat memasukkan kunci jawaban dan penilaian di sana. Selesai mengerjakan live worksheet peserta didik dapat mengetahui skor yang diperoleh. Dengan demikian peserta didik akan lebih bersemangat untuk belajar.

Adapun langkah-langkah dalam membuat live worksheet adalah, 1) ketikan liveworksheet.com pada peramban, 2) klik register, 3) login dan masukkan user serta password, login, 4) klik make an interactive worksheet, 5) klik get started, 6) klik browse file yang akan diunggah, klik upload, 7) klik gambar pensil untuk mengedit atau membuat kotak pengisian jawaban siswa, 8) klik tombol centang, 9) jika sudah selesai kita bisa melihat tampilan worksheet kita. Nah ada dua pilihan dalam penyimpanan worksheet yaitu umum dan pribadi. Jika umum maka kita perlu melengkapi data berupa mata pelajaran topik materi, kelas, perkiraan usia, dan jenis LKS. 10) Untuk menugaskan worksheet ini kita bisa mengkopi link dan membagikan kepada siswa.

Baca juga:  Asyiknya Belajar Aksara Jawa dengan Olah Aksara

Guru menerapkan aplikasi ini pada siswa kelas V SDN Petompon 01 pada materi organ gerak manusia. Pelaksanaannya peserta didik diberikan link melalui grup whatsapp, kemudian peserta didik mengerjakan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Materi organ gerak memang sulit untuk siswa karena perlu mengingat dan memahami nama-nama organ gerak. Melalui live worksheet ini siswa dapat menuliskan jawaban yang tepat pada kolom yang tersedia ataupun memasangkan sesuai yang diminta. Dengan demikian, akan memunculkan keaktifan siswa dalam berpikir dan mencari jawaban yang tepat. Bagi guru live worksheet sangat membantu dalam menilai latihan siswa, karena tanpa mengkoreksi hasil sudah muncul. Hal ini ternyata mendapatkan perhatian dan respon yang baik. Kebosanan mereka sedikit berkurang karena adanya live worksheet ini. Mereka dapat belajar sembari bermain.

Baca juga:  Belajar Ragam Gejala Sosial di Masyarakat melalui Fenomena Manusia Silver dan Anak-anak Punk

Aplikasi live worksheet efektif untuk saat ini, tidak terlalu banyak kendala yang didapat karena sebagian besar siswa sudah memiliki HP. Dengan demikian penulis dapat menyimpulkan bahwa dengan aplikasi live worksheet pada materi organ gerak manusia dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VB SDN Petompon 01 Semarang. (rs1/ida)

Guru SDN Petompon 01 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya