alexametrics

Zakat sebagai Bentuk Ibadah Solidaritas Sosial

Oleh : Edi Supriadi, S.Pd.I

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal soleh, mendirikan salat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhan-Nya, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati”.
(QS. Al-Baqoroh ayat 277)

Dalam Alquran, banyak ayat tentang salat dan zakat yang digandengkan bersama. Hal ini menegaskan urgensi melaksanakan zakat sangatlah penting sebagaimana melaksanakan salat. Juga menandaskan kedudukan salat sebagai ibadah vertikal kepada Allah harus dibarengi dengan zakat sebagai ibadah horizontal kepada sesama muslim.

Disamping itu hanya zakatlah satu-satunya rukun Islam yang langsung menyentuh kepentingan sosial yang telah Allah janjikan sebagai solusi kesejahteraan umat Islam.

Manusia ditakdirkan Allah SWT dengan keadaan yang berbeda. Baik kaya maupun miskin merupakan ujian. Orang kaya diamanahi harta yang berlimpah, haruslah ingat bahwa dalam hartanya itu ada hak orang miskin. Ibadah zakat inilah yang mengaturnya. Sehingga dalam ajaran islam tidak mengenal istilah yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin.

Baca juga:  Tingkatkan Pemahaman IPA di SD Menggunakan Metode Example Non Exsample

Rasulullah SAW telah bersabda : Barangsiapa yang menolak ( mengeluarkan ) zakat, maka Allah menolak untuk menjaga hartanya.

Mudah bagi Allah untuk memusnahkan harta seseorang karena mengabaikan atau tidak mau mengeluarkan zakat. Masih segar dalam ingatan kita, bagaimana Allah SWT memusnahkan harta seorang Korun karena enggan mengeluarkan zakat.

Sebagai orang yang beriman, tentu saja kita menginginkan keberkahan dengan harta yang kita miliki. Hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkannya, tentu saja dengan mengeluarkan zakat.

Dengan ibadah zakat ini, dapat mengurangi kecemburuan sosial. Karena Orang yang tak berharta akan merasakan kepedulian dari kedermawanan orang kaya. Secara matematis tentu saja ketika kita memberikan sebagian harta, maka harta kita akan berkurang. Tetapi tidak menurut perhitungan Allah. Justru Allah akan menggantinya dengan sesuatu yang berlipat ganda. Lebih dari yang kita keluarkan.

Baca juga:  Botol Bekas Tingkatkan Belajar Menghitung Debit Air

Semoga Allah SWT memberikan keberkahan atas harta yang kita punya. (pm1/lis)

Guru SDN 1 Bedingin Todanan, Blora

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya