alexametrics

Sukakoran Permudah Siswa Menulis Puisi Bahasa Inggris

Oleh: Dra. Ida Rahmawati

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BAHASA Inggris merupakan salah satu kemampuan bahasa yang sangat dibutuhkan seiring perkembangan zaman. Bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam era globalisasi ini. Selain sebagai bahasa resmi internasional, Bahasa Inggris juga dianggap sebagai bahasa formal yang harus dikuasai setiap orang.
Di Indonesia sendiri, Bahasa Inggris menempati urutan bahasa asing pertama. Menguasai Bahasa Inggris berarti kita bisa memiliki kunci dunia. Maksudnya adalah dengan menguasai Bahasa dan Sastra Inggris ini, kita bisa berkomunikasi dan menjalin relasi, memperluas wawasan dengan bangsa negara lain.

Mata pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang sangat penting. Di Indonesia, pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris diajarkan mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga jenjang perguruan tinggi. Harapannya, Indonesia memiliki dan mencetak generasi penerus bangsa bisa bersaing di dunia internasional. Sangat disayangkan bila pada masa sekarang ini kita tidak berbahasa Inggris. Setidaknya, ada beberapa vocabulary yang harus kita ketahui untuk percakapan sehari-hari.

Baca juga:  RME Tumbuhkan Kemampuan Berpikir Siswa dalam Belajar Matematika

Poem atau puisi merupakan salah satu materi pelajaran Bahasa dan Sastra Inggris yang diajarkan pada kelas XI SMA Negeri 6 Semarang. Tujuan dari materi ini yang tertuang dalam KD nya adalah siswa mampu menuliskan fungsi sosial dan unsur kebahasaan Poem; mempresentasikan hasil diskusi kelompok terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan Poem; menuliskan makna kontekstual terkait dengan fungsi sosial dan unsur kebahasaan Poem; dan menafsirkan pesan dan menuliskan topik Poem.
Cara menulis puisi Bahasa Inggris berbeda dengan menulis puisi Bahasa Indonesia. Kita harus ekstra hati-hati dalam menulis puisi Bahasa Inggris. Misalnya, ketika menulis puisi masa lalu maka kita harus menggunakan simple past tense. Kemudia ketika alur puisi tersebut dirubah menjadi masa depan, maka strukturnya pun harus diubah menjadi simple future tense. Karena Puisi adalah rangkaian kata-kata indah dan bermakna yang disajikan dalam bentuk bait dan memiliki aturan tertentu serta unsur-unsur bunyi.

Banyak berlatih dan berani mencoba juga merupakan aspek pendukung kemampuan menulis puisi Bahasa Inggris seseorang. Practice make perfect. Berlatihlah terus menerus sehingga menjadi sempurna. Ungkapan ini sangatlah cocok untuk seseorang yang sedang belajar menulis puisi Bahasa Inggris.

Baca juga:  Pramuka Daring dengan Microsoft Teams 365

Adapun cara yang dianggap efektif untuk menulis puisi Bahasa Inggris adalah Sukakoran. Sukakoran sendiri merupakan akronim dari Susun Kata dari Koran. Sukakoran ini bisa dilakukan dengan cara menyusun kata baik noun, verba, nomina, adjectiva menjadi sebuah puisi. Untuk menerapkan cara Sukakoran ini kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Pertama, siswa maupun guru menyiapkan koran maupun majalah berbahasa Inggris. Koran atau majalah tersebut, bisa bersumber dari media cetak atau media daring. Jika berasal dari media daring, silakan cetak terlebih dahulu koran atau majalah yang telah dipilih.

Kedua, murid memilih judul artikel yang menarik. Judul kalimat yang lebih lengkap akan membantu dalam cara ini. Jika tidak memungkinkan, silakan gunakan isi artikel yang telah dipilih.

Baca juga:  Alternatif Media Pembuatan Poster Dikala Pandemi

Ketiga, sebelum menyusun kata-kata judul tersebut menjadi puisi, kita bisa menulis puisi dalam Bahasa Indonesia. Tujuannya adalah selain menambah vocabulary, subtansi dan maksud dari puisi yang kita harapkan nantinya tidak melenceng jauh.

Keempat, setelah puisi selesai, siswa mencari arti kata Bahasa Inggris dari puisi tersebut. Kita bisa menggunakan buku, kamus atau menerjemahkannya via google translate.

Kelima, susun dan tempel kata Bahasa Inggris tersebut menjadi puisi yang seperti kita harapkan.
Dari hasil pengamatan, Penggunaan Sukakoran pada materi Menulis Puisi Bahasa Inggris kelas XI SMA Negeri 6 Semarang, terlihat antusiasme siswa. Hasil belajar siswa juga meningkat.

Belajar Bahasa dan Sastra Inggris bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja dan di mana saja. Tekad dan kemauan kuat serta rajin berlatihlah yang membuat kita mahir berbahasa Inggris. Kita hanya perlu motivasi dan keberanian yang besar untuk bisa berBahasa dan Sastra Inggris dengan lancar. (ips1/zal)

Guru SMAN 6 Semarang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya