alexametrics

Penerapan Quizizz dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Oleh : Harjo Riyadi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID,Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seorang peserta didik dalam menempuh suatu jenjang pendidikan. Tanpa motivasi yang kuat, peserta didik sangat sulit dikondisikan dalam kegiatan pembelajaran. Motivasi belajar seorang peserta didik tidak selalu stabil, tetapi akan mengalami pasang surut.
Pada masa pembelajaran yang berlangsung secara daring seperti yang terjadi pada saat ini terjadi banyak perubahan pada proses pembelajaran yang dialami oleh setiap peserta didik. Dari pembelajaran yang sebelumnya seorang guru dapat secara maksimal menyampaikan materi kepada siswa dalam kelas menjadi kelas maya yang antara guru dan peserta didik tidak dapat bertemu secara langsung.

Seorang peserta didik yang sebelumnya dapat secara leluasa bertanya secara langsung, dengan adanya pandemi kesempatan bertanya menjadi sangat terbatas. Kegiatan pembelajaran yang sebelumnya terjadi interaksi antara guru, peserta didik, teman sekelas dan lingkungan belajar di sekolah dengan adanya pandemi kegiatan pembelajaran bagi seorang siswa pada setiap mata pelajaran dibatasi kegiatan yang hanya dibatasi di rumah.

Baca juga:  Fenomena Pembelajaran Daring antara Ekspektasi dan Realita

Berdasarkan kegiatan belajar siswa yang monoton di rumah dengan smartphone tidak selamanya menyenangkan. Yang penulis alami dalam pembelajaran daring dengan menggunakan Google Classroom pada awalnya banyak diikuti oleh banyak siswa. Mulai dari mengisi absensi, mengikuti pembelajaran dengan materi dan tugas yang disediakan. Setelah berlangsung sekitar satu bulan peserta didik yang mengikuti dan aktif menjadi berkurang mulai dari absensi yang bisa dilihat pada form Google Classroom dan list absen WA grup kelas. Motivasi belajar menjadi berkurang, hal ini mungkin juga diakibatkan oleh kejenuhan dengan bahan ajar yang ada karena tidak ada kompetisi yang menantang kalau hanya dengan Google Classroom dan Wasshap grup kelas saja tanpa ada media pendukung lain.

Baca juga:  Semangat dan Optimistis dalam Meniti Masa Depan

Dan penulis mencoba untuk menggunakan media berupa program yang dapat menumbuhkan semangat kompetisi peserta didik berupa quiziz. Quizizz adalah alat penilaian online sebagai aktivitas kelas dengan banyak pemain yang menyenangkan dan memungkinkan semua peserta didik berlatih bersama dengan komputer, smartphone, dan iPad. Studi sebelumnya menemukan bahwa menggunakan quizizz di kelas mendukung pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan peserta didik, kenikmatan, konsentrasi, dan motivasi (Chaiyo & Nokham, 2017; Akhtar, Hasanati, & Istiqomah, 2019; Purba, 2019 dalam Randi Ramliyana dan Vickry Ramdhan, 2020).

Penulis menerapkan penggunaan quizizz pada pembelajaran fisika kelas XI semester 1 pada materi Fluida Statis dengan langkah pembelajaran dalam mode daring yang dilakukan adalah sebagai berikut : apersepsi, mengadakan pretest dengan quizizz, menyampaikan materi dalam bentuk power point, video, kegiatan diskusi dan penugasan. Mengadakan post test dengan bahan dari materi yang sudah disampaikan dikemas dalam bentuk soal quizizz.

Baca juga:  Video Chef Tersaji dalam Eksposisi

Setelah dilakukan pembelajaran dengan langkah di atas, motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yang ditandai dengan semakin banyak siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dan jika dilihat dari nilainya ada peningkatan pada hasil post test yang mereka kerjakan. Muncul semangat berkompetisi dari masing masing peserta didik untuk mendapatkan nilai yang terbaik. (agu1/lis)

Guru Fisika SMAN 1 Ulujami, Kabupaten Pemalang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya