alexametrics

Tingkatkan Penguasaan Reading melalui Aplikasi WhatsApp

Oleh: Siti Barokah, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN daring di masa pandemi Covid-19 ini menjadi tantangan bagi seluruh guru dan siswa agar tetap bisa mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, termasuk dalam mencapai kompetensi komunikasi bahasa Inggris. Pembelajaran Daring merupakan cara yang aman untuk guru dan siswa ketika Pandemi Covid-19. Para guru dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara aman dari rumah.

Implementasi Pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Banyudono dalam pembelajaran Bahasa Inggris dilakukan dengan pemberian materi dan tugas yang terjadwal untuk setiap mata pelajaran melalui penggunaan Aplikasi WhatsApp. Dipilihnya aplikasi ini karena semua siswa dan orang tua menggunakannya, murah, praktis, dan memiliki fitur yang cukup lengkap. salah satunya adalah fitur group chat yang dapat dibuat dengan gratis, mudah, dan cepat dengan jumlah anggota yang cukup banyak.

Aplikasi WhatsApp memiliki banyak keunggulan yang bisa dioptimalkan untuk merancang berbagai kegiatan pembelajaran bahasa Inggris dengan lebih menarik dan menyenangkan. Berbagai strategi atau teknik pembelajaran bisa dilakukan oleh guru dan siswa dengan pemanfaatan fitur-fitur pada WhatsApp Group seperti sharing document, photo, audio/video file, emoji yang beragam, voice note, dan audio/video call conference, serta dukungan kuota internet yang tidak terlalu membebani dari segi biaya.

Baca juga:  Tanggapan Mampu Membentuk Karakter Siswa

Aplikasi WhatsApp merupakan media pembelajaran potensial dan mampu meningkatkan motivasi siswa dalam Belajar bahasa Inggris secara online di masa pendemi Covid-19, dan efektif, bermanfaat untuk digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris dalam penguasaan kemampuan bahasa secara terintegrasi. Sepanjang tersedia sinyal jaringan internet siswa dan guru dipermudah dalam pengiriman materi dan tugas pembelajaran, waktu pembelajaran dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja, pemahaman siswa lebih mendalam terhadap materi belajar karena dapat diakses berulang-ulang.

Dalam pembelajaran daring dimasa pandemi ini fitur-fitur dalam Aplikasi WhatsApp bisa membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dan mampu meningkatkan hasil pembelajaran menjadi lebih maksimal. Berbagai strategi yang cocok dengan topik pembelajaran bisa lebih menarik, aktif, menyenangkan, dan bermakna bisa didapatkan dari Layanan WhatsApp. Salah satunya membantu meningkatkan ketrampilan membaca (reading).

Baca juga:  Memahami Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup lewat Scramble

Beberapa strategi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris meningkatkan kemampuan atau keterampilan pembelajaran membaca (Reading) antara lain: Penggunaan Video Clips. Video yang sesuai topik dikirim di grup dan siswa bisa menonton video dengan subtitle Bahasa Inggris dari rumah masing-masing dengan alokasi waktu yang cukup banyak. Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan berkaitan dengan video yang mereka tonton. Dalam hal ini siswa belajar kemampuan memahami bacaan juga belajar kemampuan mendengarkan dan berbicara pada saat yang bersamaan.

Teks Pendek Sederhana (Simple Short Text). Guru mengambil teks pendek sederhana dari sumber yang relevan dan dibagikan dalam bentuk group message sesuai dengan topik yang akan didiskusikan. Misalnya topik tentang kesehatan, guru bisa mencari bahan bacaan pada website Badan Kesehatan Dunia (WHO), Cerita narasi, bisa membuka website BBC Learning English, kemudian siswa bisa diberikan pertanyaan atau pernyataan benar salah sesuai dengan teks dan tujuan pembelajaran.

Baca juga:  Group Investigation Tingkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama

Materi Asli (teks autentik). Guru memberikan bahan bacaan atau teks yang bersifat materi asli yang ada di lingkungan sekitar. Teks ini dapat berupa brosur, menu rumah makan, foto iklan berbahasa Inggris atau bentuk yang kemudian bisa dirancang menjadi sebuah topik untuk kegiatan diskusi. Bahan bacaan atau teks yang bersifat materi asli yang ada di lingkungan sekitar tersebut bisa disusun dengan bentuk question-answer sheet sehingga bisa meningkatkan kemampuan membaca siswa. (dd1/zal)

Guru SMPN 2 Banyudono

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya