alexametrics

Pentingnya Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Siswa

Oleh: Siti Kasanah, S.Pd.SD.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PENDIDIKAN anak bukanlah tanggung jawab sepenuhnya pada guru. Tapi sebenarnya tanggung jawab sepenuhnya pada orang tua. Namun ketika orang tua mendapati anaknya yang tidak sesuai dengan keinginannya, banyak dari mereka melempar kesalahan pada guru. Hal itu juga pernah terjadi di sekolah penulis, SD Negeri 2 Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.

Sekolah atau guru bukanlah tempat laundry ketika datang dalam keadaan kotor dan bau, tidak mau tahu prosesnya, terima beres bersih dan wangi ketika di terima. Sama halnya ketika kita menitipkan anak kita ke sekolah dengan berbagai masalah dan maunya terima beres, harus sesuai keinginan orang tua yaitu sopan, penurut, pandai, sukses nantinya, dan tentu sesuai harapan orang tua.

Setiap anak dilahirkan dengan kepribadian yang unik dan berbeda-beda. Namun tempat tumbuh sangat berperan besar dalam pembentukan karakternya sebagai anak yang baik di masa depan. Oleh karena itu, sangatlah penting kerja sama yang baik antara guru dan orang tua untuk membentuk karakter anak pada sekolah dasar.

Baca juga:  Atasi Kesulitan Belajar Bangun Ruang dengan Video Pembelajaran

Usia SD merupakan tahap penting bagi pelaksanaan pendidikan karakter, bahkan hal yang fundamental bagi kesuksesan perkembangan karakter anak. Pada usia SD, anak mengalami perkembangan fisik dan motorik termasuk perkembangan kepribadian.

Keberhasilan pendidikan bagi anak sangat ditentukan oleh berbagai unsur lingkungan yang ada dalam lingkungan pendidikan anak. Lingkungan pendidikan anak tersebut meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Lingkungan pendidikan yang pertama kali dikenal anak adalah keluarga. Karena disinilah anak pertama kali mendapatkan pendidikan, bimbingan, asuhan, pembiasaan, dan latihan. Keluarga sangat berperan dalam pembentukan karakter seorang anak. Karena keberhasilan pendidikan karakter dalam keluarga sangat tergantung pada pola asuh orang tua. Orang tua tidak bersikap otoriter yang hanya perintah tetapi dengan pemberian contoh, baik itu perkataan, sikap, dan sopan santun akan membentuk karakter anak dengan kepribadian yang baik.

Baca juga:  Meningkatan Kualitas Pembelajaran PPKn melalui TPS

Pentingnya pendidikan karakter di SD merupakan hal yang fundamental karena mengingat pentingnya penanaman terutama untuk anak usia sekolah dasar guru juga hendaknya bersikap objektif dalam mengatasi masalah-masalah yang ada pada anak SD dengan pemberian contoh karakter bagi peserta didik. Sehingga diharapkan siswa dapat mencontoh, meniru, sikap teladan guru sebagai seseorang yang pantas untuk digugu dan ditiru, sehingga dalam hal ini karakter dalam diri siswa mulai akan terbentuk secara perlahan lewat sikap guru. Sehingga dapat menjadi pondasi dasar pembentukan karakter yang terarah menjadi karakter yang posistif.

Dalam menjalankan tugasnya orang tua tidak mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan pendidikan anak karena keterbatasan ilmu, waktu, tenaga, dan biaya. Oleh karena itu, untuk menjalankan tugasnya diserahkan kepada guru di sekolah.

Baca juga:  Bermain Kertas Lipat untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bangun Ruang

Sekolah adalah lingkungan pendidikan kedua bagi anak. Dalam hal ini guru memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter anak. Karena guru bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi anak didiknya.

Pentingnya kerja sama orang tua dan guru dalam membentuk karakter anak. Karena keduanya sama-sama berperan orang tua bertanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya di rumah, guru bertanggung jawab untuk mendidik anak-anaknya di sekolah. Untuk itu, sangat perlu sekali hubugan yang baik antara guru dan orang tua agar informasi dan pengajaran yang didapat anak tidak berbeda, jadi ada wujud konkrit ketika apa yang ditanamkan di sekolah tertanam juga di rumah dengan kerja sama yang baik antara guru dan orang tua maka karakter yang diharapkan akan terwujud, sehingga menjadi generasi yang hebat dan berkarakter. (*/zal)

Guru SDN 2 Sumber, Kabupaten Blora

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya