alexametrics

Tips Mudahkan Belajar Membaca pada Kelas Rendah

Oleh: Khuzaemah, S.Pd.SD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar akademis yang penting. Meskipun demikian, ternyata cukup banyak siswa sekolah dasar di Indonesia yang belum menguasainya. Kemampuan anak untuk mengenali kata saat membaca dipengaruhi oleh cara pengajaran atau metode mengajar yang digunakan oleh guru. Ketika murid diajar dengan menggunakan teknik atau metode yang sesuai dengan gaya belajarnya, maka mereka akan belajar lebih mudah, cepat, dan dapat mempertahankan serta menerapkan konsep-konsep lebih mudah untuk pembelajaran selanjutnya (Sessiani, 2019).

Keberhasilan belajar siswa dalam mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca mereka (Juel, 1988 dalam Washburn dkk, 2011). Meskipun membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar akademis yang penting, ternyata cukup banyak siswa sekolah dasar di Indonesia yang belum menguasainya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa sekolah di tingkat sekolah dasar saat ini memiliki kecenderungan rendah. Hal ini menjadi kekhawatiran guru yaitu masalah pada peserta didik kelas 1 SDN 6 Kajen pada materi membaca, sehingga nilai menurun dari hari ke hari dan akan memberikan dampak buruk nanti di kelas yang lebih tinggi.

Baca juga:  Pembelajaran IPA Masa New Normal via Pemanfaatan Teknologi

Oleh sebab itu penulis memberikan cara/tips untuk mengajarkan siswa dengan mudah belajar membaca. Langkah pertama kita harus mengajarkan huruf abjad kepada siswa dari A-Z dengan metode bernyanyi, setelah siswa menghafalnya kita memberika sedikit pengingat yaitu menunjuk hurufnya secara acak. Kemudian mengajari anak tentang huruf vokal (Aa, Ii, Uu, Ee, Oo) maka dari huruf ini siswa dapat mengetahui dasar dasar huruf dalam membaca dengan intonasi yang benar misal huruf Aa memiliki ciri mulut kita harus membuka, huruf Ii mulut kita harus nyengir, huruf Uu ulut kita agak monyong atau manyun, huruf Ee mulut kita harus membuka ke samping, dan huruf Oo mulut kita membentuk bulat. Kemudian kita bisa mengulang semua huruf vokal itu dengan meminta siswa mengikutinya, dan jika siswa sudah hafal huruf vokal maka kita akan mengajarkannya huruf konsonan. Huruf konsonan adalah beberapa huruf selain huruf vokal (Bb, Cc, Dd, … ). Maka tips di sini yaitu kita akan mengabungkan satu huruf vokal dan satu huruf konsonan misal Bb (huruf konsonan) ketemu huruf Aa (huruf vokal) maka dibaca BA dengan mulut membuka dan itu semua dilakuakan sampai semua huruf telah digabungkan.

Baca juga:  Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Inkuiry

Kemudian langkah selanjutnya menyambungkan 2 huruf konsonan misal yang biasa kita dengan NG maka huruf yang digabung yaitu Nn dan Gg dibaca Ng, bisa juga Nn dan Yy dibaca NY. Lalu kita temukan 2 huruf konsonan itu ke 1 huruf vokal misal huruf Nn + Yy (huruf konsonan) bertemu huruf Aa = NYA, dan contoh lagi huruf NG ketemu huruf vokal Ee menjadi NGE. Jadi penggabungannya bisa dibalik 1 huruf vokal bertemu 2 huruf konsonan misal ANG, ING, UNG, ENG, ONG. Selanjutnya kita masuk ke suku kata menjadi satu kata yang memiliki arti dimana 1 huruf konsonan yang bertemu huruf vokal digabung sehingga menjadi satu kata yang memiliki arti, misal BA+CA = BACA. Tentunya tetap dengan memperhatikan intonasinya seperti pada kata BACA ini kita mengucapnya dengan membuka mulut dan begitu juga pada contoh kata BUKU kita harus mengucapkanya dengan manyun. Kita juga bisa mencampur beberapa huruf lain yang diakhiri huruf vokal menjadi satu kata yang bermakna seperti BATU, KAKI.Selanjutnya kita belajar kata yang diakhiri dengan huruf konsonan kalau tadi kan dia akhiri huruf vokal misal MA+KAN = MAKAN dan seterusnya.

Baca juga:  Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Dengan mengimplementasikan tips itu dijamin siswa akan mudah dalam membaca tentunya dengan rasa sabar, dan setiap langkah yang ada pada tips itu bisa dilakukan setiap 1 kali pertemuan dengan durasi 60 menit agar setiap tips itu mendapatkan hasil yang memuaskan sehingga didapatkan siswa mudah dalam belajar membaca. (gb2/ton)

Guru Kelas 1 SDN 06 Kajen, Kec. Kajen Kab. Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya