alexametrics

Serunya Belajar Operasi Bilangan Bulat dan Pecahan melalui MIE

Oleh : Irkham, S.Pd

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pandemi covid 19 ini menjadi luar biasa efeknya pada dunia pendidikan. Memunculkan kebijakan baru yang bernama PJJ atau pembelajaran jarak jauh. Penulis sebagai guru matematika kelas VII (tujuh) di SMP Negeri 2 Wiradesa melihat banyak siswa yang tidak memanfaatkan android secara efektif dan produktif. Pada kenyataannya masih banyak siswa yang kesulitan pada pemahaman materi operasi bilangan bulat dan pecahan. Mengamati hal tersebut, penulis membuat suatu pembelajaran di dalam kelas daring atau PJJ dengan menggunakan MIE (Math is Easy).

MIE adalah aplikasi Android Belajar Matematika yang mempelajari dasar-dasar pelajaran matematika (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian) pada bilangan bulat dan pecahan dengan dilengkapi langkah-langkah penyelesaian. Aplikasi ini juga berisi tentang dasar mengenai konversi persen, faktorisasi bilangan dan bilangan romawi. Versi terbaru yang sudah ada adalah aplikasi MIE 1.09. Aplikasi ini memiliki jumlah soal yang tidak terbatas, karena semua soal dihasilkan secara otomatis dengan tingkat kesulitan yang disesuaikan berdasarkan level yang dipilih. Setiap soal dilengkapi dengan kunci jawaban yang disusun berdasarkan langkah-langkah penyelesaian supaya lebih mudah dipahami.

Baca juga:  Bimbingan TIK Menggunakan Model Pembelajaran Probing Prompting

Setiap bab dalam aplikasi MIE memiliki menu tambahan (MIE kalkulator) untuk memasukkan soal sesuai bab yang dipilih. Fasilitas kalkulator ini sangat bermanfaat jika ada soal yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah supaya siapa saja dapat mempelajari Matematika dengan lebih mudah dan menyenangkan serta bisa belajar mandiri. Karena setiap soal dilengkapi dengan langkah-langkah penyelesaian dan kunci jawaban.

Wina Sanjaya (2010:174) berpendapat yang dimaksud dengan sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Munir (2009:31) teknologi informasi dan komunikasi adalah segala sesuatu yang mendukung untuk me-record, menyimpan, memproses, mendapat lagi, memancar/mengantarkan dan menerima informasi.

Baca juga:  Capres Solusi Menarik Pembelajaran Jarak Jauh IPA

Berikut ini langkah- langkah pembelajaran terkait operasi bilangan bulat dan pecahan dengan menggunakan aplikasi MIE. Pertama, melalui WhatsApp Grup Kelas Matematika (WAG) guru menyiapkan siswa, mengajak mengikuti pembelajaran melalui Google Meet, dengan membagikan link Google Meet. Guru menyapa siswa dengan salam serta mengajak berdoa dan mengisi presensi di WAG Kelas Matematika kemudian mengingatkan siswa mengikuti protokol kesehatan pandemi covid 19. Selanjutnya guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan Pembelajaran hari itu.

Langkah kedua, siswa menyimak materi yang dijelaskan guru berupa file PPt yang dishare di Google Meet dan penjelasan pada Google Jamboard tentang materi hari ini (mengurutkan bilangan dan menentukan pola suatu bilangan). Kemudian guru meminta siswa untuk membuka aplikasi MIE yang sudah didownload di aplikasi android lalu diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan oleh guru. Setelah siswa mengerjakan dengan menggunakan aplikasi tersebut. siswa diminta men-screenshot dan membagi ke grup WAG. Guru memberi feedback terhadap jawab –jawaban siswa. Lalu, guru juga akan mengirim video pembelajaran dan file PPt tentang materi yang dibahas di WAG Kelas Matematika hari ini agar siswa lebih memahami materi.

Baca juga:  Peningkatan Penguasaan Vocabulary Berbasis Lingkungan Sekolah

Langkah terakhir, guru bersama siswa menyimpulkan materi dan melakukan refleksi terkait materi yang diajarkan. Kemudian guru memberikan penugasan untuk menjawab soal–soal dengan menggunakan aplikasi MIE. Setelah itu guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran.

Pembelajaran operasi bilangan bulat dan pecahan dengan MIE memberi manfaat siswa menjadi mudah mempelajari materi tersebut, memaksimalkan android sebagai media belajar, memberikan kebebasan siswa dalam belajar. Dengan aplikasi tersebut siswa bisa belajar dimanapun dan kapanpun untuk menguasai materi tersebut. (ips1/ton)

Guru Matematika SMP Negeri 2 Wiradesa

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya