alexametrics

Belajar Teks Prosedur Lebih Mudah dengan Media Gambar

Oleh: Nurul Hidayah, S.S.

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ada dua keterampilan yang harus dikuasai peserta didik dalam mempelajari bahasa, yaitu: keterampilan lisan dan keterampilan tulis. Keterampilan lisan meliputi berbicara dan menyimak, sedangkan keterampilan tulis meliputi membaca dan menulis. Iskandar Wassid & Sunendar (2008:248) menyatakan bahwa dibandingkan dengan menyimak, berbicara, dan membaca, keterampilan menulis lebih sulit dikuasai bahkan oleh penutur asli bahasa yang bersangkutan sekalipun. Hal ini disebabkan kemampuan menulis menghendaki penguasaan berbagai unsur kebahasaan dan unsur di luar bahasa itu sendiri yang akan menjadi isi tulisan.

Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai peserta didik adalah keterampilan menulis teks prosedur. Pembelajaran menyusun teks prosedur telah penulis lakukan secara daring di SMA Negeri 1 Kesesi Kelas XII MIPA 1. Ternyata 21 dari 34 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Dari hasil refleksi penulis diperoleh data bahwa selama proses pembelajaran siswa sangat pasif dan mengeluh serta muncul rasa tidak percaya diri. Mereka sangat kesulitan mengerjakan tugas – tugasnya. Jelas pembelajaran ini sangat tidak efektif atau dengan kata lain pembelajaran tersebut tidak berhasil (gagal).

Baca juga:  Macapat Menyenangkan dengan H5P

Uraian tersebut diatas merupakan kegagalan terhadap hasil dan proses belajar. Kegagalan tersebut merupakan masalah yang harus diatasi. Untuk mengatasi kegagalan pembelajaran tersebut diatas, penulis berusaha mencari solusi yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 13. Dalam hal ini seorang guru dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam mencari satu teknik pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi kelas.

Untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam ketrampilan menulis teks prosedur, guru memanfaatkan media gambar. Berdasarkan Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Masa Kini, Gambar adalah tiruan gambar atau bentuk yang dicoretkan pada kertas. Media gambar adalah jenis media dari aspek panca indera yaitu media visual (melihat). Dale dalam Subana, menjabarkan bahwa guru dapat menggunakan gambar untuk memberikan gambaran tentang sesuatu sehingga penjelasannya lebih kongkrit bila diuraikan dengan kata-kata.

Baca juga:  Pembelajaran Descriptive Text dengan Kemicar Speaking Ability

Langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur dengan media gambar, yaitu guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Kemudian, guru menyajikan materi sebagai pengantar. Langkah berikutnya, guru menunjukkan/ memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi. Setelah itu, guru mempersilahkan peserta didik secara bergantian mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Lalu, guru menanyakan alasan/ dasar pemikiran urutan gambar tersebut. Berdasarkan alasan/ urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep/ materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Langkah terakhir, guru memberikan kesimpulan/ rangkuman

Pembelajaran menulis teks prosedur dengan menggunakan media gambar sangat baik dilakukan di SMA Negeri 1 Kesesi, khususnya peserta didik kelas XII MIPA 1. Media gambar meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis teks prosedur. Hal ini ditandai dengan rata-rata nilai menulis prosedur siswa meningkat. (ips1/aro)

Baca juga:  Pembelajaran Matematika Lebih Mudah dengan Zoom Meeting

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Kesesi, Kabupaten Pekalongan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya